Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Memilih Jurusan Kuliah : Prospek Jurusan Teknik Informatika (TI)

jurusan kuliah dengan potensi penghasilan tinggi

Bukan hal yang mudah saat kita menentukan pilihan jurusan yang tepat saat akan masuk di dunia perkuliahan. Nyatanya, banyak orang yang gagal saat mereka tidak mempunyai pemikiran yang tepat saat memilih jurusan. Oleh karena itu, Artikel Kami akan membahas Tips Memilih Jurusan Kuliah Yang Tepat agar tidak menyesal nantinya.

Tips Memilih Jurusan Kuliah 

Namun, tidak selalu pilihan jurusan menentukan karier seseorang, banyak orang melakukan pekerjaan tidak sejalan dengan bidang pendidikan yang mereka ambil. Maka dari itu, memilih jurusan kuliah harus memiliki banyak pertimbangan.


Kenali bakat atau hobi diri kalian, hal tersebut akan mempermudah menentukan jurusan yang akan kita ambil, apabila kita memilih jurusan yang sesuai dengan hobi kita, maka segala tugas dan aktivitas akan mudah dijalani.

Selain itu, menentukan peluang kerja juga sangat penting. Tentu semua orang menginginkan jurusan dengan penghasilan yang menjanjikan di masa depan nanti.

Namun disamping itu, kita juga harus melihat peluang kerja, sesuaikan dengan lingkungan sekitar, banyak membutuhkan SDM atau tidak, dan cari data tentang pekerjaan yang sesuai dengan jurusan yang kita pilih.  

Pastikan jurusan yang dipih dibutuhkan di masa depan dan mempunyai prospek kerja yang luas serta penghasilan yang menjanjikan di masa depan.


Profil Jurusan Teknik Informatika 

Salah satu fakultas yang mempunyai peluang kerja tinggi adalah Fakultas Ilmu Komputer. Fakultas Ilmu Komputer merupakan fakultas yang menaungi jurusan dengan prospek kerja yang luas. Contohnya, jurusan Teknik Informatika (TI).

Teknik Informatika ialah jurusan kuliah yang mempelajari tentang penerapan logika dan informasi yang ada pada komputer. Seperti yang kita ketahui, grafik peminat atau yang mendaftar ke jurusan ini meningkat dari tahun sebelumnya ke tahun berikutnya.

Bahkan, Fakultas Kedokteran yang banyak digemari atau fakultas favorit mulai tergeser. Banyaknya peluang atau prospek kerja yang menjamin di masa depan membuat kita harus extra dalam proses belajar, agar bisa masuk ke jurusan ini.

Di era milenial ini banyak sekali perusahaan yang menuntut pekerjanya untuk mengenal lebih dalam mengenai teknologi. Dimulai dari mengenal basis data, rekayasa perangkat lunak, dan masih banyak hal lain yang dapat menuntut kemajuan perusahaan tersebut.


Dalam jurusan Teknik Informatika ini, para mahasiswa diajarkan banyak sekali materi. Contoh materi dasarnya yaitu kita akan mengevaluasi kembali materi–materi pada saat kita duduk di bangku SMA, yaitu antara lain matematika, fisika dasar, kimia dasar, bahasa inggris, dan tata tulis karya ilmiah.

Dan bukan hanya itu, masih banyak materi yang lebih mendetail mengenai jurusan Teknik Informatika ini.Dibalik banyaknya materi yang diberikan pada jususan Teknik Informatika ini, banyak juga perusahaan yang membutuhkan pekerja yang memiliki skill khusus bagi mahasiswa lulusan jurusan Teknik Informatika.


Semakin banyaknya peluang pekerjaan bagi mahasiswa yang ada di jurusan Teknik Informatika, maka semakin banyak juga persaingan antara mahasiswa satu dengan mahasiswa lainnya. Dengan adanya persaingan ini kita dituntut untuk memiliki nilai IPK yang cukup atau lebih baik dari mahasiswa yang lain agar mendapatkan pekerjaan yang cocok dan layak untuk kita dapatkan.

Untuk mendapatkan nilai IPK yang bagus dapat dilakukan dengan berbagai cara, antara lain belajar dengan giat mulai dari semester awal, menjadi mahasiswa yang aktif, dan kerjakan tugas dari dosen dan mengumpulkannya tepat waktu, dan masih banyak hal yang dapat dilakukan untuk mendapatkan nilai IPK yang memuaskan.


Banyak hal yang dapat kita lakukan agar mendapatakan nilai IPK yang memuaskan, tetapi ada beberapa hal juga yang harus kita hindari agar nilai IPK yang kita peroleh tidak lebih rendah daripada nilai IPK dari rata-rata IPK mahasiswa lain yaitu tidak menjadi mahasiswa yang pemalas dan jarang bertanya mengenai materi yang sedang dibahas, kedua hal tersebut merupakan hal mendasar yang dapat menunjang kenaikan nilai IPK nanti pada saat kelulusan.


