Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Tujuan Public Speaking, No.4 Paling Powerful

Tujuan Public Speaking - Berbicara di depan umum menjadi salah satu jenis komunikasi secara lisan dengan cara melakukan pidato, ceramah, presentasi, wawancara, dsb. dan bisa juga berbicara di depan umum. Manfaat dari publik speaking juga mampu membuat kita lebih percaya diri untuk berbicara di depan umum, dan kita juga tidak menjadi demam panggung (nervous)

Adapun pengertian public speaking adalah proses komunikasi yang dilakukan oleh seseorang di depan khalayak umum dengan percaya diri tanpa adanya grogi atau nervous. Atau bisa juga dari pengertian lainnya adalah tata cara berbicara di depan khalayak umum.

Tujuan Public Speaking

tujuan public speaking

Sebagai salah satu jenis komunikasi yang kerap dilakukan oleh para pembicara atau orator, ternyata public speaking memiliki beberapa tujuan khusus. Berikut adalah tujuan-tujuan public speaking.

1. Mempengaruhi 

Tujuan dari public speaking dalam mempengaruhi audiens. Seperti halnya kalau kita sedang melakukan presentasi di depan teman sekelas, kita harus bisa mempengaruhi pendengaran mereka agar mereka fokus kepada penjelasan presentasinya dengan cara membuat power point yang menarik audiensnya dan itu mempengaruhi mereka agar terfokus dengan penjelasan kita. 

Tak hanya di kelas saja, di kantorpun juga bisa, misalkan kita melakukan pertemuan dengan client maka kita harus berbicara yang baik dan menarik perhatian client agar mereka bisa percaya karena kita sudah mempengaruhinya.

Untuk pembicara yang baik dan juga mahir adalah pembicara yang dapat mempengaruhi audiensnya agar dapat mengikuti apa yang pembicara suruh.

Contoh dari tujuan mempengaruhi adalah seperti sales perabotan rumah tangga yang biasa diadakan di pertemuan RT atau RW (PKK) mereka mempromosikan dagangan mereka seperti kompor gas, mixer, blender, alat pemanggang, dsb agar ibu – ibu PKK tertarik dengan dagangan mereka dan akhirnya merekapun membeli dagangan tersebut karena tergiur dengan cara berbicara sales tersebut.

2. Menginformasikan 

Tujuan selain mempengaruhi, ada juga tujuan lainnya yaitu menginformasikan. Dimana tujuan tersebut adalah menginformasikan sesuatu kepada khalayak umum, baik itu berita penting, ilmu pengetahuan maupun pengumuman. 

Seperti halnya kita melakukan presentasi di kelas yang dimana kita memberikan informasi mengenai persoalan yang kita jelaskan pada presentasi tersebut. Dan kita harus jelas dalam memberikan informasinya agar para audiens mengetahui sebab akibat, maksud dan tujuan dari persoalan tersebut yang sudah kita sampaikan.

Contoh dari tujuan menginformasikan adalah saat pemerintahan memberikan suatu informasi seperti kenaikan bbm, tarif pajak dsb di penyiaran televisi agar informasi tersebut sampai pendengaran masyarakat. Contoh lain saat kita disekolah kemudian ada pemberitahuan bahwa ketua kelas harus berkumpul di depan ruang osis karena akan ada pemberitahuan yang sangat penting dan harus di dengar dengan seksama.

3. Menghibur 

Public speaking juga memiliki tujuan yang lain yaitu menghibur. Tujuan menghibur audiens ini dilakukan untuk menghibur para khalayak umum agar mereka terhibur dan juga senang dan gembira. Agar public speaking tidak tegang dan terlihat tidak menarik maka kita sisipkan di jela-jela pemberian materi dengan sedikit rumor (stand up comedy) atau juga bisa dengan pantun jenaka atau pantun yang bersifat rumor. Agar para audiens tidak gampang bosan saat kita memberi penjelasan materi.

4. Memotivasi 

Tujuan lain dari public speaking adalah memotivasi para audiens agar lebih baik lagi. Sama halnya seperti acara seminar yang dimana motivator memberikan dorongan kepada khalayak agar lebih berpikir positif. 

