Ceramah Bertema Pengaruh Teknologi terhadap Moral Remaja

Dengan semakin majunya teknologi, dapat kita amati bersama bahwa terjadi penurunan moral, khusunya yang dilakukan oleh remaja. Masih ada kaitannya dengan ceramah sebelumnya yang berjudul Ceramah Bertema Pendidikan Moral, maka kali ini yang akan menjadi fokus perhatian adalah mengenai ceramah bertema pengaruh teknologi  terhadap moral remaja. Untuk selanjutnya, baca dengan saksama naskah ceramah berikut.

Ceramah tentang Pengaruh Teknologi terhadap Moral Remaja

ceramah bertema remaja

Assalamualaikum wr. wb.

Pertama tama mari kita ucapkan puji syukur kepada Allah SWT. yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya agar kita bisa berkumpul dalam keadaan sehat wal’afiat. Tidak lupa shalawat serta salam selalu kita curahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW. Yang telah menuntun kita ke jalan yang benar yaitu agama Islam.

 Hadirin yang berbahagia, kehadiran saya di sini ingin membahas tentang pengaruh teknologi terhadap moral anak. Sebagai umat manusia yang beriman kita wajib memiliki moral. Apa sih moral itu? 

Dalam definisinya secara umum moral adalah suatu hukum tingkah laku yang diterapkan kepada setiap individu untuk dapat bersosialisasi dengan benar agar terjalin rasa hormat dan menghormati. Lalu apa sih teknologi itu?. 

Teknologi adalah keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia. Definisi kedua hal tersebut sangat tidak berkaitan. Tetapi pada jaman sekarang ini moral sangat dipengaruhi oleh teknologi. Maka dari itu marilah kita membahas hal ini.

Hadirin yang dimuliakan Allah, sejak kecil kita selalu diajarkan apa saja yang boleh atau tidak boleh,hal yang sopan atau tidak sopan, hal yang baik dan tidak baik. Tanpa kita sadari semua yang diajarkan kepada kita bernama “moral”. 

Pada saat kita kecil mungkin teknologi belum terlalu mendominasi kehidupan kita. Karena saat itu kita hanya mengenal warnet (warung internet), selebihnya kita hanya main bersama teman-teman kita di luar rumah.

Tetapi sekarang ini, para remaja sudah jarang bermain di luar rumah. Mereka lebih memilih bermain gadget dan kurang bersosialisasi di luar rumah. Di era yang semakin canggih ini, banyak kegiatan manusia yang digantikan oleh sebuah mesin. 

Hal ini menunjukkan bahwa semakin berkembangnya pemikiran manusia sehingga mampu menciptakan alat yang canggih dan modern. Semakin tinggi pengetahuan manusia akan ilmu pengetahuan, maka akan semakin tinggi pula perkembangan kecanggihan teknologi yang akan diciptakan oleh manusia. Kecanggihan teknologi secara langsung maupun tidak langsung dapat mempengaruhi perkembangan moral. 

Seseorang dapat berperilaku buruk akibat penggunaan teknologi yang tidak pada tempatnya. Efek dari kecanggihan teknologi tersebut dapat kita rasakan dalam kehidupan sehari-hari. Menghilangnya norma dan nilai serta sopan santun yang ada di masyarakat akibat pengaruh teknologi membuat generasi muda tidak lagi mengindahkan moral yang ada di Indonesia.

Hadirin sekalian, bisa kita lihat langsung di lingkungan sekitar atau bahkan anak-anak kita sudah banyak yang memilih teknologi daripada mendengarkan nasihat orang tua. 

Mereka lebih memilih mencari di kanal internet daripada bertanya kepada yang lebih tua atau bahkan mereka enggan untuk membaca buku. Internet memanglah mempunyai banyak sekali manfaat yang baik. 

Internet sebenarnya memberikan banyak pengaruh positif apabila kita yang memakainya dengan tujuan yang positif pula. Anak-anak jaman sekarang lebih pintar dalam memakai teknologi sehingga orang tua sangat terbatas dalam mengawasi, akibatnya anak-anak mengakses hal-hal negatif dalam internet yang seharusnya belum waktunya untuk mereka akses. 

Seperti yang kita tahu hal-hal negatif tersebut bisa membawa pengaruh buruk terhadap anak-anak kita. Mereka mulai berkata kasar, menonton pornografi, merokok, dan kekerasan terhadap sesama. Inilah hal utama yang menurunkan kualitas moral generasi muda. 

Seperti yang bisa kita lihat di sekeliling kita sekarang banyak sekali anak-anak yang mulai melakukan kegiatan yang merujuk ke radikalisme. Mereka mulai meniru gaya hidup orang barat yang tidak sesuai dengan ideologi Pancasila. Mereka mulai terpengaruh ajakan yang tersebar dari internet. 

