Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Resensi dan Jenis-Jenis Resensi


Resensi merupakan salah satu bentuk tulisan jurnalistik yang bertujuan untuk memberikan pertimbangan kepada pembaca mengenai kelayakan buku yang baru diterbitkan. Secara sederhana, resensi dapat dianggap sebagai bentuk tulisan yang merupakan perpaduan antara ringkasan dan ikhtisar berisi penilaian, ringkasan, isi buku, pembahasan, atau kritik terhadap buku tersebut (Keraf, 2001:274).

Resensi sebagai sebuah karya  jurnalistikyang terdapat di surat kabar dapat dijadikan sebagai referensi kelayakan buku, film, maupun pentas seni. Pendapat ini diperkuat oleh Samad (1997:1)  bahwa tindakan meresensi buku dapat berarti memberikan penilaian, mengungkapkan kembali isi iku, membahas atau mengritik buku.
Dengan demikian, resensi dapat dijadikan  sebuah tolok ukur mengenai kelayakan sebuah buku, film, maupun pentas seni untuk dinikmati atau dibeli. resensi dapat  dijadikan sebagai pertimbangan atau perbincangan tentang sebuah buku dengan menilai kelebihan atau kekurangan buku tersebut, menarik-tidaknya tema dan isi buku, kritikan , dan memberi dorongan kepada khalayak tentang perlu tidaknya buku tersebut dibaca dan dimiliki atau dibeli (Romli, 2003:75).
Sementara itu, Saryono (1997:56) mengungkapan definisi resensi, yaitu sebuah tulisan berupa esai dan bukan merupakan bagian suatu ulasan yang lebih besar mengenai sebuah buku. Isinya adalah laporan, ulasan, dan pertimbangan baik-burukya, kuat-lemahnya, bermanfaat-tidaknya, benar-salahnya, argumentatif-tidaknya buku tersebut.Tulisan tersebut didukung dengan ilustrasi buku yang diresensi, baik berupa foto buku atau foto kopi  sampul buku.Lebih lanjut lagi,  Saryono (1997:57) menyatakan bahwa resensi memiliki beberapa tujuan, yaitu (1) untuk menyampaikan kepada para pembaca apakah sebuah buku patut mendapat sambutan dari masyarakat atau tidak, dan (2) untuk membantu para pembaca dalam menentukan perlu tidaknya membaca sebuah buku tertentu.
Baca Juga :
·         TV Sebagai Media Pembelajaran
Dari beberapa pendapat di atas mengenai definisi resensi, dapat disimpulkan bahwa resensi adalah suatu tulisan atau ulasan mengenai nilai sebuah hasil karya atau buku tentang kelebihan atau kekurangan buku tersebut, menarik-tidaknya tema dan isi buku, kritikan, dan memberi dorongan kepada khalayak tentang perlu tidaknya buku tersebut dibaca , dimiliki atau dibeli
Menurut Samad (1997:7) resensi sebagai sebuah karya tulis memiliki ciri khas tersendiri. Terdapat proses dalam menulis resensi yang dituangkan ke dalam beberapa langkah, yaitu (1) penjajakan atau pengenalan terhadap buku yang diresensi, (2) membaca buku yang akan diresensi secara komprehensif, cermat, dan teliti, (3) menandai bagian-bagian buku yang diperhatikan secara khusus dan menentukan bagian-bagian yang akan dikutip untuk dijadikan data, (4) membuat sinopsis tau intisari dari buku yang akan diresensi, (5) menentukan sikap dan menilai isi buku tersebut, dan (6) mengoreksi dan merevisi hasil resensi.
JENIS_JENIS RESENSI
Resensi dapat dibedakan berdasarkan sudut pandang atau sudut tinjauannya. Sudut pandang atau sudut tinjauan yang dipakai  berdasarkan media atau forum atau sajiannya dan resensi buku dibagi menjadi resensi ilmiah dan resensi ilmiah populer(Saryono,1997:61—63). Hal yang membedakan kedua resensi tersebut adalah bahasa dan cara penulisan yang digunakan. Dalam resensi ilmiah digunakan tata keilmuan tertentu, menggunakan rujukan atau acuan, dan bahasa resmi dan baku serta yang dipaparkan selengkap-lengkapnya. Sementara itu, resensi ilmiah populer tidak menggunakan rujukan atau acuan tertentu. Selain itu, resensi  hanya memaparkan bagian-bagian yang menarik saja. Penyajian resensi juga tidak terlalu tunduk pada bahasa resmi atau baku.
Baca Juga :
·         Jenis-Jenis Tes Soal Subjektif
Berdasarkan isi sajian atau isi,  Saryono (1997:59) menggolongkan resensi buku menjadi tiga, yaitu(1) resensi informatif, (2) resensi evaluatif, dan (3) resensi informatif-evaluatif. Resensi informatif hanya berisi informasi tentang hal-hal penting dari suatu buku.
 Pada umumnya, isi resensi informatif hanya ringkasan dan paparan mengenai isi buku atau hal-hal yang bersangkutan dengan buku. Resensi evaluatif lebih banyak menyajikan penilaian peresensi tentang isi buku atau hal-hal yang berkaitan dengan buku.  Informasi tentang isi buku hanya disajikan sekilas saja, bahkan hanya dijadikan ilustrasi.
Sementara itu, resensi informatif evaluatif meruapakan perpaduan dua jenis resensi tersebut. Resensi jenis ini disamping menyajikan semacam ringkasan buku atau hal-hal penting yang ada di buku juga menyaikan penilaian peresensi tentang isi buku. Resensi jenis ketiga yang dapat dikatakan paling ideal karena dapat memberkan laporan dan pertimbangan secara memadai. Selain itu, masih terdapat jenis resensi yang lain.

DAFTAR RUJUKAN
Keraf, G. 2001. Komposisi.NTT: Nusa Indah.
Romli, A.S. M. 2003.Jurnalistik Praktis untuk Pemula. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Samad, D. 1997. Dasar-dasar Meresensi Buku. Jakarta: Grasindo.
Saryono, D. 1997. Ragam Tulisan Jurnalistik. Malang: Universitas Negeri Malang.





2 comments for "Pengertian Resensi dan Jenis-Jenis Resensi"

  1. Review film apakah termasuk resensi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. review atau ulasan terhadap film maupun drama itu juga termasuk resensi. Resensi tidak hanya terbatas ulasan terhadap buku saja.

      Delete

Berlangganan via Email