Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Teks Eksplanasi: Pengertian, Ciri-Ciri, Struktur, dan Unsur Kebahasaannya

Teks eksplanasi menjadi sebuah teks yang isinya mengenai sebuah peristiwa. Jenis teks satu ini membahas mengenai segala macam peristiwa. Dalam teks ini, Anda akan mengetahui semua kejadian yang terjadi disekitar dan dapat digunakan sebagai pembelajaran juga.

Pengertian Teks Eksplanasi

teks eksplanasi kelas xi

Pengertian teks eksplanasi adalah sebuah teks yang memberikan keterangan atau penjelasan tentang proses atau kejadian alam dan sosial di suatu lingkup masyarakat. Tujuan dari pembuatan teks eksplanasi ini adalah untuk memberikan suatu informasi.

Terdapat beberapa pengertian teks eksplanasi yang bisa Anda dapatkan. Agar dapat mengetahui makna dari teks eksplanasi dengan benar dan tepat serta sesuai. Berikut adalah berbagai macam pengertiannya menurut para ahli.

Informasi ini berisi tentang kejadian dari suatu peristiwa-peristiwa yang terjadi di masyarakat sekitar. Dengan adanya teks eksplanasi, maka akan bisa diketahui berbagai macam hal didalam daerah sekitar kawasan tempat tinggal Anda. Bahkan semuanya bisa terungkap.

Menurut Mahsun, definisi teks eksplanasi adalah teks yang dibuat dengan terstruktur. Terdiri atas beberapa bagian yang menjelasakn mengenai pembukaan (pernyataan umum), isi (bagian penjelasan) dan juga penutup atau disebut juga interpretasi.

Pernyaataan persama dan kedua dianggap sama –sama benar dan juga saling melengkapi satu sama lainnya. Jadi, tidak perlu kebingungan dalam membaca dan mengamati teks eksplanasi. Semuanya akan disajikan secara benar, tepat dan juga sesuai tentunya.

Itulah beberapa penjelasan mengenai pengertian-pengertian teks ekplanasi secara umum, menurut bahasa dan menurut pendapat para ahli. Meskipun penyampaiannya beberapa memiliki perbedaan, namun intinya sama saja. Perbedaan itu hanya terletak pada bahasa yang digunakan.

MATERI BAHASA INDONESIA KELAS XI SEMESTER GANJIL LAINNYA
TEKS PROSEDUR
MATERI CERAMAH

Ciri-Ciri Teks Eksplanasi

Terdapat beberapa ciri-ciri teks eksplanasi yang bisa dikenali. Sekaligus juga membedakannya dengan jenis-jenis teks lainnya, bahkan ciri-ciri ini yang menjadi tanda pengenal dari teks eksplanasi. Berikut adalah penjelasan-penjelasan mengenai hal tersebut.

1. Terdiri dari Pembuka, Kalimat Penjelas dan Penutup

Ciri pertama dari sebuah teks eksplanasi adalah terdiri dari beberapa bagian. Bagian-bagian tersebut adalah pernyataan umum sebagai pembuka, kalimat penjelas sebagai isi dan juga interpretasi sebagai penutupnya. Pernyataan umum berisi tentang penjelasan awal yang akan disampaikan.

Untuk bagian isi berisi mengenai inti dari teks tersebut dan juga memberikan penjelasan berupa apa yang ingin disampaikan oleh pembuat teks. Terakhir bagian interpretasi atau penutup yang menjelaskan tentang pandangan sekaligus kesimpulan dari pihak penulis teks eksplanasi.

2. Berisi Mengenai Informasi yang Faktual

Ciri selanjutnya yakni teks eksplanasi berisi mengenai informasi-informasi yang berdasarkan pada kejadian-kejadian faktual. Artinya teks eksplanasi dibuat berdasarkan informasi yang berasal dari fakta. Jadi, teks jenis ini bukanlah sebuah karangan belaka.

Penjelasan mengenai teks eksplanasi ini memang berdasarkan fakta yang ada. Dengan begitu, jenis tulisan ini telah terbukti kebenarannya dan tidak mengandung fiksi atau hanya sebatas karangan belaka. Jadi, teks tersebut memiliki bukti faktual yang terjadi di lapangan.

3. Informasinya Bersifat Sains, Valid, dan Eksak

Teks eksplanasi memiliki informasi-informasi yang bersifat sains. Ini karena kejadian yang ada dan diinformasikan didalamnya berdasarkan pada fakta terjadi di lapangan saat itu. Jadi, sudah pasti tulisan ini tidak berdasarkan pada karangan penulisnya.

Melainkan berasal dari apa yang telah terjadi di lapangan. Tanpa adanya pembohongan atau cerita-cerita fiktif hasil dari imajinasi penulis. Tulisan pada teks eksplanasi memang murni dan benar dibuat dari adanya informasi di tempat kejadiannya.

Struktur Teks Eksplanasi

Terdapat beberapa struktur teks eksplanasi. Diantaranya adalah pernyataaan umum, urutan sebab akibat dan juga interpretasi. Berikut beberapa penjelasan-penjelasan mengenai hal tersebut dengan detail dan lengkap.

