Pentingnya Penguasaan Kosakata


Pengertian Kosakata Menurut Ahli-Pesatnya kemajuan di segala bidang ilmu pengetahuan telah memperkaya dan memperluas kosakata bahasa Indonesia. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI, 2005:597) kosakata diartikan sebagai perbendaharaan kata. Kemudian Soedjito (1992:1) mengartikan kosakata atau perbendaharaan kata sebagai semua kata yang terdapat dalam satu bahasa. Sementara itu, Chaer (2007:162) menerangkan bahwa kosakata adalah satuan bahasa yang memiliki satu pengertian.
Kosakata merupakan bagian dari suatu bahasa yang mendasari pemahaman dari bahasa tersebut. Kualitas kosakata yang dimiliki seorang anak akan memengaruhi empat keterampilan berbahasa, yaitu menyimak, berbicara, membaca, dan menulis.
Dari Wikipedia bahasa Indonesia (2011) kosakata (vocabulary) adalah himpunan kata yang diketahui oleh seseorang atau entitas lain atau merupakan bagian dari suatu bahasa tertentu. Dalam hal ini kosakata seseorang didefinisikan sebagai himpunan semua kata yang dimengerti oleh orang tersebut atau semua kata yang kemungkinan akan digunakan oleh orang tersebut untuk menyusun kalimat baru.
Baca Juga :
Menurut Keraf (2010:65) kosakata atau perbendaharaan kata adalah daftar kata-kata yang segera kita ketahui. Konsep ini mengandung makna bahwa kosakata adalah setiap kata yang dimiliki oleh seseorang dan diketahui artinya baik kata yang sering digunakan dalam kegiatan berbahasa maupun kata yang jarang digunakan.
Sementara itu, Alisyahbana sebagaimana dikutip Prastiwi (2007:17) menjelaskan kosakata adalah sejumlah kata dari sejumlah kekayaan rohani dan jasmani bangsa yang mempunyai bahasa itu. Tiap-tiap yang berpikir, yang terbuat, yang dialami, bahkan tiap-tiap yang ditangkap oleh panca indera suatu bangsa itu dengan sadar menjadi pengertian dalam kehidupannya, terjelma dalam kata yang sebagian dari kekayaan perbendaharaan kata bangsa itu.
Baca Juga :
Pernyataan tersebut bermakna bahwa kosakata atau perbendaharaan kata suatu bangsa adalah segala simbol makna yang ada di dalam alam pikiran bangsa pemakai bahasa tersebut.
Berdasarkan berbagai definisi yang dikemukakan para ahli, dapat ditarik simpulan bahwa kosakata atau perbendaharaan kata adalah sejumlah kata dan istilah yang terdapat dalam suatu bahasa yang dipergunakan penuturnya dalam kehidupan sehari-hari. Penguasaan kosakata yang cukup, penting untuk dapat belajar bahasa dengan baik.
 Kosakata adalah kata-kata yang dipahami anak baik maknanya maupun penggunaannya. Anak harus mempunyai kosakata yang banyak untuk dapat memahami sesuatu yang dibaca dan didengar. Kemudian dapat berbicara dan menulis dengan kata yang tepat sehingga mudah dipahami oleh orang lain.
Terkait dengan berapa jumlah kosakata yang ada dalam suatu bahasa, tidak seorang pun masyarakat pemakai bahasa mengetahuinya dengan pasti. Hal ini karena seorang individu hanya menggunakan sejumlah kosakata yang berhubungan dengan lingkungan kehidupannya tanpa menghitung berapa jumlah kosakata yang ada atau dipakai dalam berkomunikasi.
PENTINGNYA PENGUASAAN KOSAKATA
Penguasaan terhadap bahasa pada dasarnya tidak dapat dilepaskan dari kosakata karena kosakata merupakan salah satu aspek penguasaan bahasa. Menurut Mekalungi (2008:12) penguasaan kosakata adalah kemampuan menggunakan kosakata baik dalam bentuk lisan maupun tulis. Jadi, keterampilan seseorang dalam berbahasa baik lisan maupun tulis sangat ditentukan oleh kemampuan dalam mengolah kosakata sehingga akan muncul bahasa lisan dan tulis yang baik.
Baca Juga :
Kosakata sebagai sarana untuk mengungkapkan buah pikiran seharusnya terus berkembang dari hari ke hari. Itulah sebabnya seseorang dituntut memiliki kosakata yang memadai untuk dapat mengungkapkan buah pikiran dan menangkap buah pikiran orang lain dengan baik. Jadi, dapat disimpulkan bahwa kosakata mempunyai peranan yang penting dalam kegiatan komunikasi antarmanusia baik secara lisan maupun secara tulisan.
Di samping itu, penguasaan kosakata juga memegang peranan penting dalam proses berpikir manusia. Baik tidaknya proses berpikir seseorang sangat ditentukan oleh kosakata yang dikuasai. Dalam hubungannya dengan kualitas kosakata, Tarigan (1993:2) berpendapat bahwa kualitas keterampilan berbahasa seseorang tergantung dari kosakata yang dimilikinya. Jadi, terampil tidaknya seseorang menggunakan bahasa dapat dilihat dari kosakata yang digunakan.
Dari uraian tersebut, dapat disimpulkan bahwa penguasaan kosakata memegang peranan penting baik dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam kehidupan akademik. Seorang anak yang menuntut ilmu pengetahuan dan mempelajari suatu bidang ilmu pengetahuan harus menguasai kosakata yang terdapat dalam masing-masing bidang ilmu pengetahuan karena semua konsep ilmu pengetahuan diwadahi oleh kosakata.
DAFTAR RUJUKAN
Mekalungi, Nina. 2008. Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia Melalui Majalah Anak-anak pada Siswa Kelas II SDN Percobaan 2 Malang. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang.
Prastiwi, N.A. 2007. Konsep Kosakata Anak TK dan Media Foto. (Online), (http://repository.upi.edu/operator/upload/s_paud_0611301_chapter2.pdf), diakses 17 Agustus 2012.
Soedjito. 1992. Kosakata Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia.
Tarigan, H.G. 1988. Pengajaran Pemerolehan Bahasa. Bandung: Angkasa.


2 comments for "Pentingnya Penguasaan Kosakata"

  1. Semakin banyak penguasaan kosakata maka akan semakin mahir pula dalam berbahasa

    ReplyDelete
  2. Kosakata yang mumpuni merupakan kunci komunikasi

    ReplyDelete

Post a Comment

Berlangganan via Email