Teks Prosedur: Pengertian, Ciri-Ciri, Unsur Kebahasaan, Struktur, dan Jenisnya

Terkadang ketika akan melakukan suatu hal pasti sering lupa langkah-langkah yang harus dilakukan. Untuk itulah akhirnya mulai ada teks prosedur. Di dalamnya ada banyak petunjuk mengenai cara harus dijalankan ketika ingin mencapai sebuah tujuan. Agar lebih jelas mari membahasnya bersama-sama.

Pengertian Teks Prosedur 

materi pembelajaran teks prosedur

Secara sederhana, sebenarnya definisi teks prosedur adalah suatu tulisan yang berisi tentang petunjuk untuk melakukan suatu pekerjaan tersebut dengan benar. Sedikit atau banyaknya tergantung dengan pekerjaannya. Jika memang rumit kemungkinan akan panjang dan melibatkan banyak alat. 

Namun jika di definisikan secara sistematis teks prosedur merupakan sebuah tulisan berisikan mengenai tahapan atau berbagai macam langkah yang harus dilakukan dengan runtut tanpa terlewat satu poin pun. Tujuannya adalah agar bisa mencapai suatu tujuan awal. 

Biasanya di dalam teks prosedur memang melibatkan banyak hal. Mulai dari pembahasan tentang deskripsi dari benda tersebut, penggunaan alat-alat tambahan, dan semacamnya. Kalimat yang digunakan jelas sehingga membuat bisa membantu para pembacanya membuat sesuatu secara benar.

Ciri-Ciri Teks Prosedur 

Dalam kegiatan sehari-hari Anda pasti sudah sering menemukan adanya teks prosedur. Misalkan ingin minum obat, merangkai barang dan semacamnya. Teks prosedur bisa dengan mudah dibedakan dengan jenis lainnya, hal ini dikarenakan cirinya memang jelas sehingga tidak akan membuat Anda bingung. 

  • Salah satu ciri paling menonjol dari teks prosedur adalah berisikan kalimat panjang menjelaskan tentang step by step. Agar tidak membuat bingung pembaca, biasanya mereka akan membuat poin-poin. Dengan begitu tidak akan pekerjaan bisa diselesaikan dengan cepat dan mudah. 
  • Selain itu teks prosedur biasanya juga banyak menggunakan kalimat saran. Tujuannya adalah untuk mengarahkan seseorang agar bisa melakukan segala bentuk kalimat perintah dalam poin-poin tersebut secara tepat. Dengan begitu tidak ada kesalahan dan tidak perlu mengulang lagi.
  • Dalam teks prosedur juga ada kalimat larangan, biasanya ditandi dengan simbol silang atau X merah besar. Hal ini tentunya bisa jadi warning langsung bagi para pembaca untuk tidak melakukannya. Karena jika dilangar tujuan tersebut tidak akan tercapai dengan sempurna.
  • Teks Prosedur biasanya dibuat dengan susunan yang rapid an sistematis. Poin demi poin akan dijelaskan secara detail namun tetap ringkas. Pembaca tinggal mengikuti perintahnya secara runut jangan sampai ada yang terlewat ataupun sengaja tidak dilakukan. 
  • Dalam setiap kata yang sudah disusun dan dituliskan dalam teks berisi sebuah informasi yang sifatnya objektif bukannya subjektif. Nantinya data ini bisa bermanfaat untuk masyrakat luas. Semuanya sudah disesuaikan sesuai faktai, jadi tidak asal tulis saja. 
  • Tak lupa penulis juga selalu memberikan poin dan angka pada setiap poin yang perlu dijelaskan lagi. Dengan begini pembaca tidak akan merasa bingung lagi, bila petunjuk terlalu panjang maka penulis akan membuatkan paragraf. Barulah digabungkan dengan poin ataupun angka.

MATERI BAHASA INDONESIA KELAS XI SEMESTER GANJIL LAINNYA
TEKS EKSPLANASI
MATERI CERAMAH

Struktur Teks Prosedur

Membuat sebuah teks prosedur tampaknya memang mudah, namun tak semua orang bisa menjabarkannya dengan jelas.  Apalagi jarang sekali menemukan teks prosedur yang punya kalimat-kalimat panjang. Kebanyakan berbentuk ringkas, padat namun tetap jelas. 

