Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Teks Laporan Hasil Observasi : Pengertian, Ciri, Fungsi, Struktur dan Unsur Kebahasaan

Teks laporan hasil observasi bukanlah hal asing lagi bagi penuntut ilmu setingkat mahasiswa. Apalagi setiap ada penelitian mereka akan selalu membuat catatan laporannya dengan metode ini.  Pembuatannya juga tidak bisa asal-asalan. Semuanya membutuhkan analisa dan urutan jelas. Namun, bagaimana jika yang harus membuat adalah siswa SMA?

Pengertian Teks Laporan Hasil Observasi 

materi teks laporan hasil observasi

Definisi teks laporan observasi adalah laporan yang berfungsi memberikan sebuah informasi mengenai detail suatu keadaan situasi suatu lokasi ataupun objek benda. Kegiatan observasi sendiri pastinya sering dilakukan oleh orang-orang untuk segala macam hal. Intinya adalah pengamatan. 

Pengertian teks LHO tersebut bisa didapatkan karena peneliti sudah melakukan berbagai tahapan terlebih dahulu. Ada investigasi serta urutan penelitian secara sistematis adalah dua rangkaian tidak boleh dilupakan. Dari situlah bisa diperoleh hasil riset mendalam dan disusun menurut sudut pandang keilmuan. 

Teks LHO ini nantinya akan menjadi sebuah rujukan agar seorang peneliti agar bisa mendeskripsikan sebuah kondisi atau objek secara jelas. Semua rangkuman di dalamnya sudah ditulis berdasarkan ilmu pengetahuan. Dari pemetaan sampai problem solving. 

MATERI BAHASA INDONESIA KELAS X SEMESTER GANJIL LAINNYA
TEKS EKSPOSISI
TEKS ANEKDOT
TEKS HIKAYAT

Karakteristik Ciri-Ciri Teks Laporan Hasil Observasi 

Ciri teks LHO berbeda dengan laporan lainnya. Di dalamnya terdapat ciri yang menjadi pembeda. Hal ini pastinya sangat berguna bagi Anda yang sedang mencari sumber untuk membuat teks observasi pertama kali, agar tidak terjadi kesalahan dan harus mengulang lagi dari proses awal. Berikut adalah karakteristik ciri-ciri teks laporan hasil observasi.

  1. Laporan hasil observasi biasanya ditulis secara lengkap mendetail dan sempurna. Nantinya laporan inilah yang akan jadi landasan pengetahuan informasi dari sebuah keadaan suatu tempat maupun objek tertentu. 
  2. Laporan hasil observasi juga bersifat objektif, menyeluruh. Hasil dari investigasi ataupun research bisa dipakai untuk kepentingan global serta universal.  Artinya tidak hanya pada satu golongan saja, semua orang bisa merasakan. 
  3. Dituliskan berdasarkan fakta yang ada di lapangan. Jadi peneliti tidak mungkin menuliskan hasil dalam laporan secara keliru. Hasil investigasi dan penelitian secara sistematis benar-benar diberikan secara lengkap dan detail, sehingga pembaca benar-benar bisa percaya.
  4. Informasinya merupakan hasil penelitian paling update. Secara berkala peneliti akan melakukan investigasi kembali pada tempat atau objek tersebut. Semuanya dilakukan karena demi kebutuhan dan juga kepentingan lingkungan sekitar.
  5. Dalam teks laporan observasi tidak pernah ada prasangka atau suatu dugaan menyimpang terhadap hasil dari investigasi tersebut. Hal ini tentu saja tidak sejalan dengan tujuan dari pembuatan laporan observasi itu sendiri. Semuanya ditulis berdasarkan fakta.
  6. Tidak adanya penutup maupun kesimpulan dari hasil observasi itu sendiri. Semuanya murni hanya sebuah laporan dari peneliti untuk memberikan informasi berdasarkan dengan analisis serta investigasinya. Tidak ada pengurangan atau penambahan detail informasi.
  7. Sebuah teks laporan observasi biasanya juga membuat tulisannya ringan agar pembaca bisa menangkap detail informasi di dalamnya. Semuanya akan dikelompokkan ke dalam jenis atau ciri yang sama dalam keadaan secara umum. 
  8. Isi dari teks laporan observasi ini juga sangat berbobot. Diksi atau pemilihan kata terkesan menarik, sehingga membuat pembacanya merasa tertarik berlama-lama membaca. Susuanannya juga logis dan sistematis, tidak akan membuat kebingungan. 

Tujuan Teks Laporan Hasil Observasi 

infografis teks laporan hasil observasi

Teks laporan observasi dibuat bukan tanpa suatu tujuan. Sebagai seorang peneliti pastinya selalu ingin memberikan sebuah informasi kepada masyarakat luas. Dengan langkah ini tentunya bisa jadi salah satu jembatan bagi para peneliti menyuguhkan fakta kondisi suatu lokasi ataupun objek. Berikut adalah pemaparan singkat mengenai tujuan teks laporan hasil observasi.

