Ceramah Bertema Pentingnya Menjaga Kesehatan

ceramah bertema  kesehatan

Ceramah merupakan keterampilan berbicara tingkat tinggi. Mengapa demikian? Karena selain dituntut mampu menguasai materi, penceramah juga dituntut mampu menguasai penonton. Beberapa contoh teks ceramah sudah pernah diposting sebelumnya seperti ceramah tentang pergaulan bebas dan ceramah tentang kenakalan remaja. Dan pada kesempatan ini  Artikel Kami akan memposting ceramah dengan tema yang berbeda.

Ceramah Bertema Pentingnya Menjaga Kesehatan

Assalamualaikumum Wr.Wb
Selamat pagi,salam sejahtera untuk kita semua.
Yang terhormat kepada Bapak Jeffi para tamu undangan,dan teman teman yang berbahagia.Marilah  kita panjatkan puja dan puji syukur kita atas kehadiran Tuhan Yang Maha Esa, yang telah memberikan kita kesehatan sehingga kita dapat berkumpul diacara ini dengan keadaan sehat.

Pada kesempatan kali ini saya mewakili kelas 11 MIPA 3 akan menyampaikan beberapa informasi tentang “Pentingnya  Menjaga Kesehatan”.
Saya ucapkan terimakasih kepada para tamu undangan telah meluangkan waktunya untuk hadir di sini. 

Kita semua disini tahu bahwa pentingnya menjaga kesehatan, perlu kita sadari bahwa kesehatan itu berharga untuk kita. Namun, belum kita sadari bahwa banyak yang melalaikan akan kesehatan untuk dirinya sendiri.

Coba kalian bayangkan, bagaimana jika kalian tidak menjaga kesehatan seperti tidur terlalu malam , makan tidak teratur , terlalu sibuk dengan aktivitas kalian sehari-hari. Apakah kalian memikirkan dampak tersebut?, tanpa kalian sadari tubuh juga memerlukan istirahat yang cukup. Tidak hanya itu kita juga tidak boleh telat makan ,dan  olahraga yang teratur. 

Perlu kita ketahui dari total penduduk Indonesia yang mengalami kematian anak usia dini disebabkan kurangnya menjaga kesehatan. Menurut angka permasalahan gizi kesehatan di jawa timur berkisar sekitar 26,2 dari angka pemantauan gizi masyarakat. Bahaya permasalahan gizi patut kita waspadai karena dampaknya yang buruk pada anak usia remaja.

Secara fisik tumbuh kembang tidak seimbang , kemampuan intelektualnya rendah , dan saat dewasa berpotensi ada gangguan metabolisme. Seperti diabetes dan hipertensi. Maka dari itu menjaga kesehatan adalah faktor yang terpenting bagi semua manusia untuk mengurangi dampak dari angka kematian bagi masyarakat

Maka dari itu saya disini akan memberikan beberapa informasi agar kalian dapat menjaga tubuh agar tetap sehat walaupun banyak melakukan aktivitas.
Yang pertama , luangkan waktu anda untuk istirahat yang cukup , minimal tidur selama 8 jam sehari. 

Yang kedua , makan yang teratur atur waktu anda untuk menyempatkan makan terutama pada pagi hari , karena sarapan di pagi hari merupakan hal yang paling penting untuk menambah energi kita dalam melakukan aktivitas. Tidak hanya itu , tubuh kita juga memerlukan vitaman A( untuk mata dan kulit), vitamin B (untuk pertumbuhan ) , vitamin C (mencegah sariawan), vitamin D (pertumbuhan tulang dan gigi), vitamin E (untuk kulit). Untuk mendapatkan vitamin A kita dapat mengonsumsi wortel , hati,ikan,susu,keju,telor,mentega), pada vitamin B kita perlu mengonsumsi (ayam,ikan,telor,kacang-kacangan,yoghurt,sereal,kentang) vitamin C (jeruk, mangga,buah kiwi,nanas,brokoli,paprika,tomat), vitamin D (kuning telur, hati sapi, sarden, salmon,tuna), vitamin E (almond, kuaci, bayam ,lobak hijau ,minyak biji gandum, kacang hazelnut, alpukat), dan masih banyak vitamin-vitamin lainnya.

Yang ketiga , seimbangi dengan olahraga yang teratur karena olahraga juga memiliki dampak untuk kesehatan seseorang diantaranya yaitu , untuk menjauhkan dari berbagai penyakit , membuat tubuh lebih tegap , merasangsang pertumbuhan ideal , meningkatkan nafsu makan. 

Dan jangan melakukan olahraga secara berlebihan karena olahraga yang berlebihan juga memiliki dampak negatif bagi tubuh seseorang diantaranya yaitu, nyeri otot , sakit punggung , susah tidur , melemahnya kekebalan sistem tubuh , osteoarthritis , tidak baik bagi kesehatan jantung terutama bagi yang mempunyai riwayat penyakit jantung , dan gangguan menstruasi.