1. Judul

Judul adalah struktur awal yang harus ada pada teks prosedur. Biasanya yang digunakan adalah nama benda atau kegiatannya. Dengan begitu pembaca akan memahami dalam sekali lihat saja. Judul tidak usah diberikan penambahan kalimat, apa adanya saja lebih baik. 

2. Pernyataan Umum atau Orientasi

Struktur selanjutnya adalah pengantar. Susunan kalimat disini belum masuk ke intinya. Hanya saja di dalamnya sudah ada informasi umum mengenai berbagai hal harus dipersiapkan atau digunakan untuk melakukan kegiatan tersebut. Biasanya penulis juga menyertakan tujuannya.

3. Langkah-Langkah

Kemudian ada juga langkah-langkah sebagai struktur lanjutan dari teks prosedur. Pada bagian sudah dijelaskan dengan detail mengenai berbagai macam hal tentang langkah per langkah harus dilakukan secara runtut. Urutan sistematis ini tidak boleh terlupakan barang satu poinpun.

4. Alat dan Bahan

Struktur selanjutnya harus ada dalam teks prosedur adalah alat serta bahan. Di dalamnya adalah penjelasan mengenai berbagai macam kebutuhan peralatan dan bahan harus dipersiapkan sebelum melakukan kegiatan. 

5. Penutup

Terakhir adalah bagian penutup yang di dalamnya merupakan kesimpulan dari semua pembahasan diatas. Ada rekomendasi serta apresiasi yang akan diberikan oleh penulis kepada pembacanya. Terdapat pula imbauan agar tidak melakukan sesuatu yang bertolak belakang.

Unsur Kebahasaan Teks Prosedur 

Setidaknya terdapat 5 unsur kebahasaan bisa Anda temukan dalam pembuatan teks prosedur. Jenis tulisan satu ini mudah sekali dikenali daripada yang lainnya. Hal ini dikarenakan dari cirinya saja sudah sangat jelas. Sehingga tidak perlu lagi adanya pertimbangan untuk menentukan jenis teks. 

1.    Kata Kerja Perintah

Dalam suatu teks prosedur biasanya banyak sekali mengandung kata kerja perintah untuk menjelaskan satu poin ke poin lainnya. Istilah kalimat perintah dalam teks prosedur biasanya disebut dengan imperatif. Maknanya sama saja, yakni mendorong seseorang melakukan sesuatu

2. Istilah

Selain itu di dalam sebuah teks prosedur biasanya juga banyak menggunakan kata-kata teknis dalam suatu bidang khusus. Artinya hanya orang-orang tertentu yang ada dalam kelompok itu saja bisa mengerti maksud dalam teks prosedur tersebut. 

3. Konjungsi

Selanjutnya teks prosedur juga banyak memakai konjungsi sebagai penambahan untuk maknanya. Bagi Anda yang belum mengerti, konjungsi merupakan suatu kalimat penghubung  antara dua klausa. Misalnya ada serta, lagipula, disamping itu, selnjutnya, dan banyak lagi. 

4. Kalimat Persuasif

Selain itu dalam suatu teks prosedur biasanya banyak memakai kalimat persuasif . Karena disini akan menjalankan suatu perintah maka pemakaian kalimat ajakan sangat disarankan. Tinggal buat dengan ringkas dan singkat, Hindari pengulangan kata-kata secara berlebihan. 

5. Perincian

Di dalam teks prosedur juga ada berbagai penggambaran rinci mengenai jumlah, ukuran dan warna suatau objeknya. Alat-alat yang dipergunakan biasanya juga dijelaskan secara mendetail. Oleh karena itu, pembaca akan langsung jelas dan mempersiapkan semuanya dengan baik.

Jenis Teks Prosedur

Membuat Teks prosedur juga tidak asal-asalan saja. Walaupun terkesan mudah dan simple namun jika tidak dibuat secara tepat maka akan meleset dari fungsinya. Untuk itu sebaiknya perhatikan struktur dan cara pemulisannya. Adapun jenis-jenisnya adalah sebagai berikut :

1.    Teks Prosedur Sederhana

Prosedur sederhana, artinya adalah bentuk kegiatan yang hanya dilakukan secara singkat. Hanya perlu melakukan dua sampai tiga langkah saja agar bisa mencapai tujuan tersebut, Pemakaian alat dan bahan juga tidak terlalu banyak, jadi tidak perlu repot berlebihan.