Cara motivator menyuarakan pemikirannya adalah dengan berbicara dengan suara yang lantang dan keras dan juga berintonasi untuk mempengaruhi para audiens berpikir yang baik agar mereka tidak pantang menyerah dalam segala apapun yang terjadi dan agar para audiens semangat dalam menjalani hidupnya. 

Kata – kata motivasi tidak hanya digunakan untuk diri sendiri melainkan untuk keluarga, orang terdekat dan teman – teman serta seluruh umat manusia.

5. Mengubah 

Dengan kata mengubah, apa arti mengubah menurut kalian ? Ya, mungkin menurut kalian mengubah adalah bentukkan lain yang berbeda dengan yang asli atau pertama, memang pengertian tersebut tidak salah tetapi disini dari tujuan public speaking agak sedikit berbeda. 

Mengubah dalam public speaking adalah mengubah suasana yang semula tegang menjadi hangat, yang semula membosankan menjadi sangat gembira atau senang, dan sebaliknya. Kenapa bisa seperti itu? 

Karena pembawa acara atau yang sedang menjelaskan materi mereka bisa merasakan suasanya seperti apa dan kita juga bisa mengubah suasana tersebut agar penjelasan yang kita jelaskan saat presentasi kita dipahami oleh mereka.

6. Menarik Perhatian Publik

Hal yang seharusnya diperhatikan selanjutnya adalah menarik perhatian publik agar tertarik dengan materi atau produk yang kita jelaskan kepada mereka. Dimana pemateri harus mempersiapkannya dengan sangat matang agar mereka lebih tertarik lagi dengan apa yang kita jelaskan. 

Dan pemateri harus bisa mencairkan suasana yang sedang terjadi dan mencari fokus para audiens agar lebih tertarik lagi apa yang kita jelaskan atau kita promosikan. 

Biasanya agar lebih menarik lagi kita menggunakan kata sapaan atau jokes pada awalan para audiens berkumpul. Agar kita dengan para audiens tidak canggung dan juga itu bisa menarik perhatian mereka karena kita juga bisa menjadi seseorang yang friendly.

7. Kepemimpinan 

Tujuan lainnya adalah untuk kepemimpinan. Dimana dalam organisasi kita membutuhkan pemimpin yang tegas dan baik dalam public speaking, percuma saja kan kalau pemimpinnya kurang bisa dalam public speaking. 

Pemimpin harus dan wajib bisa public speaking agar dalam menyuarakan pendapat atau keputusan mereka merasakan diayomi oleh kepemimpinan, agar tidak plin plan dalam mengambil keputusan. Pemimpin juga harus tegas dalam menjabat sebagai ketua dan harus bisa mengkritik anggota apabila mereka salah. Dan agar organisasi tersebut bisa saling terbuka.

8. Bertindak

Tujuan lainnya adalah bertindak. Dimana para audiens diharapkan untuk melakukan tindakan yang sudah diberi tau oleh motivator agar mereka lebih baik lagi. Dan tidak akan melakukan tindakan yang merugikan diri sendiri. Setelah mereka sudah lebih baik mereka juga bisa memotivasi orag sekitarnya agar tidak pantang menyerah dalam menjalani kehidupan ini.

9. Meyakinkan Audiens

Dimana maksud tersebut adalah kita harus meyakinkan para audiens bahwa mengenai tentang kebenaran itu sangatlah penting untuk di sampaikan. 

Yang dimana ada beberapa orang tidak meyakini dengan materi yang kita bawa, dan setelah mendengarkan materi dengan fokus dan memahami materi tersebut mereka menjadi lebih yakin dengan hal tersebut.

10. Mendidik Audiens

Tujuan lainnya adalah mendidik audiens. Maksud dari tujuan tersebut adalah kita harus bisa mendidik para audiens agar mereka bisa cerdas dan memiliki ilmu pengetahuan yang sangat luas dan mereka bisa menerapkan ilmu tersebut kepada orang lain dan bisa bermanfaat untuk orang lain dan juga diri sendiri dan juga bisa diterapkan dalam berbagai aspek.

Itulah penjelasan singkat mengenai tujuan public speaking. Semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih.

Post a Comment for "10 Tujuan Public Speaking, No.4 Paling Powerful"