Tayangan TV Sebagai Media Pembelajaran Menulis Puisi


Pemanfaatan tayangan acara televisi sebagai media pembelajaran menulis puisi harus memperhatikan jenis tayangan yang akan digunakan. Tidak semua tayangan acara televisi dapat digunakan sebagai media pembelajaran menulis puisi. 

Salah satu acara televisi yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran menulis puisi adalah acara realitas memperlihatkan orang-orang biasa yang menghadapi tantangan atau pengalaman yang luar biasa, acara mengenai lingkungan (Jejak Petualang), atau merasakan kehidupan orang-orang yang hidup di bawah garis kemiskinan (Jika Aku Menjadi...).
Baca Juga :  Proses Menulis Kreatif
Pemanfaatan tayangan acara televisi yang tepat, akan membantu dalam pembelajaran karena dapat mempersingkat waktu dan biaya. Sebagai contohnya, jika ingin menulis puisi mengenai keindahan suatu pantai, guru tidak harus mengajak  siswa langsung ke pantai tetapi cukup dengan memutarkan video acara televisi yang membahas mengenai keindahan pantai. 

Kemampuan guru dalam memilih acara televisi juga mempengaruhi dalam hasil pembelajaran menulis puisi yang dilakukan oleh siswa. Selain pemilihan jenis acara televisi, yang harus diperhatikan juga yaitu mengenai suara, tampilan visual video yang digunakan. Suara dan tampilan visual yang jelas akan membantu siswa dalam menangkap pesan yang disampaikan dalam tayangan acara televisi tersebut. Selain itu video yang baik juga dapat membuat siswa lebih fokus dalam mengikuti pembelajaran khususnya menulis puisi.

Lihat Juga :
·          Jenis-Jenis Tes Soal Subjektif
·          Jenis-Jenis Tes Soal Objektif

Langkah-langkah pembelajaran menulis puisi dengan memanfaatkan media tayangan acara televisi:
1)  Menentukan terlebih dahulu tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
2)   Menentukan tema yang akan diangkat dalam pembelajaran menulis puisi.
3)  Memberikan penjelasan kepada siswa bagaimana langkah-langkah menulis puisi, sehingga dapat menghasilkan puisi yang sesuai dengan apa yang diinginkan.
4)  Memiilih salah satu video tayangan acara televisi (pilih video yang kualitas tampilan atau pun suaranya baik) yang bisa merangsang imajinasi siswa dalam menulis puisi sesuai dengan tema yang diinginkan.
5)   Memutarkan video yang telah dipilih dan berikan perintah kepada  siswa untuk memperhatikan video tersebut.
6)   Selesai pemutaran video, siswa bisa langsung menulis puisi sesuai dengan langkah-langkah menulis puisi yang telah dijelaskan oleh guru.
7)    Guru dan murid melakukan penyuntingan terhadap puisi yang telah dihasilkan berdasarkan video yang telah diputar.
8)    Puisi siap untuk dipublikasikan.



2 comments for "Tayangan TV Sebagai Media Pembelajaran Menulis Puisi"

  1. Pak jeffi film yang seperti apa yang bisa dijadikan media pembelajaran?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bapak Ilham yang terhormat, semua video dari channel youtube nippon daisuki bisa digunakan sebagai media pembelajaran.

      Delete

Post a Comment

Berlangganan via Email