Jiwa muda mereka yang terbilang labil, cenderung sangat mudah untuk dipengaruhi berbagai hal. Contohnya mengikuti kelompok-kelompok yang tidak sesuai dengan keyakinan mereka. Alhasil, mereka terpengaruh dengan hal-hal yang tidak seharusnya mereka ikuti dan menjadi seorang pemberontak.

Selain kekerasan, juga banyak pernikahan muda yang terjadi karena pergaulan bebas melalui sosial media. Mencari teman lewat internet memang baik. Selain menambah relasi, kita juga bisa tahu dunia luar lebih dalam lagi. Tetapi, banyak anak muda yang terlalu mudah dibodohi dengan sosial media. Kurangnya moral yang menjadi penyaring menjadikan generasi muda mudah percaya dan mudah terbuai. 

Akibatnya, banyak generasi muda yang salah pergaulan hingga mereka melakukan hal-hal yang merusak masa depan mereka. Mereka mulai menggunakan narkoba, seks bebas, bahkan terjangkit HIV. Dari semua itu muncullah pernikahan dini, perceraian muda, penelantaran anak, aborsi, dan lain lain.

Hadirin yang saya hormati, semua saya sebutkan tadi merupakan dampak negatif paling buruk yang terjadi. Lalu bagaimana dengan dampak-dampak kecilnya?. 

Mari kita mulai dari lingkup kecil seperti keluarga. Seringkali ketika makan bersama ataupun kumpul keluarga besar, anak-anak selalu sibuk dengan gadgetnya masing-masing. Mereka tidak peduli dengan sekitar dan mulai sibuk dengan dunia mereka sendiri.

 Mereka menjadi tidak menghormati orang-orang di sekitar mereka. Sifat individualisme semakin melekat pada diri mereka. Beralih ke lingkup sekolah, anak-anak sekarang diperbolehkan membawa handphone untuk mendukung proses belajar mengajar. 

Tetapi para murid menyalahgunakan aturan ini untuk hal yang tidak seharusnya. Seperti bermain gadget saat pelajaran sedang berlangsung, mencari jawaban di internet, dan menyingkirkan buku. Mereka hanya percaya pada internet.

Para hadirin sekalian, sebagai orang yang lebih tua, apa yang harus kita lakukan?. Meskipun sekarang teknologi juga mempengaruhi kita, seharusnya kita sebagai orang yang mengerti harus bisalebih mengendalikan diri kita dan juga anak-anak kita. 

Sebagai orang tua yang baik, sejak kecil anak kita harus ditanami moral yang baik. Kita bisa mengambil kesimpulan bahwa pengaruh yang terdapat dalam teknologi kebanyakan berpengaruh negatif terutama terhadap moral anak-anak. 

Hal ini perlu adanya sinergi kerjasama antara orang tua, keluarga, sekolah, dan masyarakat diharapkan dapat ikut berperan serta dalam penanggulangan dampak kemajuan teknologi ini agar tidak “kebablasan”. 

Anak sangat perlu pendampingan dalam menggunakan ponsel maupun gadget dan juga dalam penggunaan internet agar mereka bisa terarah dan tidak terjerumus. Masuk ke situs-situs yang tidak sewajarnya di dalam proses pertumbuhannya. 

Poin yang paling penting dan utama adalah pemberian dan penanaman nilai-nilai moral, agama, dan akhlak mulia pada anak dari sedini mungkin dan ditambah lagi anak selalu dibimbing dan diarahkan ke hal-hal yang baik. 

Karena anak cenderung selalu meniru, jadi apabila seorang anak sejak kecil dididik dan diarahkan ke contoh yang baik terutama landasan agama yang baik agar saat dewasa nantinya akan terbiasa dengan sikap yang baik dan jika terjadi penyimpangan anak akan kembali ke arah yang benar lagi. Agar kedepannya dapat menghasilkan generasi calon-calon penerus bangsa yang tangguh dan berakhlak mulia. 

Tetapi semua itu tidak akan berhasil apabila kita sebagai orang tua tidak memberikan kasih sayang dan perhatian yang cukup. Karena sesungguhnya generasi emas lahir dari keluarga yang beragama, hangat, dan penuh kasih sayang. 

Yang melarang tapi dengan pengertian, yang mengekang tanpa kekerasan, dan mengajari dengan penuh kasih sayang. Jadi mari kita lakukan yang terbaik untuk kita, keluarga kita, bahkan bangsa dengan menjunjung tinggi moral dan mengedepankan kehangatan keluarga. 

Sekian dari saya mengenai pembahasan ceramah bertema pengaruh teknologi terhadap moral remaja, maaf apabila ada kata yang kurang berkenan. Saya akhiri.
Wassalamualaikum wr.wb.  

No comments for "Ceramah Bertema Pengaruh Teknologi terhadap Moral Remaja"

Berlangganan via Email