Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Strategi, Pendekatan, Metode, dan Teknik Pembelajaran. Apa Bedanya?

STRATEGI PEMBELAJARAN
Dalam dunia pendidikan, pembelajaran adalah kegiatan yang dilakukan untuk mengoptimalkan potensi siswa agar dapat mencapai tujuan pendidikan. Strategi pembelajaran adalah suatu rangkaian kegiatan yang telah dirancang guna mencapai tujuan secara efektif dan efisien yang dilakukan oleh guru dan siswa.
Aktualisasi strategi pembelajaran terwujud dalam bentuk interaksi pembelajaran yang sedang berlangsung di kelas. Interaksi yang dimaksud adalah berbagai aktivitas guru dan siswa dalam rangka pencapaian tujuan pembelajaran. Hal tersebut sejalan dengan Wina Senjaya (2008), mengemukakan bahwa strategi pembelajaran adalah suatu kegiatan pembelajaran yang harus dikerjakan guru dan siswa agar tujuan pembelajaran dapat dicapai secara efektif dan efisien.
Gagne juga menyatakan bahwa hakikat pembelajaran sendiri adalah seperangkat peristiwa yang diciptakan, dirancang, untuk mendorong, menggiatkan, dan mendukung belajar siswa (Saputro, 2005:3). Berkaitan dengan hal tersebut, pemilihan strategi pembelajaran tidak dapat lepas dari pendekatan, metode dan teknik pembelajaran. Berikut akan dijelaskan dari ketiganya.
PENDEKATAN PEMBELAJARAN
Istilah pendekatan dalam pembelajaran bahasa mengacu pada teori-teori tentang hakikat bahasa dan pembelajaran bahasa yang berfungsi sebagai sumber landasan atau prinsip pengajaran bahasa. Pendekatan pembelajaran ini dapat diartikan sebagai titik tolak atau sudut pandang kita terhadap proses pembelajaran, yang merujuk pada pandangan tentang terjadinya suatu proses yang sifatnya masih sangat umum, di dalamnya mewadahi, menginsiprasi, menguatkan, dan melatari metode pembelajaran dengan cakupan teoretis tertentu.
Menurut Edward Anthony (1963), pendekatan adalah seperangkat yang berkenaan dengan hakekat bahasa, dan belajar mengajar bahasa yang sifatnya aksiomatik (filosofis). Roy Killen (1998) mencatat ada dua pendekatan dalam pembelajaran, yaitu pendekatan yang berpusat pada guru dan pendekatan yang berpusat pada siswa. Pendekatan yang berpusat pada guru menurunkan strategi pembelajaran langsung, pembelajaran deduktif atau pembelajaran ekspositori. Sedangkan pendekatan yang berpusat pada siswa menurunkan strategi pembelajaran discovery dan inkuiri serta strategi pembelajaran induktif. Pendekatan yang dipakai dalam pembelajaran menulis puisi bari ini adalah pendekatan pembelajaran kuantum. Dari pendekatan ini diturunkan ke metode pembelajaran bahasa.
METODE PEMBELAJARAN
Metode merupakan emplementasi rencana yang sudah tersusun dalam kegiatan nyata agar tujuan yang telah didisusun tercapai secara optimal. Artinya, metode digunakan untuk merealisasikan strategi yang telah ditetapkan.
Baca Juga :
·           Struktur dan Unsur Resensi
·           Pengertian Resensi dan Jenisnya

Dengan demikian, satu strategi pembelajaran dapat menggunakan beberapa metode. Metode pembelajaran adalah cara yang digunakan guru untuk mengimplementasikan rencana yang sudah disusun dalam bentuk kegiatan nyata dan praktis untuk mencapai tujuan pembelajaran.
Menurut Edward Anthony (1963), Jack Richards, dan Theodore Rodges, metode adalah rencana menyeluruh penyajian bahasa secara sistematis berdasarkan pendekatan yang ditentukan dan bersifat prosedural.
Selain itu, metode pembelajaran juga diartikan sebai rencana menyeluruh yang berkenaan dengan penyajian materi bahasa secara teratur, tidak ada satu bagian yang bertentangan dengan yang lain dan semuanya berdasarkan atas approach yang telah dipilih.
(Wina Senjaya (2008).
Jadi, metode pembelajaran dapat diartikan sebagai cara yang digunakan untuk mengimplementasikan rencana yang sudah disusun dalam bentuk kegiatan nyata dan praktis untuk mencapai tujuan pembelajaran. Terdapat beberapa metode pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengimplementasikan strategi pembelajaran, di antaranya: (1) ceramah; (2) demonstrasi; (3) diskusi; (4) simulasi; (5) laboratorium; (6) pengalaman lapangan; (7) brainstorming; (8) debat, (9) simposium, dan sebagainya.
Baca Juga :
Dalam pembelajaran menulis puisi baru ini menggunakan strategi adaptasi pembelajaran kuantum. Sehingga metode yang digunakan adalah suggestipedia. Suggestipedia merupakan suatu metode yang dikembangkan oleh ahli psikiatri Georgi Lozanov.  Pembelajaran dengan metode ini mencoba untuk menghindarkan kendala-kendala yang lazim dialami siswa. Untuk mencapai tujuan tersebut guru harus berusaha menimba potensi yang ada pada diri siswa.
TEKNIK PEMBELAJARAN
Teknik pembelajaran adalah cara yang dilakukan guru dalam mengimplementasikan suatu metode secara spesifik, misalnya penggunaan metode diskusi, perlu digunakan teknik yang berbeda pada kelas yang siswanya tergolong aktif dengan kelas yang siswanya tergolong pasif.
Pengertian Teknik Pembelajaran menurut Sudrajat (2008 : 1) mengemukakan bahwa teknik pembelajaran dapat diartikan sebagai cara yang dilakukan seseorang dalam mengimplementasikan suatu metode secara spesifik. Istilah teknik dalam pembelajaran bahasa mengacu pada pengertian implementasi perencanaan pengajaran di depan kelas, yaitu penyajian pelajaran dalam kelas tertentu dalam jam dan materi tertentu pula.
Selan dari penjelasan di atas, menurut Edward Anthony (1963), Jack Richards, dan Theodore Rodges, teknik adalah kegiatan spesifik yang diimplementasikan dalam kelas, selaras dengan metode dan pendekatan yang telah dipilih dan sifatnya operasional.
Apa yang sesungguhya terjadi didalam kelas merupakan pelaksanaan dari metode dan bersifat implementatif. Dick dan Cerey (1985) juga menjelaskan suatu set materi dan prosedur pembelajran yang digunakan bersama-sama untuk menimbulkan hasil belajar pada siswa.
Artikel Lain : Cerpen di Pelupuk Mata
Dapat disimpulkan, bahwa faktor-faktor yang dapat mempengaruhi penentuan teknik pembelajaran ditentukan berdasarkan metode yang digunakan, dan metode disusun berdasarkan pendekatan yang dianut.
Faktor- faktor yang dapat mempengaruhi penentuan teknik pembelajaran di antaranya: situasi kelas, lingkungan, dan kondisi siswa, sifat-sifat siswa, dan kondisi yang lain. Teknik yang digunakan dalam strategi adaptasi pembelajaran kuantum ini adalah teknik show not tell yaitu menunjukkan secara langsung kepada siswa bagaimana praktik dari pembelajaran bukan dengan hanya mengatakannya saja.
DAFTAR RUJUKAN
Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
            Sudijono, Anas. 2000. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada

1 comment for "Strategi, Pendekatan, Metode, dan Teknik Pembelajaran. Apa Bedanya?"

Berlangganan via Email