Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenis-Jenis Tes Soal Subjektif


Soal uraian adalah suatu bentuk soal yang terdiri dari suatu pertanyaan yang menghendaki jawaban yang berupa uraian-uraian yang relatif panjang. Bentuk-bentuk pertanyaan yang meminta siswa untuk menjelaskan, membandingkan, menginterprestasikan dan mencari perbedaan. Semua bentuk pertanyaan tersebut mengharapkan agar siswa menunjukkan penguasaan pengertian mereka terhadap materi yang dipelajari (Nurkancana, 1986:42). Tes tipe uraian secara umum dibagi menjadi dua jenis, yaitu tes uraian bebas (extended response) dan tes uraian terbatas (restricted response). Perbedaan dari kedua jenis tes uraian ini adalah atas dasar besarnya kebebasan yang diberikan kepada peserta didik untuk mengorganisasikan, menulis, dan menyatakan pikiran dan gagasannya (Basuki, 2010:176—179).

(1)   Tes Uraian Bebas (Extended Response)
Dalam soal tes uraian bebas hampir tidak ada pembatasan terhadap peserta tes dalam memberikan jawabannya. Siswa memiliki kebebasan yang luas sekali untuk mengorganisasikan mengekspresikan pikiran dan gagasannya dalam menjawab soal tersebut. Jadi jawaban siswa bersifat terbuka, fleksibel, dan tidak terstruktur. Butir soal jenis ini baik digunakan untuk mengukur hasil belajar pada tingkat aplikasi, analisis, sistesis, dan evaluasi.

Baca Juga

(2)   Tes Uraian Terbatas (Restricted Response)
Dalam menjawab tes uraian terbatas, peserta tes lebih dibatasi oleh berbagai rambu-rambu yang ditentukan dalam butir soal. Keterbatasan ini mencakup format, isi, dan ruang lingkup jawaban. Jadi soal tes uraian terbatas ini harus menentukan jawaban yang dikehendaki. Batas itu meliputi konteks jawaban yang diharapkan, keluasan uraian jawaban, arah, dan luas jawaban yang diminta.

Untuk menjawab soal uraian tipe ini, siswa jauh lebih terikat. Dalam soal tes uraian jenis ini siswa tidak dapat memilih dengan bebas penyajiannya. Peserta didik harus mengikuti instruksi butir soal untuk menjawab. Akan tetapi, siswa tetap mempunyai kebebasan untuk memberikan jawabannya menurut pola kognitifnya sendiri, dan juga mereka masih mempunyai kebebasan mengekspresikan jawaban dalam gayanya sendiri. Soal uraian jenis ini baik digunakan untuk mengukur hasil belajar tingkat pemahaman, aplikasi, dan analisis.
Ada beberapa ragam tes jawaban terbatas, antara lain: (1) ragam tes melengkapi. Yang dimaksud butir soal tipe jawaban melengkapi adalah butir soal yang meminta atau memerintah peserta untuk melengkapi suatu kalimat dengan satu frasa, satu angka atau satu formula dan (2) ragam tes jawaban singkat. Yang dimaksud dengan tipe butir soal jawaban singkat ialah butir soal berbentuk pertanyaan yang dapat dijawab dengan satu kata, satu frasa atau formula.

         DAFTAR RUJUKAN
           Basuki, Sulistyo.2010. Metode Penelitian. Jakarta : Penaku
           Nurkancana, Wayan. 1986. Evaluasi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional




Post a Comment for "Jenis-Jenis Tes Soal Subjektif"

Berlangganan via Email