2.    Teks Prosedur Kompleks

Selanjutnya adalah teks prosedur kompleks yang sudah melibatkan beberapa tahapan dan langkah-langkah rumit. Biasanya Anda akan dibantuk dengan penjelasan dari ahlinya juga agar tidak melakukan kesalahan fatal saat melakukannya sendiri.

3.    Protokol

Sebenenarnya ada satu lagi jenis teks prosedur yang ada dan biasa dilakukan oleh orang-orang yakni protokol. Karena sangking mudahnya tak banyak alat dan bahan turut serta di dalamnya. Praktis juga minim resiko, jadi tidak perlu khawatir. 

Itu tadi adalah pembahasan mengenai materi pembelajaran teks prosedur. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Next Post Previous Post
27 Comments
  • sheftiana tri kurnia sari
    sheftiana tri kurnia sari April 19, 2021 at 9:10 PM

    This comment has been removed by the author.

    • sheftiana tri kurnia sari
      sheftiana tri kurnia sari April 19, 2021 at 9:16 PM

      This comment has been removed by the author.

  • sheftiana tri kurnia sari
    sheftiana tri kurnia sari April 19, 2021 at 9:17 PM

    1.Teks prosedur adalah teks yang berisi tentang suatu petunjuk atau langkah-langkah dalam melakukan sesuatu dengan runtut dan benar.
    2.Ciri-ciri teks prosedur:
    - berisikan kalimat panjang yang dibantu menggunakan poin-poin
    - banyak menggunakan kalimat saran, agar seseorang bisa melakukannya sesuai perintah pada poin-poin yang ada dengan benar
    - ada kalimat larangan, supaya seaorang dapar tercapai tujuan dengan sempurna
    - disusun secara rapi dan sistematis, poin-poin dijelaskan secara detail
    - berisi sebuah informasi yang bersifat objektif
    3.Struktur teks prosedur:
    - judul
    - orientasi
    - langkah-langkah
    - alat dan bahan
    - penutup
    4.Unsur kebahasaan teks prosedur:
    - kata kerja perintah
    - istilah
    - konjungsi
    - kalimat persuasif
    - perincian
    5. Jenis teks prosedur:
    - teks prosedur sederhana
    - teks prosedur kompleks
    - protokol
    nama: sheftiana tri kurnia sari
    kelas: XIBB/28

  • puja
    puja April 20, 2021 at 3:49 AM

    This comment has been removed by the author.

  • WulanIndri
    WulanIndri April 20, 2021 at 4:07 AM

    Menurut saya materi ini sangat bermanfaat untuk para pelajar yang ingin menambah referensi belajarnya melalui media internet, Pelajar dapat mencari apa saja materi yang ingin dipelajari melalui internet. Seperti materi teks prosedur ini, pelajar dapat mengetahui pengertian teks prosedur yang merupakan suatu tulisan yang berisi tentang petunjuk untuk melakukan suatu pekerjaan tersebut dengan benar, ciri-ciri, unsur kebahasaan, struktur, dan jenis dari teks prosedur. Dan sedikit saran kalau bisa juga dikasih sedikit contoh teks prosedur dan kegunaan teks prosedur pd kehidupan dalam artikelnya. Terima kasih, semoga lebih banyak lagi materi yang dapat di share.
    Nama : Wulan Indriasari
    Kelas : MIPA 1'20
    No. Absen : 08

  • Andini Eka Lestari
    Andini Eka Lestari April 20, 2021 at 4:29 AM

    Artikel ini menurut saya berbeda dengan artikel-artikel yang lain, artikel ini memaparkan materi teks prosedur dengan bahasa yang menarik, penjelasan mudah dipahami dan tidak membosankan. Sayangnya, beberapa kalimat di artikel ini ada yang salah dalam pengetikan (typo).

    Setelah membaca teks artikel ini saya semakin faham akan apa itu teks prosedur.
    • Teks Prosedur merupakan teks yang berisi petunjuk untuk melakukan sesuatu dengan benar. Contohnya seperti teks cara membuat kerajinan limbah organik, cara membuat ayam bakar dll.