Sebagian orang menanggapi bahwa kuliah di jurusan TI sama dengan bunuh diri. Hal ini dikarenakan kuliah TI sangat sulit untuk dipahami dan tidak masuk akal di dunia kerja.
Sebenarnya pembelajaran yang sesungguhnya didapat di dunia kerja bukan di perkuliahan. Saat kuliah dituntut untuk memahami atau menguasai apa yang dipelajari, namun di dunia kerja diberikan lebih banyak dari yang ada di perkuliahan.


Dan sebagian orang lainnya menganggap bahwa menggeluti di dunia TI adalah hal yang mengasikkan karena teknologi tidak hanya mencakup komputer, softwarehardwarehandphone, mobil, motor, dll, dan karena sebagian orang menganggap semakin banyak tekanan akan semakin keras otak berpikir. Dalam jurusan ini juga dapat mengajarkan untuk membuat program, membuat sistem kasir, programme, web design, dan masih banyak lagi yang dapat digunakan dan dinikmati oleh banyak orang.


Banyak orang yang menganggap kuliah di jurusan TI bisa mengetahui segala hal mengenai komputer. Padahal pada dasarnya, jurusan TI lebih banyak mempelajari tentang software atau sering disebut perangkat lunak.

Banyak juga orang yang menganggap kuliah jurusan teknik bisa membantu membetulkan komputer atau ditanya merk komputer yang bagus dan murah. Banyak juga yang menganggap bahwa kuliah jurusan TI berbakat dalam hal desain animasi (adobe photoshop).

Banyak juga orang yang menganggap lulusan TI akan menjadi seperti Mark Zuckerberg, Steve Jobs, atau Bill Gates. Padahal mahasiswa di  jurusan TI diajarkan tentang seluk beluk pemrograman, rekayasa perangkat lunak, jaringan, hingga artificial intelligent atau kecerdasan buatan, pengembang aplikasi, praktisi IT termasuk database engineer dan games engineer.

Yang bertujuan sepaya lulusannya bisa membuat sistem yang cerdas dalam merespon situasi yang dapat diimplementasikan berupa robot, gadget, software, dan komputer.

Kekurangan dan Kelebihan Jurusan Teknik Informatika

Kuliah di jurusan TI memiliki banyak kelebihan, diantaranya : belajar mandiri karena jauh dari kampung halaman yang menuntut mahasiswa melakukan pekerjaan rumah sendiri, belajar bertanggung jawab atas kepercayaan yang telah diberikan orang tua dengan cara tidak membolos kuliah, bebas beraktivitas karena tidak ada kekangan dari orang tua dan dianggap dewasa sehinggga mampu menjaga diri dari pergaulan bebas, berwawasan luas karena bergaul dengan teman baru dapat mempelajari keberagaman daerah di Indonesia.

Belajar memahami logika komputer, mempelajari secara umum terkait ilmu TI dan bebas mendalami salah satu program/keahlian yang diminati karena TI tidak selalu terfokus di satu mata kuliah atau bahasa pemrograman, menjadi lulusan yang teliti; tekun; detil; kritis; rasional; terstruktur; senang berhitung; senang menganalusa; senang belajar mandiri; senang melakukan riset; serta senang memecahkan masalah.


Kuliah di jurusan TI juga memiliki kekurangan, diantaranya : menghabiskan banyak uang karena harus membayar uang kualiah; kos/kontrakan; uang jajjan, dll, termasuk mata kuliah yang sulit karena harus belajar ilmu dasar dari mata kuliah TI, dituntut lebih karena tuntutan orang tua yang menganggap dengan berkuliah mahasiswa akan memperoleh pekerjaan dengan gaji yang besar.

Prospek Kerja Jurusan Teknologi Informasi

Banyak sekali peluang dan prospek kerja lulusan kuliah jurusan TI, diantaranya :

1.       Full stack developer merupakan orang yang bekerja dalam berbagai bidang IT termasuk mengembangkan databaseserver, sistem engineering, maupun dari sisi client.

2.        Front end developer adalah programmer yang bertugas mengerjakan program yang langsung dilihat pengguna.yang harus dipelajari yaitu mengenai HTML, CSS, dan pemrograman JavaScript.

3.        Back end developer adalah programmer yang bertugas dibelakang layar. Bahasa pemrogramannya seperti Java, PHP, Ruby, Python, JavaScript.

4.       Blogger untuk lulusan TI yang suka dunia kepenulisan. Untuk menjadi blogger harus mengerti SEO dan cara menggunakan CMS seperti WordPress.

5.       Web Desainer bertugas dalam merancang tampilan website yang menarik dan mudah digunakan oleh pengguna.


Secara umum, dalam jurusan ini banyak menuntut untuk berpikir secara sistematis agar mencapai logika pemrograman yang sesuai, baik sederhana maupun kompleks logika yang disusun.

Sehingga, untuk mejadi lulusan terbaik atau lulusan yang sesuai dengan kemampuan yang dibutuhkan oleh perusahaan, kita harus mempunyai kemampuan atau bakat yang lebih agar bisa membuktikan bahwa kita adalah lulusan berkualitas yang siap memajukan teknologi di Indonesia. Semoga pembahasan mengenai tips memilih jurusan kuliah tersebut dapat membantu sobat. Terima kasih.


Post a Comment for "Tips Memilih Jurusan Kuliah : Prospek Jurusan Teknik Informatika (TI)"

Berlangganan via Email