Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Panduan Bisnis Jasa Penerjemah Tersumpah yang Sukses dan Menguntungkan

Jasa penerjemah tersumpah sangat dibutuhkan untuk menerjemahkan berbagai jenis dokumen mulai dari penelitian, akademis, kesehatan, bisnis, hingga cerita fiksi. Penerjemah yang memberikan jasanya untuk menerjemahkan dokumen harus memiliki sertifikat resmi. 

Apa Itu Jasa Penerjemah?

bisnis jasa penerjemah tersumpah

Sesuai namanya, jasa penerjemah adalah orang yang memiliki tugas utama untuk menerjemahkan dokumen tertentu dari satu bahasa ke bahasa lainnya. Jasa penerjemah banyak dicari oleh para pelaku bisnis, traveller, penulis, pencari beasiswa, hingga pencari kerja di tingkat profesional. 

Agar bisa memahami dokumen, video, maupun ucapan dari native speaker negara lain, maka dibutuhkan bantuan dari jasa penerjemah untuk membantu menjembatani. Jasa penerjemah tidak hanya sekedar translate kata per kata layaknya Google Translate. 

Penerjemah juga harus memahami dengan baik isi dan konteks dokumen yang diterjemahkan agar tidak menimbulkan multi transfer. Memanfaatkan jasa penerjemah biasanya ditentukan oleh masing-masing individu atau organisasi. Jika Anda belum merasa fasih, maka jasa penerjemah adalah solusi.

Jenis-jenis Jasa Penerjemah 

Jasa penerjemah pada dasarnya bisa dibedakan menjadi beberapa jenis tergantung tugas dan tanggung jawab yang diembannya. Berikut ini beberapa jenis jasa penerjemah yang bisa dimanfaatkan jasanya, di antaranya:

1. Jasa Penerjemah Tersumpah

Penerjemah tersumpah telah bersumpah dihadapan pihak yang mengambil sumpah dengan. Penerjemah tidak boleh melakukan pelanggaran seperti menerima suap dan bertindak tidak jujur. Jasa penerjemah tersumpah biasanya diperlukan untuk menerjemahkan dokumen-dokumen legal.

Penerjemah tersumpah (sworn translator) harus dinyatakan lulus Ujian Kualifikasi Penerjemah (UKP) dengan nilai sertifikat A (80 – 100). Ujian biasanya dilaksanakan di universitas-universitas yang telah bekerja sama dengan pihak pemerintah. 

2. Jasa Penerjemah Reguler

Jasa penerjemah tersumpah murah bisa dibilang cukup langka dibandingkan dengan yang reguler atau non-sworn translator. Harga yang ditawarkan tentu lebih terjangkau dibandingkan dengan biaya jasa penerjemah tersumpah. Namun, pada dasarnya mereka memiliki kemampuan yang sama. 

Baca Juga: Bisnis Ini Cocok untuk Pelajar

Pada umumnya, jasa penerjemah reguler juga sanggup mengerjakan berbagai jenis dokumen. Mulai dari buku, konten website, jurnal, artikel media massa, dan lainnya. Sayangnya terbatas pada dokumen yang umum (non-confidential) dan bukan corporote atau dokumen kerahasiaan tertentu. 

3. Jasa Penerjemah Native (Penutur Asli)

Sesuai namanya, jasa penerjemah native merupakan penerjemah yang berasal dari suatu negera tertentu untuk menerjemahkan dokumen dari bahasa lain ke bahasa mereka. Penerjemah asli cenderung lebih dipercayai karena mereka lebih memahami kosakata yang tepat saat translate. 

Sebagai contoh, ada orang Prancis yang memiliki kemampuan bahasa yang baik dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Penerjemah tersebut akan mengerjakan proyek untuk menerjemahkan berbagai dokumen berbahasa Indonesia maupun Inggris ke dalam bahasa Prancis. 

