Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Teks Ceramah: Pengertian, Ciri-Ciri, Struktur, dan Unsur Kebahasaan

Materi pembelajaran bahasa Indonesia kelas XI SMA semester ganjil, salah satunya adalah teks ceramah. Teks tersebut menjadi sebuah karangan yang isinya merupakan kumpulan dari paragraf-paragraf yang mempunyai nilai informasi atau pengetahuan untuk disampaikan kepada orang masyarakat luas. Bisa juga dikatakan sebagai teks yang dibuat untuk melakukan ceramah.

Pengertian Teks Ceramah

materi pembelajaran teks ceramah

Pengertian teks ceramah adalah suatu teks yang isinya adalah memberitahukan, menyampaikan sebuah penjelasan penting. Biasanya berupa ilmu ataupun penjelasan bersifat umum untuk dapat disampaikan kepada banyak orang atau masyarakat ramai.

Terdapat beberapa pengertian teks ceramah yang bisa Anda dapatkan. Berbagai macam penjelasan-penjelasan mengenai hal tersebut pada artikel ini. Meskipun kata yang digunakan berbeda-beda, namun maknanya tetaplah sama.

Penyampaian ceramah dilakukan oleh orang yang telah menguasai bidang ini. Cara penyampaiannya kadang menggunakan cara langsung atau menggunakan media elektronik dan juga digital pada waktu sekarang. Apalagi mengingat keadaan saat ini yang tidak memungkinkan.

MATERI BAHASA INDONESIA KELAS XI SEMESTER GANJIL LAINNYA
TEKS PROSEDUR
TEKS EKSPLANASI

Ciri-Ciri Teks Ceramah

Ada berbagai macam ciri-ciri dari teks ceramah yang harus Anda pahami dengan baik dan benar. Semuanya dapat menjadi salah satu hal pengenal jenis tulisan ini. Karena setiap teks memiliki sisi kelebihan dan perbedaannya masing-masing. Berikut adalah penjelasan ciri-ciri teks ceramah.

1. Memperluas Pengetahuan Para Pendengar

Ciri pertama dari teks ceramah ini adalah ada sesuatu yang dapat dijelaskan atau diberitahukan kepada masyarakat ramai. Tujuannya adalah untuk dapat memperluas pengetahuan untuk para audiens pada sebuah tempat umum.

Dengan adanya penyampaian ceramah ini, maka para pendengarnya juga akan memperoleh berbagai macam pengetahuan. Pengetahuan ini membahas mengenai berbagai macam penjelasan tentang hasil ceramah tersebut dengan jelas dan tepat.

2. Disampaikan oleh Para Ahli Ceramah

Berikutnya yakni penyampaian dilakukan oleh orang yang mempunyai keahlian dalam berceramah. Bahkan sekaligus juga menjadi pakar dari bidang disiplin ilmu yang tengah disampaikan kepada khalayak ramai dengan cara yang menyenangkan.

Penyampaian ceramah ini dilakukan dengan berbagai cara dan teknik yang menyenangkan. Dengan begitu tidak akan membuat para pendengar bosan ketika mendengarkannya. Bahkan mereka akan merasa bersemangat menyimaknya hingga selesai.

3. Mempunyai Argumen, Fakta dan Data yang Menguatkan Isi Ceramah

Selanjutnya yakni memiliki argument, fakta dan juga data yang dapat dijadikan sebagai penguat dalam ceramahnya. Argumen berfungsi untuk menguatkan topik yang sedang dibahas didalam cerah tersebut. Dengan begitu, orang-orang juga dapat mempercayainya.

Sedangkan untuk adanya fakta dan data memiliki tujuan untuk dapat memberikan penguatan terhadap argumen teks yang sedang disampaikan. Adanya hal ini akan semakin memperkuat isi dari ceramah Anda. Hal tersebut juga dapat menjadi salah satu hal untuk meyakinkan para audiens.

BACA JUGA ARTIKEL TERKAIT BERIKUT
CONTOH TEKS CERAMAH BERTEMA KENAKALAN REMAJA
CONTOH TEKS CERAMAH BERTEMA KESEHATAN
CONTOH TEKS CERAMAH BERTEMA PENGARUH TEKNOLOGI

Struktur Teks Ceramah

Struktur teks ceramah terdiri dari berbagai macam hal yang sangat penting dan diperlukan didalam membuanya. Anda dapat memperoleh banyak informasinya pada artikel ini. Berikut adalah macam-macam struktur jenis teks ini yang perlu untuk diketahui.

1. Pembuka (Tesis)

Bagian pertama yakni pembuka (tesis) yang membahas mengenai berbagai macam hal. Seperti pengenalan sebuah permasalahan dan hal lainnya sampai dengan pendapat penceramah mengenai tema pembahasan. Struktur yang tersebut sama seperti salah satu bagian dalam tulisan lain.

Pembukaan pada bagian tulisan teks ceraman ini berisi mengenai kalimat-kalimat pembuka. Semua hal itu memang diperlukan untuk dimasukkan dalam teks ceramah. Karena ini menjadi salah satu struktur yang paling utama.