1. Pernyataan Umum (Pembuka)

Pertama yakni bagian pernyataan umum yang berisi mengenai topik yang akan dibahas proses terjadinya kejadian tersebut. Pada struktur ini akan diberikan penjelasan-penjelasan umum sebagai awal kata atau pembukanya.

Pada pernyataan umum ini akan diberikan berbagai macam penjelasan hal-hal umum mengenai topik pembahasan dari teks tersebut. Semuanya akan dijelaskan dalam garis besar umum saja. Hal-hal lainnya akan dibahas pada bagian-bagian berikutnya.

2. Urutan Sebab Akibat (Isi)

Berikutnya yakni membahas mengenai urutan sebab akibat hal tersebut dapat terjadi. Lebih tepatnya pada bagian ini akan dibahas isi dalam tulisan teks eksplanasi tersebut. Anda akan memperoleh penjelasan lengkap mengenai proses terjadinya peristiwa tersebut.

Bahkan akan diberikan penjelasan secara bertahap dari hal awal hingga bagian akhirnya. Semuanya akan dijelaskan secara rinci pada bagian ini. Anda akan mengetahui semua hal yang merupakan isi dari teks eksplanasi itu sendiri.

3. Interpretasi (Penutup)

Bagian terakhir dari struktur teks eksplanasi ini adalah interpretasi atau yang biasa disebut sebagai penutup. Poin yang satu ini berisi mengenai kesimpulan atau pernyataan mengenai tipik bahasan yang telah dipaparkan pada bagian sebelumnya.

Pembaca akan memperoleh kata penutup pada bagian ini. Jadi, lebih tepatnya berisi mengenai kesimpulan dari penjelasan-penjelasan yang telah disajikan di poin-poin sebelumnya. Pembahasannya juga lebih singkat dan sama seperti kata penutup.

Unsur Kebahasaan Teks Eksplanasi

Terdapat beberapa unsur kebahasaan yang ada pada teks eksplanasi. Semuanya wajib ada dan termuat dalam tulisan tersebut dengan lengkap dan tepat. Berikut adalah penjelasan-penjelasan singkat mengenai unsur kebahasaan dari teks eksplanasi.

  • Fokus pada Hal Umum bukan Partisipan Manusia

Penulisan teks eksplanasi hanya fokus pada hal-hal umum saja, bukan kepada partisipan manusia. Salah satu contohnya adalah membahas mengenai bencana alam. Atau bisa juga tentang tsunami, gempa bumi, banjir, hujan dan juga udara.

Jadi, dalam teks eksplanasi hal yang dibahas lebih kepada hal umum saja. Tidak ada topik mengkhususkannya kepada partisipan manusia. Semuanya hanya fokus pada tema-tema pada pembahasan jenis tulisan terbut.

  • Memakai Kata Ilmiah dan Istilah

Berikutnya yakni memakai kata ilmiah. Teks eksplanasi didasarkan pada fakta-fakta lapangan yang bersifat aktual. Maka dari itu, tidak heran jika tulisannya juga berisi kata ilmiah. Ini untuk menjaga eksistensi dari jenis tulisan tersebut.

Pada tulisan-tulisan yang menggunakan fakta dan tidak bersifat fiksi belaka, umumnya ditulis dengan menggunakan kata ilmiah. Dengan begitu, tulisan juga akan menjadi lebih ilmiah dan menarik. Selain itu, memakainya akam membuat teks eksplanasi semakin meyakinakan faktanya.

  • Banyak Menggunakan Kata Verba Material dan Verba Relasional

Selanjutnya pada teks eksplanasi banyak menggunakan kata verba material dan verba relasional. Jadi tulisan-tulisan jenis satu ini memang memakai kata-kata di atas sebagai bagian dari unsur kebahasaannya. Sekaligus untuk memberikan ciri tersendiri pada penulisannya.

Karena tidak semua jenis tulisan menggunakan kata verba material dan relasional dalam penulisannya. Maka dari itu, memenuhi unsur kebahasaan ini dapat menjadi sebuah ciri khusus pad acara penulisan teks eksplanasi. Bahkan ini bisa menjadi tambahan kelebihan dari jenis teks itu.

  • Memakai Konjungsi Waktu dan Kausal

Berikutnya yakni memakai konjungsi waktu dan kausal atau sebab akibat. Penggunaannya bertujuan untuk memberikan keterangan mengenai waktu terjadinya kejadian tersebut. Teks eksplanasi adalah sebuah teks yang bersifat aktual, maka dari itu diperlukan konjungsi waktu untuk memperjelasnya.

Selain konjungsi waktu. terdapat juga kausalitas atau sebab akibat. Dalam penulisan jenis teks satu ini juga diperlukan beberapa keterangan mengenai sebab akibat hal tersebut bisa terjadi. Hal ini tentu dapat menjadi bagian dari penjelasan tambahan didalamnya.

Demikian pembahasan mengenai teks eksplanasi: pengertian, ciri-ciri struktur dan juga unsur kebahasaannya. Anda dapat memperoleh semua informasi-informasi tersebut pada penjelasan artikel di atas dengan benar dan tepat.

Post a Comment for "Teks Eksplanasi: Pengertian, Ciri-Ciri, Struktur, dan Unsur Kebahasaannya"

Berlangganan via Email