Tips Memilih Jasa Penerjemah Tersumpah Terpercaya

Memilih kantor untuk bisnis jasa penerjemah tersumpah terkadang memang susah-susah gampang. Hal ini dikarenakan tidak semua jasa penerjemah tersumpah bahasa Arab maupun bahasa lainnya memiliki kualitas yang bagus. Bagaimana tips memilih jasa penerjemah terpercaya?

1.      Cepat dan Tepat

Tidak hanya bisa menerjemahkan dokumen dengan cepat, namun ketepatan penerjemahan juga sangat penting untuk menjadi pertimbangan dalam memilih jasa penerjemah tersumpah terdekat. Penting untuk melihat portofolio dari penerjemah yang akan Anda pilih. 

Dari portofolio tersebut, Anda akan mengetahui kualitas ketepatan penerjemahan bahasa asing yang mereka kerjakan. Tepat tapi lama dalam pengerjaan tentu kurang dalam memenuhi kualitfikasi Anda. Sehingga penting untuk menanyakan berapa tenggang waktu yang bisa mereka kerjakan.

2. Kerahasiaan Dokumen Terjamin dengan Baik

Penerjemah tersumpah adalah mereka yang telah disumpah oleh pengambil sumpah agar mereka bertindak jujur dalam profesinya dan tidak melakukan pelanggaran. Apapun jenis dokumen yang butuh diterjemahkan, Anda tetap harus memilih jasa penerjemah dokumen tersumpah. 

Baik itu dokumen legal untuk corporate, pemerintahan, maupun dokumen biasa yang non-confidential. Kerasiahaan dokumen tetap harus dijaga dengan baik agar tidak mudah disebarluaskan oleh penerjemah. Itulah mengapa mencari jasa penerjemah yang telah disumpah sangat disarankan.

3. Profesional dan Berpengalaman

Memilih jasa penerjemah sebisa mungkin harus yang sudah berpengalaman dan profesional di bidangnya. Tujuannya agar Anda dapat melihat bagaimana kualitas hasil terjemahan yang telah mereka kerjakan untuk klien-klien sebelumnya. 

Selain dengan melihat profesionalitas seorang penerjemah dari portofolio yang mereka berikan, Anda juga perlu melihat testimoni dari klien yang telah bekerjasama dengan penerjemah tersebut. Tolak ukur kualitas penerjemah juga dapat dilihat dari tampilan website yang ditunjukkan. 

4. Tersedia Layanan Revisi

Meskipun jasa penerjemah yang Anda pilih telah berpengalaman di bidangnya dan terbukti bagus kualitasnya, bukan berarti hasil terjemahan 100% sempurna seperti yang diekspektasikan. Mereka juga bisa saja membuat kesalahan meskipun dalam jumlah yang sangat minim. 

Bisa jadi ketidaksesuaian tersebut dikarenakan gaya bahasa dan style terjemahan mereka berbeda dengan ekspektasi Anda. Untuk itu penting agar memilih jasa penerjemah tersumpah yang juga menyediakan layanan revisi sehingga hasil terjemahan mereka benar-benar sesuaik keinginan klien. 

5. Harga Terjangkau dengan Kualitas Memukau

Harga yang mahal tidak selalu menjamin kualitas yang sesuai dengan ekspektasi Anda. Karena bisa jadi style jasa penerjemah tersebut berbeda dengan yang diinginkan. Untuk itu harga jasa penerjemah tersumpah bukanlah faktor utama untuk memilih jasa penerjemah yang tepat. 

Akan lebih baik jika bisa menemukan jasa penerjemah dengan harga yang terjangkau namun kualitas tetap bagus dan seperti yang diharapkan. Harga jasa penerjemah tersumpah biasanya memang lebih mahal dibandingkan yang reguler. Namun, jaminan kelegalan dan kualitas tentu lebih bagus. 