    • Ciri-ciri Teks Prosedur yaitu :
    A. Berisikan kalimat panjang menjelaskan tentang step by step
    B. Banyak menggunakan kalimat saran
    ada kalimat larangan
    C. Cusunan yang rapi dan sistematis
    D. Dalam setiap kata yang sudah disusun dan dituliskan dalam teks berisi sebuah informasi yang sifatnya objektif bukannya subjektif
    E. Penulis juga selalu memberikan poin dan angka pada setiap poin yang perlu dijelaskan lagi

    • Struktur Teks Prosedur
    1. Judul
    2. Pernyataan umum atau orienta…

  • puja
    puja April 20, 2021 at 4:38 AM

    Artikel ini sangat membantu bagi para pelajar yang sedang mempelajari teks prosedur.

    Dari jenis-jenis teks prosedur yang telah dijelaskan saya bisa mengambil suatu contoh.
    Seperti berikut ini:
    Jenis-jenis teks prosedur, yaitu:

    #Teks prosedur sederhana
    Teks prosedur jenis ini berisi langkah sederhana untuk melakukan suatu hal yang diinginkan, seperti cara masuk E-mail, menyalakan HP,menyalakan TV,dan lainnya.
    Teks prosedur jenis ini berisi kisaran 2 sampai 3 langkah kerja saja.

    #Teks Prosedur kompleks
    Teks prosedur jenis ini berisi langkah-langkah melakukan suatu hal secara lebih kompleks dari jenis teks prosedur teks sederhana.
    Langkah-langkah dalam teks prosedur jenis ini minimal 4 langkah kerja, contohnya cara pembuatan SIM, cara pembuatan KTP, cara mengurus surat kehilangan,prosedur pendaftaran peserta didik baru, dan lainnya.

    #Teks prosedur protokol
    Teks prosedur jenis protokol ditulis dengan urutan langkah tidak selalu runtut namun dapat tercapai tujuan yang diinginkan dan tetap sesuai, co…

  • Sovia Arto Sari
    Sovia Arto Sari April 20, 2021 at 4:42 AM

    Menurut saya, artikel di atas sangat bermanfaat bagi siswa yang akan belajar mengenai teks prosedur. Dan juga dapat membantu para siswa untuk lebih mudah mengakses materi. Berisi tentang pengertian, ciri-ciri, struktur teks, unsur kebahasaan, serta jenis-jenis teks prosedur yang mudah dimengerti sehingga inti yang ingin disampaikan penulis dapat di terima dengan mudah. Kesimpulannya, artikel di atas memiliki penyampaian isi dan maksud materi yang sangat jelas dan mudah dipahami bagi pembaca.

    Nama : Sovia Arto Sari
    Kelas : PCP Mipa 4
    Absen : 14

  • o
    o April 20, 2021 at 5:00 AM

    Nama : Aisya Noor Fadilla Putri
    Absen : 09
    Kelas : XMIPA2

    • Tanggapan
    " Materi dari Teks prosedur ini sangat bermanfaat, saya sendiri sangat terbantu dengan adanya teks prosedur ini, teks teks prosedur ini menjelaskan tentang bagaimana langkah -langkah atau cara suatu aktivitas dengan benar dan terperinci "

    • Rangkuman :

    Teks prosedur adalah suatu tulisan yang berisi tentang petunjuk untuk melakukan suatu pekerjaan tersebut dengan benar atau dapat diartikan sebagai sebuah tulisan berisikan mengenai tahapan atau berbagai macam langkah yang harus dilakukan dengan runtut tanpa terlewat satu poin pun.
    Tujuannya adalah agar bisa mencapai suatu tujuan awal.

    Ciri-Ciri Teks Prosedur :

    1. Berisikan kalimat panjang menjelaskan tentang step by step.
    2. Banyak menggunakan kalimat saran.
    3. Terdapat kalimat larangan
    4. Susunan yang rapih dan sistematis.
    5. Teksnya berisi sebuah informasi yang sifatnya objektif bukannya subjektif.
    6. Penulis juga selalu memberikan poin dan angka pada setiap poin y…

  • Zulfa Aulia
    Zulfa Aulia April 20, 2021 at 8:01 AM

    Bagi saya, Artikel ini sangat membantu para siswa yang ingin mempelajari Teks Prosedur. Selain memberikan akses yang mudah, artikel ini juga menggunakan bahasa dan isi yang jelas untuk pembaca. Tidak bertele-tele dan dimuat dalam 1 halaman yang praktis sehingga, tidak perlu berpindah-pindah halaman seperti artikel kebanyakan. Isinya juga lengkap, seperti pengertian, struktur, teks kebahasaan, contoh teks, dll. Bahkan disertai penjelasan di setiap bagian-bagiannya. Bagus untuk bahan pembelajaran dan mudah dimengerti.

