Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ceramah Bertema Pendidikan Moral

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Segala puji bagi Allah SWT Tuhan Semesta Alam yang telah memberikan limpahan rahmat serta karunia-Nya sehingga pada kesempatan ini kita dapat berkumpul disini dalam keadaan sehat walafiat. Tak lupa sholawat serta salam tetap kita curahkankepada junjungan Nabi Muhammad SAW. Karena atas petunjuk dan bimbingannya kepada kita semua sehingga sampai saat ini kita masih berada pada jalan yang di ridhoi oleh Allah SWT yakni islam.

Bapak/Ibu dan teman-teman sekalian yang berbahagia.Pada kesempatan yang indah ini, mohon izinkan saya memberikansekata dua kata untuk menyampaikan sebuah ceramah singkat dan berwasiat khususnya untuk diri saya pribadi dan umumnya untuk para hadirin sekalian. Dimana tema dari ceramah yang akan saya sampaikan hari ini adalah  mengenai pentingnya pendidikan moral dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Bapak/Ibu guru dan teman-teman  yang saya cintai. Kita harus mengetahui bahwa sebuah bangsa dan negara sangat dipengaruhi oleh moralitasmasyarakatnya. Bisa dikatakan sebuah bangsa dan negara akan menjadi lemah apabila perilaku masyarakatnya tidak didasari oleh moral yang baik dalam setiap tingkah lakunya.

Oleh karena itu wajib hukumnya bagi seluruh lapisan masyarakat dari sebuah bangsa dan negara untuk senantiasa menjaga moralitasnya. Yang mana beberapa pengaruh maupun efek buruk dapat merusak nilai kearifan kita semua sebagai sebuah bangsa yang bermartabat. Hal tersebut haruslah kita cegah dan tanggulangi bersama agar tercipta sebuah bangsa dan negara yang kuat di mata dunia serta disegani oleh negara-negara lain.
Terlebih lagi di era globalisasi yang semakin mempermudah siapapun untuk melakukan aktivitas apa saja.Baik itu kemudahan dibidang teknologi informasi maupun komunikasi misalnya, sehingga banyak media-media seperti televisi maupun internet yang memberikan informasi secara cepat tentang peristiwa apapun yang terjadi di seluruh belahan dunia.

Namun, kita semua tidak sepatutnya tidak terbuai dengan berbagai kenyamanan dan kemudahan yang diciptakan tersebut untuk digunakan dengan berleha-leha saja, karenabisa jadi semua yang kita dapat secara mudah dan instan itu malah secara tidak langsung akan merusak moral kita. Maka ada baiknya pula apabila kita semua yang ada di sini untuk lebih bijak dalam menggunakan kemudahan-kemudahan atau sarana prasarana yang telah tersedia tersebut dan dapat dimanfaatkan untuk tujuan yang baik

Salah satu cara untuk menciptakan kehidupan masyarakat yang memiliki moralitas yang baik demi menciptakan bangsa yang tak hanya kuat namun juga bermartabat adalah dengan membentuk generasi muda yang unggul dalam segala bidang dan bisa bersaing dengan bangsa-bangsa yang lain. 

Yang sesungguhnya kita tahu bahwa anak-anak merupakan aset generasi muda yang peranannya sangatlah penting dalam membangun kemajuan sebuah negeri. Untuk itu, peran orang tua sangat dibutuhkan dalam hal ini, agar dapat mendidik putra-putrinya agar menjadi pribadi yang unggul dan berakhlak mulia.

Orang tua sudah sepatutnya harus senantiasa melakukan pemantauan terhadap anak-anaknya agar terhindar dari pengaruh buruk yang dapat merusak moralitas mereka. Seperti melalui tayangan televisi maupun internet yang tak patut ditonton oleh anak-anak yang bisa  memberi pengaruh buruk pada mereka.

Selalu memberikan nasihat yang mendidik dan mengarah padakebenaran merupakan suatu kewajiban yang sangat penting dilakukan oleh setiap orang tua.Sebaiknya pilihlah tayangan yang bisa membawa kearah positif dan membatasi tontonan yang berkonten kedewasaan atau bahkan kekerasan dimana hal itu sendiri dapat membentuk karakter dari seorang anak untuk melakukan hal yang sama dengan apa yang telah ditonton dan hal itu bisa merusak moralitas anak-anak kita.

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk membentuk moral yang baik pada anak-anak. Misalnya saja dengan memberikan pendidikan agama sejak usia dini, serta para orang tua juga dapat memberikan berbagai macam informasi serta motivasi sehingga membuat anak-anak mereka lebih bersemangat dan termotivasi untuk belajar lebih giat.

Sebagai orang tua hendaknya kita juga harus bisa meluangkan waktu demi mendengarkan keluh-kesah dari anak-anak kita agar mereka dapat menemukan solusi dari masalah yang mereka dihadapi dari saran orang tua mereka.Dengan begitu setidaknya mereka tidak salah mengambil langkah atau terlalu mengikuti arus modernisasi yang bisa berdampak buruk bagi moral mereka.

Sungguh penting arti sebuah moral bagi negara kita tercinta“Indonesia” agar mampu untuk menopang motto bangsa yaitu Bhinneka Tunggal Ika, di saat budaya ketimuran yang ramah dan santun serta menjunjung tinggi nilai toleransi antarumat perlahan mulai hilang dan berganti menjadi budaya kebarat-baratan yang semakin lama semakin merajalela karena dampak dari globalisasi.

Maka oleh sebab itu para hadirin, hendaknya kita perlu untuk menjunjung tinggi nilai moral dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan juga bernegara.

Selalu budayakan gotong royong,hilangkan nuansa tenggang rasa dan upayakanlah untuk bisa menghargai perbedaan yang ada. 

Hal ini dapat dimulai dari kita sebagai orang tua untuk mendidk anak-anak kita agar berperilaku yang baik, sehingga memiliki kita sebagai bangsa yang bermartabat juga memiliki moralitas yang baik pula, serta tercipta suasana berbangsa dan bernegara yang kokoh.

Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini.Semoga apa yang telah saya sampaikan tadi dapat bermanfaat bagi kita semuadan kita selalu dalam lindungan dan rahmat-Nya yang telah dianugerahkan oleh Allah SWT yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang
Apabila ada kata-kata yang kurang berkenan di hati, saya mohon maaf.Akhir kata, Wassalamualikum Wr.Wb

Demikian contoh ceramah pendidikan moral. Semoga membawa manfaat kepada pembaca sekalian. Terima kasih.

Nama kelompok :
Ardiansyah S.H (07)
Dhuhitasari Kumala Ratih (12)
Marfa Aisyah F. (20)
M. Farid Andiyansya (23)
Nick Haghest N.S (24)




Post a Comment for "Ceramah Bertema Pendidikan Moral"