  1. Biasanya observasi juga bisa dijadikan suatu problem solving atas suatu persoalan. Saat melakukan penelitian pastinya mereka juga akan memeriksa beberapa bagian yang dilaporkan ada masalah. Semuanya akan terjawab berdasarkan data dan fakta.
  2. Hasil observasi juga bisa dijadikan jalan untuk menemukan metode atau teknik terbaru. Nantinya teknik ini akan dipakai lagi untuk penelitian sebuah masalah agar menghasilkan manfaat bagi masyarakat luas. 
  3. Perkembangan teknologi di era sekarang ini juga tidak luput dari peran berbagai peneliti. Mereka tidak hentinya melakukan berbagai analisis serta investigasi untuk observasi suatu tempat agar terus ada perbaikan dari bidang-bidang tersebut. 
  4. Jika sedang ada permasalah yang pelik dan dirasa sulit biasanya para peneliti akan langsung mengadakan research untuk langkah observasi. Dengan begini akan mulai terjadi perkembangan dari suatu permasalahan tersebut. Fakta dan data yang di dapat membantu cari jalan keluar

Struktur Teks Laporan Observasi 

Untuk bisa mendapatkan teks laporan observasi yang benar dan sempurna tentunya Anda  harus mengikuti kaidah struktur aturan yang jelas. Nantinya struktur ini akan membentuk tulisan laporan menjadi mudah dipahami oleh pembaca. Jadi penulis juga tidak asal-asalan saja. Berikut adalah struktur teks laporan hasil observasi.

1. Pernyataan Umum

Selanjutnya yang perlu dilakukan adalah masuk ke bagian pernyataan umum. Pada bagian ini Anda akan mulai menjelaskan secara detail suatu objek yang sudah diamati sebelumnya. Bagaimana keterangan data-datanya. Semua fakta akan diuraikan secara gamblang dan jelas. 

Bagian ini pada umumnya menjelaskan mengenai pengertian maupun informasi dasar dari objek yang diamati.

2. Deskripsi Bagian

Deskripsi bagian dalam teks laporan hasil observasi biasanya berupa pemaparan segmental terperinci dari objek atau tempat yang diamati. Misal Anda sedang mengamati objek berupa "kucing", maka pemaparan yang ada dalam deskripsi bagian, yaitu habitat, jenis, makanan, maupun cara beradaptasi dari objek tersebut.

3. Deskripsi Manfaat

Deskripsi manfaat dalam teks laporan hasil observasi berupa penjelasan mengenai kegunaan atau fungsi dari objek yang diamati. Sebagai contoh, dengan tetap memakai objek "kucing", maka pembahasan yang tepat dan terarah harusnya mengenai fungsi dan kegunaan kucing sebagai hewan peliharaan.

Setelah membuat sebuah kesimpulan dari pernyataan tersebut, maka Anda tinggal proof reading atau membaca ulang semua bagian laporannya. Jangan sampai ada kesalahan sekecil apapun. Gunakan tools aplikasi untuk membantu pekerjaan lebih cepat selesai.

Fungsi dari Teks Laporan Observasi 

Fungsi teks LHO dapat diaplikasikan secara maksimal apabila dibuat dengan sempurna. Apalagi dalam pembuatannya tidak boleh ada kesalahan, para peneliti berharap dengan adanya teks ini maka banyak orang merasa terbantu. Ini dia beberapa fungsi dari teks laporan observasi.

  1. Sebuah teks laporan observasi biasanya dibuat untuk kepentingan bersama. Dimana nantinya hasil dari rangkaian analisa serta investigasi tersebut bisa jadi sumber terpercaya. Semua orang bisa menjadikannya bahan acuan untuk ilmu pengetahuan atau kepentingan positif lainnya.
  2. Selain sebagai acuan bisa juga digunakan untuk dokumentasi keadaan lokasi atau objek tersebut. Contohnya ketika sedang meneliti sebuah bangunan bersejarah, semua hasil observasi baik berupa tulisan maupun video bisa jadi sumber dokumentasi untuk masa mendatang. 
  3. Dengan dibuatnya sebuah teks laporan observasi bisa dijadikan bukti atas suatu pengamatan. Biasanya para mahasiswa sering ditugaskan untuk melakukan penelitian terbaru, kemudian hasilnya dijadikan satu rangkuman dalam teks laporan observasi tersebut.
  4. Menjelaskan suatu dasar penyusunan kebijaksanaan, serta pemecahan suatu masalah besar dari pengamatan juga menjadi salah satu fungsi dari laporan observasi. Anda beserta rekan kerja bisa bekerja sama untuk mencoba menemukan pengalaman baru dalam investigasi pengamatan. 

Unsur Kebahasaan Teks Laporan Hasil Observasi

  1. Kata
  2. Frasa
  3. Verba
  4. Nomina
  5. Afiksasi
  6. Kalimat Definisi dan Deskripsi
  7. Kalimat Simpleks dan Kalimat Kompleks

Itulah penjelasan mengenai materi teks laporan observasi yang kerap dilakukan. Tanpa disadari dari langkah analisa kemudian investigasi dan akhirnya menghasilkan manfaat bagi ilmu pengetahuan. Dampaknya tentu sudah dirasakan oleh masyarakat luas.

Post a Comment for "Teks Laporan Hasil Observasi : Pengertian, Ciri, Fungsi, Struktur dan Unsur Kebahasaan"

Berlangganan via Email