    IlmaZulfa (13) Pcp-Mipa4

  • adindadwivigianti
    adindadwivigianti April 20, 2021 at 8:26 AM

    Nama: Adinda Dwi Vigianti
    Kelas: MIPA 6 2020
    No. Absen: 17

    Menurut saya, artikel ini sangat bermanfaat bagi para pelajar. Dalam artikel ini dijelaskan pengertian, ciri-ciri, unsur kebahasaan, dan jenis teks prosedur dengan bahasa yang mudah dipahami. Dari materi teks prosedur ini, pelajar dapat mengetahui bahwa teks prosedur merupakan suatu teks yang berisi petunjuk atau langkah-langkah dalam melakukan sesuatu dengan runtut dan benar. Selain itu, pelajar juga dapat mengetahui bagaimana ciri-ciri, unsur kebahasaan, struktur, dan jenis teks prosedur. Dengan adanya artikel ini, dapat memudahkan para pelajar dalam memahami materi tentang teks prosedur. Dan sedikit saran dari saya, sebaiknya dalam artikel ini diberikan beberapa contoh teks prosedur yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.

  • Farah Assyifa Q
    Farah Assyifa Q April 20, 2021 at 8:43 AM

    Nama : Farah Assyifa Qothrunnada
    Kelas : PCP IPS 1
    Absen : 20

    Menurut saya artikel ini sangat membantu bagi para pelajar dalam memahami materi Teks Prosedur. Dalam artikel diatas sudah dibahas secara lengkap dan jelas mengenai pengertian teks prosedur, ciri-ciri teks prosedur, struktur teks prosedur, unsur kebahasaan teks prosedur, sampai jenis-jenis teks prosedur. Tata bahasanya juga baik dan mudah dimengerti bagi para pelajar. Artikel ini bisa menjadi referensi bacaan mengenai teks prosedur
    Terima kasih

  • Lisa Kurnia Anggraeni Damayanti
    Lisa Kurnia Anggraeni Damayanti April 20, 2021 at 9:17 AM

    Artikel ini bisa menjadi salah satu media referensi pembelajaran bagi pembaca khususnya peserta didik. Apalagi, pada saat pendemi seperti ini, yang mengharuskan peserta didik belajar di rumah. Artikel ini menjelaskan materi teks prosedur dengan menggunakan bahasa yang mudah dipahami, ringkas, detail, dan menarik. Perlu diingat, penulisan artikel yang menarik akan membuat pembaca tertarik. Tetapi, ada beberapa kata yang salah dalam penulisan atau pengetikan, seperti pada kata tandi (yang benar adalah tandai), runut (yang benar adalah runtut), faktai (yang benar adalah fakta), pemulisan (yang benar adalah penulisan), dan selnjutnya (yang benar adalah selanjutnya). Maka dari itu, sebelum mengupload suatu artikel di media sosial atau internet, harus dilakukan kegiatan penyuntingan, baik menyangkut ejaan, tanda baca, dan lain-lain. Hal itu dilakukan supaya artikel yang dibuat menjadi lebih sempurna.

    Berikut rangkuman dari artikel di atas.
    1. Pengertian Teks Prosedur
    Teks prosedur adalah suatu…

  • Mayla Zahro
    Mayla Zahro April 20, 2021 at 9:29 AM

    Menurut pendapat saya artikel diatas sangat membantu memudahkan para pelajar untuk memahami tentang teks prosedur. Materi yang diberikan diatas sangat jelas, lengkap dan mudah dimengerti. Isinya pun lengkap terdapat pengertian teks prosedur, ciri ciri teks prosedur, struktur teks prosedur, unsur kebahasaan teks prosedur dan jenis teks prosedur. Menggunakan bahasa yang mudah dimengerti, padat dan sangat jelas. Saran saya akan lebih mudah dipahami bila diberi contoh teks prosedur supaya lebih memudahkan untuk referensi belajar.
    Nama : Mayla Az Zahro
    Kelas : PCP IBB
    Absen : 25