Selain kalian melakukan cara untuk pola hidup sehat , kalian juga harus mengetahui manfaat hidup sehat bagi kesehatan tubuh kita terutama untuk kesehatan remaja. Perlu kalian ketahui bahwa manfaat kesehatan dapat dibagi menjadi dua yaitu secara langsung maupun tidak langsung bagi manusia. 

Sebelum kita mengetahui manfaatnya kita harus memahami manfaat kesehatan tersebut dapat membuat kita lebih menghargai hidup.

Yang pertama, manfaat kesehatan secara langsung yaitu kita dapat melakukan kegiatan sehari - hari dengan semangat tanpa ada gangguan.

Yang kedua, mengurangi pengeluaran. Misal kalau kita sakit biaya yang dikeluarkan pasti banyak untuk biaya pengobatan dan kalau semisalnya kita hidup sehat tidak ada biaya yang dikeluarkan untuk biaya penyembuhan penyakit kita.

Yang ketiga, untuk menghemat waktu. Misal kita sedang sakit dan banyak tugas yang menumpuk maka tugas kita akan tertunda karena kita sedang sakit.

Manfaat kesehatan secara tidak langsung diantaranya, menjernihkan setiap pikiran , tindakan , dan mendorong kita untuk berbuat sesuatu yang positif. Manfaat yang akan kita peroleh secara tidak langsung jika dalam kondisi sehat adalah sebagai  berikut.

Yang pertama, peluang untuk sukses. Misal jika kita dapat menjaga kesehatan, kita tidak perlu khawatir kegiatan sehari-hari kita akan terganggu karena peluang untuk sukses diperoleh dengan dukungan kesehatan pada diri kita sendiri.

Yang kedua, tabungan masa depan. Misal sama seperti peluang untuk sukses kita harus menjaga kesehatan tubuh agar dapat melakukan kegiatan yang positif dan melakukan kegiatan amal yang baik untuk sehari-hari agar dapat menabung untuk masa depan.

Yang ketiga, kesempatan untuk berbagi. Misal jika kita diberi kesempatan untuk berbuat baik mengapa tidak dilakukan? yaitu dengan cara berbagi antar sesama untuk menambah pahala karena kesehatan akan membuat kita lebih menghargai hidup.

Faktor - faktor yang mempengaruhi kesehatan remaja diantaranya :
Yang pertama, Faktor udara ,mengapa faktor udara? Karena udara dapat menyebabkan polusi untuk sehari - hari. Udara yang kita hirup sudah dipastikan tercemar karena terkena polusi kendaraan bermotor , asap pabrik , dan asap rokok. Hal yang dapat kita cegah yaitu dengan cara melakukan penghijauan menanam pepohonan agar lingkungan kita  tetap segar dan terhindar dari polusi.

Yang kedua, Faktor air,mengapa faktor air? Karena air merupakan faktor yang paling terpenting bagi tubuh karena air membuat seluruh organ yang ada ditubuh kita berfungsi  menjadi lebih baik. Kalian harus memastikan apakah air yang kalian konsumsi sudah terhindar dari polusi dan bakteri? Yaitu , dengan cara lebih baik merebus air sendiri untuk diminum daripada isi ulang galon.

Yang ketiga, Faktor makanan dan minuman,mengapa faktor makanan dan minuman mempengaruhi? Karena makanan merupakan sumber energi utama bagi tubuh. Pastikan kalian tidak membeli makanan diluar terlalu sering. Kita juga harus mengetahui apakah makanan itu terjamin kebersihannya? Lebih baik kita memasak makanan sendiri dirumah karena dapat terjamin kebersihannya dan bebas dari zat kimia seperti makanan organik.

Yang keempat, Faktor keseimbangan emosi,mengapa? Karena emosi sering kali dapat mempengaruhi kesehatan produksi hormon dalam tubuh. Misal jika kita sedang marah maka darah yang mengalir ditubuh kita tidak stabil yang menyebabkan kesehatan tidak baik. Maka dari itu menjaga emosi kita harus tetap beraktifitas dan berekspresi sewajarnya saja dalam kehidupan sehari - hari.

Ciri-ciri seseorang yang memiliki tubuh sehat :
1. Tidak menghakimi diri sendiri
2. Tidak memiliki emosi negatif
3. Memiliki kesadaraan atas respon
4. Tidak mengalami susah tidur
5. Mampu fokus 
6. Memiliki hubungan sosial yang sangat baik
7. Tidak memiliki gejala fisik yang berlebihan

Hal tersebut  adalah  penjabaran berupa pentingnya hidup sehat.alasan mengapa kita harus hidup sehat salah satunya adalah untuk memberi tahu kepada kalian semua betapa pentingnya menjaga kesehatan bagi diri sendiri.
Demikian yang dapat saya sampaikan, mohon maaf apabila ada salah kata ataupun perilaku,dan saya ucapkan terima kasih 
Wassalamualaikum Wr.Wb.

No comments for "Ceramah Bertema Pentingnya Menjaga Kesehatan"

Berlangganan via Email