2. Rangkaian Argumen (Isi)

Bagian berikutnya yakni rangkaian pendapat dari orang yang berceramah dan memiliki kaitan pada bagian tema yang dijelaskan didalam struktur pembuka pada tulisan ini. Struktur yang satu ini memberikan penjelasan mengenai fakta dan juga data.

Hal ini tidak lain dan tidak bukan adalah bertujuan untuk dapat memperkuat argument-argumen penceramah. Ini memang sangat penting untuk dimasukkan kedalam tulisan-tulisan pada bagian teks ceramah ini dengan sangat baik dan tepat.

3. Penegasan Kembali (Penutup)

Selanjutnya yakni bagian penutup atau penegasan kembali. Ini berisi mengenai penegasan kembali tentang hal yang dijelaskan oleh para penceramah. Ini memiliki tujuan untuk memberikan kepastian penceramah, supaya pemahamannya menjadi lebih jelas.

Selain itu, ceramah ini bisa diingat oleh para audiens bisa membawa pengaruh untuk membuat pendengar melaksanakan apa yang Anda katakan, hal tersebut dapat disajikan sebagi rekomendasi. Atau juga saran yang membahas mengenai topik yang akan dituliskan.

Unsur Kebahasaan Teks Ceramah

Berikutnya yakni pembahasan-pembahasan mengenai unsur kebahasaan dari teks ceraman. Semua hal tersebut memang sangat berpengaruh dan memang diperlukan didalamnya. Berikut macam-macam penjelasan mengenai hal tersebut.

1. Menggunakan Sudut Pandang Orang Pertama dan Memakai Kata Teknis atau Istilah

Unsur kebahasaan yang pertama dari teks ceramah adalah menggunakan kata ganti orang pertama atau tunggal. Sekaligus juga memakai kata ganti orang kedua jamak sebagai pangilannya. Ini menjadi salah satu hal umumnya yang wajib untuk digunakan.

Selain itu, teks ceramah juga banyak memakai kata dan juga istilah yang disesuaikan dengan judul atau topik pembahasan. Dengan begitu, antara kata dan penjelasan dapat seirama dan menciptakan kalimat yang enak untuk dibaca dan didengarkan.

2. Memakai Kata yang yang menunjukkan Hubungan Sebab Akibat dan Argumentasi

Berikutnya yakni menggunakan kata yang menunjukkan hubungan sebab akibat dari sebuah teks ceramah. Atau bisa juga menggunakan kata yang memiliki argumentasi atau pendapat. Kata ini harus dan wajib ada dalam teks ceramah.

Kata ini contohnya adalah dengan sebab, karena, berpendapat dan masih banyak lagi lainnya. Semua itu memang sangat diperlukan didalam pembuatan tulisan berupa teks ceramah, Ini semua cukup penting penggunaannya dalam menulis teks ceramah.

3. Menggunakan Kata Kerja Mental

Selanjutnya yakni menggunakan kata kerja mental di dalam pembuatan teks ceramah. Contoh kata kerja mental adalah memprihatinkan, memperkirakan, mengagumkan, diharapkan, berasumsi, berpendapat, dan menyimpulkan serta masih banyak lagi lainnya.

Penggunaan kata kerja mental ini bertujuan untuk memberikan penegasan dan menyampaikan pendapat. Dengan begitu, tulisan pada teks ceramah dapat sangat berpengaruh terhadap hal-hal tersebut. Ini akan sangat berpengaruh dalam membuat tulisan-tulisan tersebut.

4. Menggunakan Kata-Kata Persuasif

Berikutnya yakni menggunakan kata-kata persuasif yang sangat diperlukan penggunaannya. Hal ini memang sangat diperlukan dalam membuat tulisan-tulisan mengenai teks ceramah tersebut. Dengan cara ini akan dapat dipakai untuk menuliskan jenis teks satu ini.

Jenis teks ceramah diperlukan untuk pembuatan tulisan tersebut dengan sangat benar dan tepat. Ini memang cukup penting dan memang perlu untuk digunakan. Karena memang dalam teks ceramah tersebut diperuntukkan pemakaiannya.

5. Menggunakan Kalimat Majemuk Bertingkat

Selanjutnya yaitu menggunakan kalimat berjenis majemuk yang memiliki tingkatan, Penggunaannya tidak untuk banyak jenis teks. Hanya beberapa jenis teks saja yang menggunakan kalimat satu ini. Semuanya memang sangat diperlukan untuk membuat teks menjadi lebih berwarna.

Dalam teks majemuk bertingkat diberikan berbagai macam kalimat-kalimat yang memang diperlukan untuk itu. Semua hal tersebut memang digunakan dalam banyak hal mengenai ini. Dengan penggunaannya itu memang berguna bagi para masyarakat.

Demikian pembahasan mengenai materi pembelajaran teks ceramah: pengertian, ciri-ciri, struktur, dan unsur kebahasaan. Ini semua sangat perlu untuk diketahui dan dibahas dalam hal-hal tersebut. Anda akan memperoleh banyak informasi penting dari artikel di atas. Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Teks Ceramah: Pengertian, Ciri-Ciri, Struktur, dan Unsur Kebahasaan"

Berlangganan via Email