  • Nailatulloh Saffana Annajiha
    Nailatulloh Saffana Annajiha April 20, 2021 at 9:58 AM

    Menurut saya, artikel ini sangat cocok sebagai bahan referensi materi pembelajaran para murid seperti saya. Dalam artikel ini, sudah dijelaskan secara rinci dan rapi mengenai teks prosedur sehingga mudah dipahami oleh saya.
    Dari artikel ini, saya dapat menyimpulkan bahwa teks prosedur adalah teks yang berisi tentang petunjuk atau langkah-langkah untuk melakukan suatu pekerjaan tersebut secara runtut dan benar. Tidak hanya pengertian, tetapi disini juga dijelaskan tentang ciri-ciri, struktur, unsur kebahasaan, dan jenis teks prosedur.
    Nama: Nailatulloh Saffana Annajiha
    Kelas: PCP IBB
    No. Absen: 26

  • Ervina Dwi Anatasya
    Ervina Dwi Anatasya April 20, 2021 at 9:59 AM

    Menurut pendapat saya artikel ini sangat membantu para pelajar untuk mengetahui tentang teks prosedur, dan memudahkan para pelajar untuk belajar melalui internet. Artikel di atas membahas tentang pengertian teks prosedur, ciri-ciri teks prosedur, sturktur teks prosedur, unsur kebahasaan teks prosedur, dan jenis-jenis teks prosedur yang diketik dengan bahasa yang jelas, padat, rapi dan para pembaca dapat mengerti isi artikel tersebut. Saran saya untuk artikel ini sebaiknya diberikan contoh-contoh teks prosedur agar lebih memudahkan lagi untuk refrensi belajar.

    Nama: Ervina Dwi Anatasya
    Kelas: PCP MIPA 1
    No. Absen: 04

  • Dwi Yunia Shandra
    Dwi Yunia Shandra April 20, 2021 at 10:26 AM

    menurut saya, artikel ini sangat membantu para pelajar yang ingin membaca serta memahami materi teks prosedur. Artikel ini menggunakan bahasa yang mudah dipahami, sehingga akan memudahkan pelajar dalam mempelajari materi teks prosedur. Artikel ini juga sangat lengkap, dari pengertian, ciri-ciri, struktur teks, unsur kebahasaan hingga jenis-jenis teks prosedur.
    Namun, masih ada beberapa kesalahan penulisan dalam artikel ini. Menurut saya akan lebih baik lagi apabila pada jenis-jenis teks prosedur diberi contoh teksnya juga

    Nama : Dwi Yunia Shandra A
    Kelas : PCP IPS 1
    Absen : 19

  • Aynun Suci
    Aynun Suci April 20, 2021 at 12:14 PM

    Menurut saya, artikel ini sangat membantu untuk para pelajar dalam memahami materi online seperti sekarang. Materi yang disajikan cukup jelas dan tidak terlalu panjang sehingga dapat cepat memahami inti dari yang dibahas. Penjelasan yang dipaparkan seperti struktur teks prosedur, kebahasaan teks prosedur, dan jenis teks prosedurnya juga sangat membantu dan gampang untuk dimengerti. Semua isi yang disajikan dalam pembahasan tersebut sudah lengkap. Namun menurut saya, alangkah lebih baik jika terdapat contoh di setiap jenis teks prosedurnya.

    Nama : Aynun Suci N.A.
    Kelas : MIPA 1
    Absen : 02

  • Rachma yn
    Rachma yn April 20, 2021 at 1:30 PM

    Penjelasan mengenai teks prosedur pada artikel ini sangat rapih dan tidak berbelit belit, bahasa yang digunakan ringan dan mudah untuk dipahami umum khususnya para pelajar sebagai media belajar mereka, meskipun pembahasannya cukup umum dan ringkas namun poin poin yang disampaikan dapat dengan mudah untuk dicerna, penulis juga menambahkan poin poin yang mungkin tidak banyak orang tau sehingga dapat menambah wawasan tentang materi ini.
    Berikut ringkasan dari artikel diatas:
    ●Pengertian Teks Prosedur, teks yang berisi petunjuk/langkah langkah melakukan sesuatu dengan benar.

