Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ceramah Bertema Lemahnya Moral Generasi Zaman Sekarang

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Salam sejahtera bagi kita semua, marilah kita panjatkan Puji dan Syukur kehadirat Tuhan yang Maha Esa yang telah memberikan Rahmat dan Hidayah-Nya kepada kita semua sehingga kita dapat berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat wal ‘afiat.

Saya ucapkan terimaksih atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya untuk menyampaikan uraian mengenai kurangnya attitude generasi muda jaman now ini.

Ngomong-ngomong disini ada yang sudah kenal dengan saya sebelumnya? Pepatah  mengatakan bahwa “TAK KENAL MAKA TAK SAYANG ”. Dari pada tidak disayang lebih baik saya perkenalkandiri saya, saya Perwakilan dari SMA NEGERI 1 PURWOSARI sebagai penyampai materi.

Lemahnya Moral Generasi Zaman Sekarang
ceramah agama

Kurangnya Attitude pada Generasi Jaman Now dapat disebabkan oleh Kurangnya ajaran tentang sopan santun dari orang tua. Terkadang karena kesibukan orangtua yang berkarir menyebabkan anak kurang didikan dan terlantar sehingga anak tersebut melakukan hal sesuai kemauannya sendiri tanpa ada batasan yang melanggarnya.

Namun di samping itu, kurangnya sikap moral seorang anak juga dapat disebabkan oleh lingkungan sekitarnya seperti Gadget dan teman mainnya.  Hayooo ngaku... siapa yang suka main gadget tak mengenal waktu.

Sebenarnya tidak apa-apa sih kalian bermain gadget tapi harus bisa membedakan mana yang patut dicontoh dan mana yang tidak patut dicontoh serta dapat mengatur waktu kalian kapan waktunya belajar dan istirahat.

Jangan setiap waktu kalian disibukkan dengan hal yang unfaedah seperti bermain Game Online karena kekalahan kalian malah menimbulkan emosi yang berlebihan dan merugikan diri sendiri dan sekitarnya ataupun bermain media sosial yang terkadang membahas konten yang tidak penting atau HOAX.

Adik-adik dan teman-teman sekalian,sesungguhnya generasi muda saat ini bukan sekedar remaja atau anak kecil.Tetapi,mereka adalah generasi penerus bangsa Indonesia atau bahasa gaulnya The Next Generation Of Indonesia.

Pada era modern saat ini karena pengaruh digital sehingga membuat generasi muda menjadi tidak punya attitude atau sopan santun kepada orang yang lebih tua.

Penyebab Lemahnya Moral Generasi Zaman Sekarang

Para generasi milenial sekarang mempunyai kesibukan yang sangat unfaedah. Seperti,update status di facebook, Whatsapp, dimana-mana selfie, mau sekolah selfie, mau mandi selfie, mau buang air pun juga selfie, bahkan ada kecelakaan dijalan pun bukannya malah menolong tapi malah selfie. Astaughfirullah,milenial-milenial.

Lanjut gaes.... Dari kesibukan yang unfaedah generasi milenial menjadi tidak peduli terhadap sekitar. Contoh gampangnya, seperti di lingkungan sekitar saya, mereka lebih mementingkan atau menomor satukan handphone. 

Sehingga, mereka menduakan orang yang lebih tua. Entah itu sedang berjalan di rumah atau dimana pun mereka berada pasti ada handphone. Seakan-akan mereka hidup di dunia maya.

Misalnya lagi, dalam situasi yang ramai dimana kita akan melewati jalan itu, jika kita sopan pasti kita akan mengucapkan kata"permisi pak atau permisibu." Dalam berteman pun seperti itu.

Orang yang sopan mencoba lebih banyak mendengar dan lebih menghargai pendapat teman walaupun pendapat itu berbeda. 

Hati-hatilah! Sopan santun itu mudah marah, kenapa? Sopan santun bisa saja hilang dan tidak akan pernah kembali jika kita tidak memperdulikannya. Apalagi kita sering memperdulikan handphone daripada sopan santun. 

Maka, jangan salah kan sopan santun jika dia pergi. Wkwkwkwkw... Kalian saja tidak mau di duakan sedangkan sopan santun hampir setiap saat kalian duakan. Bayangkan saja bagaimana perasaan sopan santun saat kalian menduakannya dengan handphone? Pasti kecewa kan? 

Sudah-sudah kita kembali ke pembahasan awal tapi, kalo sudah nyaman dengan ini memang sulit jika akan kembali ke masa lalu 

Tapi memang benar, ada pantun yang menyatakan beli rambutan busuk jangan di makan, kalau udah nyaman jangan di tinggalkan. Nanti kalian pulang dari acara ini jangan lupa sebelum tidur baca doa, kenapa? 

Tidak salah kalau era milenial ini semuanya serba online, bahkan terkadang mau mengundang penceramah bintang lima, bintang tujuh, bahkan bintang plus plus seperti saya ini lewat online gaaeess ya ampun.. Kalau perlu, mau nikah lewat online aja ya kan? Betull?

Anak muda sekarang ini tak bisa lepas dari dunia maya. Rasulullah pernah bersabda dalam salah satu haditsnya yang artinya Pemuda hari ini adalah penentu masa depan. Karenanya bila pemuda hari ini kelakuannya bejat, maka tak menutup kemungkinan bangsa ini akan hancur. 

Nauzubillahi min zalik. Tidak hanya anak laki-laki yang terkenal kurang attitude nya, anak perempuan pada zaman ini juga banyak yang kekurangan attitude ya di karenakan handphone. Anak perempuan hari ini adalah ibu dari generasi masa depan. 

Jika para perempuan di era sekarang lebih mengutamakan handphone, akan di kasih makan apa anak mereka nanti? Di isi ulang pakek pulsa? Kan ya tidak mungkin. 