Keahlian yang Harus Dimiliki Jasa Penerjemah Tersumpah

Tidak semua orang bisa melakukan jasa penerjemah tersumpah karena untuk menekuni profesi ini tentu dibutuhkan keahlian khusus seperti bahasa asing dan pemahaman kosa kata yang baik. Jika Anda mulai mempertimbangkan untuk menjadi translator di masa depan, pelajari skill-skill berikut ini:

1.    Membaca dan Menerjemahkan

Jasa penerjemah memiliki tanggung jawab utama untuk menerjemahkan dokumen dalam suatu bahasa untuk diterjemahkan ke bahasa lainnya. Sebelum menerjemahkan dokumen tersebut, seorang penerjemah tentu harus memiliki kemampuan membaca dan memahami dokumen. 

Tanpa kemampuan tersebut, seorang translator akan kesulitan untuk menerjemahkan dokumen tersebut ke dalam bahasa yang lebih mudah dipahami oleh orang lain. Dalam membaca tidak hanya dibutuhkan kemampuan membaca cepat, namun bagaimana memahami setiap kalimat dan paragraf.

2. Menulis dan Mengedit Salinan

Dengan menjadi seorang translator, seseorang harus menulis kembali dokumen yang mereka baca ke dalam bahasa lain yang diinginkan oleh klien. Otomatis seorang penerjemah harus memiliki kemampuan untuk menulis dengan baik. 

Proses penerjemahan pun tidak cukup selesai dengan selesainya proses penulisan dengan bahasa yang telah diterjemahkan. Penerjemah yang berkualitas harus mengedit hasil terjemahannya agar kosa katanya sesuai dengan pemahaman orang yang menggunakan bahasa tersebut. 

3. Fasih Bahasa Asing

Seperti diketahui bahwa tugas utama seorang penerjemah adalah menerjemahkan dokumen ke dalam bahasa asing tertentu sesuai permintaan klien. Penerjemah harus memiliki kemampuan bahasa asing seperti yang diinginkan klien agar dapat menerjemahkan dokumen tersebut. 

Beberapa bahasa asing bahkan ada yang memiliki penulisan yang berbeda seperti dalam bahasa Korea, Jepang, dan Mandarin. Seorang penerjemah yang berkualitas harus bisa menguasai kemampuan bahasa asing baik secara verbal maupun tulisan. 

4. Komunikasi yang Baik

Komunikasi adalah kunci penting bagaimana seorang penerjemah memahami setiap kata dan kalimat yang diucapkan orang asing hingga harus diterjemahkan ke bahasa lain. Kemampuan komunikasi ini sangat diperlukan ketika penerjemah bertemu dengan klien native speaker langsung. 

Kemampuan komunikasi ini juga diperlukan untuk menangani konsultasi klien yang menggunakan bahasa asing. Sebagai contoh, Anda orang Indonesia dan harus menerjemahkan dokumen klien dari Jepang. Tentu Anda harus bisa berkomunikasi dalam bahasa Jepang dengan baik. 

5. Keterampilan IT

Berbagai aplikasi yang bisa digunakan untuk menerjemahkan bahasa asing tertentu bisa diunduh dengan mudah melalui smartphone. Seseorang yang memiliki kemampuan untuk menerjemahkan dokumen ke dalam bahasa tertentu juga bisa mengembangkan kemampuannya di bidang ini. 

Mereka bisa mengembangkan kemampuannya dan menggunakan program komputer terjemahan untuk membuat aplikasi atau website yang dibutuhkan pengguna pada umumnya. Tentu saja kemampuan IT dalam hal ini juga harus diiringi dengan kemampuan bahasa asing. 

Membangun bisnis jasa penerjemah tersumpah yang berkualitas sangat penting untuk dilakukan agar mendapatkan hasil terjemahan yang maksimal. Anda bisa mengikuti tips-tips di atas untuk menemukan jasa penerjemah yang tepat dan sesuai ekspektasi. 

Post a Comment for "Panduan Bisnis Jasa Penerjemah Tersumpah yang Sukses dan Menguntungkan"

Berlangganan via Email