    ●Ciri-ciri Teks Prosedur:
    A. Berisi kalimat panjang yang menjelaskan step by step
    B. Banyak menggunakan kalimat saran
    C. ada kalimat larangan
    D. Susunan rapi dan sistematis
    E. Tiap kata yang sudah disusun dan ditulis dalam teks berisi informasi yang sifatnya objektif
    F. Penulis selalu memberikan poin dan angka pada setiap poin yang perlu dijelaskan lagi

    • Struktur Teks Prosedur
    1. Judul
    2. Pernyataan umum / orientasi
    3. Langkah…

  • Novandha Aura R
    Novandha Aura R April 20, 2021 at 5:57 PM

    Menurut saya artikel ini sangat cocok untuk media pembelajaran online saat ini. karena dengan adanya artikel ini para pelajar tak perlu lagi kesulitan mencari informasi pembelajaran. Saya yakin para pelajar akan sangat terbantu dengan adanya artikel ini

    Berikut beberapa rangkuman yang saya dapat dari artikel ini tentang Teks Prosedur
    ●Pengertian Teks Prosedur, teks yang berisi petunjuk/langkah langkah melakukan sesuatu dengan benar.

    ●Ciri-ciri Teks Prosedur:
    A. Berisi kalimat panjang yang menjelaskan step by step
    B. Banyak menggunakan kalimat saran
    C. ada kalimat larangan
    D. Susunan rapi dan sistematis
    E. Tiap kata yang sudah disusun dan ditulis dalam teks berisi informasi yang sifatnya objektif
    F. Penulis selalu memberikan poin dan angka pada setiap poin yang perlu dijelaskan lagi

    • Struktur Teks Prosedur
    1. Judul
    2. Pernyataan umum / orientasi
    3. Langkah-langkah
    4. Alat dan bahan
    5. Penutup

    • Unsur kebahasaan Teks Prosedur
    1. Kata kerja perintah
    2. Istilah
    3. Konjungsi
    4. Persuasif
    5. Perincian

    • Jenis T…

  • Mutiara Na’imah
    Mutiara Na’imah April 20, 2021 at 8:12 PM

    Menurut saya, Artikel tentang teks prosedur ini cukup ringkas, baik, dan sangat mudah untuk di mengerti. Bahasa yang digunakan ringan, membuat siapapun yang membacanya tidak akan bingung dengan isi dari poin poin penting teks prosedur tersebut. Diantaranya terdapat pembahasan tentang pengertian teks prosedur, ciri-ciri teks prosedur, struktur teks prosedur, unsur kebahasaan teks prosedur, dan jenis-jenis teks prosedur. Tapi sayangnya tidak terdapat contoh disetiap teks prosedurnya, membuat sang pembaca bertanya tanya, dan tidak leluasa untuk memahami teks prosedur tersebut. Mungkin sebaiknya jika ditambahkan beberapa contoh akan lebih baik lagi. Terimakasih☺️

    Nama : Mutiara Na'imah
    Kelas : PCP MIPA 1
    No absen : 05

  • Suci Alifia Anggraeni
    Suci Alifia Anggraeni April 20, 2021 at 9:06 PM

    This comment has been removed by the author.

  • Suci Alifia Anggraeni
    Suci Alifia Anggraeni April 20, 2021 at 9:26 PM

    Dengan kemajuan teknologi saat ini, media belajar menjadi semakin mudah diakses dan dapat memberikan banyak informasi serta dapat dimanfaatkan sebagai referensi belajar. Salah satunya artikel ini, artikel ini membahas materi teks prosedur secara jelas dan mudah dipahami oleh pembacanya. Artikel ini menjelaskan secara rinci mengenai materi teks prosedur yaitu dimulai dari apa itu pengertian dari teks prosedur, ciri - ciri dari teks prosedur, struktur dari teks prosedur, unsur kebahasaan teks prosedur, serta jenis dari teks prosedur. Bahasa yang digunakan pada artikel ini menggunakan bahasa yang mudah dimengerti. Namun masih terdapat beberapa kata yang salah pengetikan serta kurangnya contoh dari teks prosedur. Saya rasa jika diberikan contoh dari teks prosedur maka akan lebih mudah diterima serta dipahami oleh pembaca. Terima kasih.