Maka dari itu di harapkan bagi para perempuan yang di rahmati Allah.Swt untuk berusaha meminimalisir penggunaan handphone yang banyak hantu nya itu, ihh apa ya tidak takut menggunakan hantu? 

Tapi, sebenarnya kurangnya attitude itu bukan di sebabkan hanya karena handphone saja, bisa saja karena terbiasa dimanja oleh orang tuanya. Seseorang yang terbiasa dimanja akan merasa jika semua hal yang diinginkannya merupakan hal yang wajib dipenuhi. 
Kebiasaan ini lah yang membuat seseorang menjadi bertindak seenaknya mereka sendiri. Hmm terus apa lagi yaaaa.. Nah itu, Keluarga yang tidak harmonis. Bisa saja seseorang itu sering melihat atau menyaksikan keluarganya bertengkar, berdebat, bahkan sampai melakukan kekerasan di dalam rumah tangga.

Lingkungan keluarga seperti ini lah yang akhirnya memaksa seseorang untuk mencari pelampiasan di luar. Terus lagi kurangnya kasih sayang, orang tua yang sibuk akan karir nya sehingga tidak sempat memperhatikan anaknya, sehingga anaknya mencari pelampiasan di luar. Yah kalau aja kasih sayang ada yang ngejual di pasar pasti tidak ada seseorang yang sampai kekurangan dong yaa. heheheeee.. 

Dan satu lagi, komunikasi yang buruk dengan orang tua itu juga dapat mengakibatkan turunnya attitude seseorang. Lakukan komunikasi dengan baik-baik deh pokok nya yahh, keluarga itu yang pertama gaess, tanpa keluarga kita semua tidak akan pernah ada, saya pun mungkin tidak bakal berdiri dan bertemu dengan kalian saat ini. 

Namun tak jauh dari hal tersebut, kurangnya attitude juga dapat disebabkan oleh teman mainnya atau lebih sering disebut teman sejalan. Pengaruh teman itu sangat candu loh gaes seperti senyumannya eaaaa.... 

Tanpa kalian sadari jika kalian berteman dengan orang yang kurang attitudenya kalian juga akan terbiasa dan menirunya sehingga kalian juga semakin tidak sopan kepada orang lain. Seperti kata pepatah "WITING TRISNO JALARAN SOKO KULINO"yang artinya "CINTA DATANG KARENA KEBIASAAN".

Tapi beda ya ini bukan tentang cinta, ini tentang sopan santun jika saja teman kalian sehari-harinya tidak punya sopan santu maka kalian juga akan terbiasa dengannya sehingga ikut ikutan tidak memiliki sopan santun. 

Karena semua itu tergantung dari kebiasaan yang kalian lakukan dengan lingkungan sekitar kalian. Tanpa kalian sadari bahwa kurangnya sopan santun atau attitude juga berdampak loh.... Dan dampaknya pun bukan kepada diri ita sendiri namun orang tua dan guru kita bakal terseret. 

Seperti apabila tetangga atau teman kita sudah mencap kita kurang sopan santun pasti mereka akan berfikir "Siapa sih orang tuanya kok anak itu tidak memiliki sopan santun sama sekali.""Siapa sih gurunya kok anak itu tidak diajari sopan santun."
"Kok bisa sih anak itu kurang didikan sopan santunnya seperti itu." nah kalau gitu kan kasihan orangtua dan guru kita.

Padahal hilangnya sopan santun itu tergantung diri kita sendiri. Untuk dampak lain dari kurangnya attitude  bisa saja kita sulit disegani orang lain karena kita tidak bisa menyegani orang tersebut, juga bisa saja kita tidak dihormati orang lain karena kita tidak bisa menghormati juga. Ingat yaaa, kalian yang menanam kalian sendiri yang panen. 

Jadi, kalau bisa sih kita nanam yang wajar-wajar saja agar kita panen nya yang wajar-wajar juga yaaa.. Oh ya, satu lagi jangan lupa semua perbuatan kita pasti ada balasan nya, dan itu semua pasti bertimbal balik. Kita menghargai, orang lain pasti menghargai. 

Kita menghormati, orang lain pasti menghormati. Jaga attitude, tetap semangat, semua masa depan ada di di tangan kalian. Jangan lupa bahwa orang luar negeri mengharagi kita karena sopan santun kita yang tinggi, meskipun kita kurang dalam segi fisik dan materi dari orangluar negeri yang terpenting kita tidak kekurangan Attitude.

Nah sudah ya Adik-adik dan teman-teman yang barusah saya ceramahi ini.Yang sayang harap dipertahakan, yang modus harap ditinggalkan. Yang baik mohon diterapkan yang buruk mohon jangan dilakukan. 

Saya berharap semoga saja ilmu yang saya berikan ini dapat masuk kuping kanan tanpa keluar melalui kuping kiri, semoga saja dapat bermanfaat untuk kita semua meskipun penjelasannya agak ngelantur hehehe maklum saya juga generasi milenial yang suka ngikutin bahasa anak jaman now. 

Cukup sekian uraian yang dapat saya sampaikan, kalau ada semut di ladang, boleh kita menumpang mandi. Kalau ada umur panjang, boleh kita berjumpa lagi. 

Apabila ada tutur kata yang kurang berkenan itu datang nya dari saya sendiri, jika ada kelebihan itu datang nya dari Allah semata. Cukup sekian, kurang lebih nya mohon maaf.
Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

NamaKelompok:
Ardalena Sri Putri.I.S(03)
Dinda Putri(08)
Fatimatuz Jahroh(13)
Galuh Hayu Lestari(16)

Post a Comment for "Ceramah Bertema Lemahnya Moral Generasi Zaman Sekarang"

Berlangganan via Email