    Nama : Suci Alifia Anggraeni
    Kelas : PCP IPS 1
    Absen : 22

  • Thania Resti Imelda
    Thania Resti Imelda April 20, 2021 at 9:36 PM

    Setelah membaca artikel ini, saya menjadi lebih paham tentang apa yang dimaksud dengan teks prosedur. Menurut saya, materi pada artikel ini terbilang cukup detail namun tetap ringkas dan tidak bertele - tele. Penjelasannya juga dikemukakan secara runtut dan setiap pointnya diberi deskripsi singkat untuk menambah pemahaman serta beberapa saran dari penulis untuk membantu pembaca ketika akan membuat suatu teks prosedur sendiri. Sehingga siapapun yang membacanya akan dapat mengerti dengan mudah isi dari artikel ini yaitu Teks Prosedur.

    Jadi, saya sangat merekomendasikan artikel ini sebagai referensi dan media pembelajaran bagi para siswa yang sekarang sedang belajar secara daring karena situsnya yang mudah diakses serta materinya yang lengkap .

    Berdasarkan pemahaman saya dari materi di atas, berikut adalah rangkumannya.
    ●Pengertian Teks Prosedur :
    Teks yang berisi petunjuk/langkah langkah melakukan sesuatu dengan benar.

    ●Ciri-ciri Teks Prosedur:
    A. Berisi penjelasan step by step
    B. Banyak …

  • yulfaaura
    yulfaaura April 20, 2021 at 9:46 PM

    Menurut saya cara penyajian materi pada artikel ini sangat mudah dipahami dan tidak berbelit-belit. Bahasanya ringan namun tetap baku. Artikel ini sangat cocok dijadikan sebagai referensi bacaan untuk menambah pengetahuan, terutama bagi para pelajar. Isinya juga lengkap mulai dari pengertian, struktur, jenis, ciri-ciri, hingga struktur kebahasaan. Namun akan lebih bagus lagi jika terdapat contoh dari teks prosedur, sehingga nanti kita tidak perlu berpindah-pindah ke website lain untuk mencari contohnya. Untuk poin-poin penjelasannya tidak bertele-tele, singkat, namun mudah dicerna.

    Yulfa Aura Dita (16)_PCP MIPA 5'20

  • ceciliadinda
    ceciliadinda April 20, 2021 at 9:56 PM

    Teks prosedur memudahkan kehidupan manusia. Dengan adanya teks prosedur, untuk melakukan sesuatu yang belum diketahui caranya akan lebih mudah karena dipandu oleh teks prosedur dengan langkah-langkah yang singkat, jelas, dan rinci. Ternyata sama seperti teks lainnya, teks prosedur juga memiliki ciri khusus yang membedakannya dengan teks lain. Selain itu struktur teks prosedur juga tidak banyak sehingga tidak membuat bingung. Bagian isi yang dibuat dalam bentuk poin-poin membuat teks prosedur tidak membosankan.

    Artikel ini membantu sekali untuk belajar tentang materi teks prosedur. Teksnya dibagi dalam bentuk poin-poin utama sehingga memudahkan pemahaman.

    Dinda Cecilia (03)
    PCP MIPA 1

  • Yasmin Breva K.S
    Yasmin Breva K.S April 20, 2021 at 11:51 PM

    Artikel mengenai teks prosedur diatas sangatlah mudah untuk dipahami dan tidak trlalu sulit juga untuk dilakukan oleh karena itu kita juga harus membacanya dengan seksama agar memenuhi perintah yang tersedia dan agar tidak terjadi kesalahan atau hal - hal yang tidak diinginkan dan merugikan. Dan bagi para murid-murid atau pelajar sangat mudah untuk memahami artikel mengenai materi teks prosedur ini karena tidak ada kata yang kurang dipahami sehingga memudahkan dalam belajar, baik dari pengertian, ciri-ciri, unsur kebahasaan, jenis-jenis, tetapi mungkin lebih efektif lagi bila dalam artikel materi teks prosedur ini disertakan contoh mengenai teks prosedur agar lebih mudah dimengerti.
    Yasmin Breva Khansa Sabrina/15/PCP MIPA 4

Add Comment
comment url