Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Belajar Bahasa Inggris: 8 Cara Mudah Bagi Pemula

Belajar Bahasa Inggris - Bahasa Inggris merupakan bahasa yang paling banyak digunakan di dunia. Ada 400 juta penutur asli dan 2 miliar orang mempelajarinya sebagai bahasa kedua. Ini berarti ada sekitar 2,4 milyar orang di dunia yang menggunakan bahasa inggris. Bahasa tersebut menjadi bahasa dunia karena dianggap sebagai sebuah bahasa yang relatif mudah untuk dipelajari. 

Untuk menjadi bahasa internasional, dibutuhkan perjalanan yang cukup panjang. Pendeknya, dua faktor besar mempengaruhi bagaimana bahasa Inggris bisa menjadi bahasa internasional.

Pertama adalah kolonialisasi Inggris dan kedua adalah globalisasi. Kedua hal ini cukup kuat untuk bisa digunakan dimana saja, entah menjadi bahasa resmi atau bahasa kedua dari negara tersebut. 

Dijadikannya bahasa Inggris sebagai bahasa internasional menjadikan kita sadar akan perlunya mempelajari bahasa inggris, sebab dibutuhkan dalam berbagai kondisi. Misalnya, saat harus meeting, presentasi, interview kerja, atau melanjutkan pendidikan ke luar negeri.  

Kemampuan Dasar Berbahasa Inggris

Sebenarnya belajar bahasa Inggris tidak sesulit yang kita duga. Bahasa Inggris memiliki 4 kemampuan yang harus dikuasai, yaitu kemampuan mendengar (listening), berbicara (speaking), reading (membaca), dan menulis (writing). 

Kemampuan Mendengar (Listening)

Listening merupakan kemampuan pertama yang harus dikuasai karena sebelum kamu berbicara kamu harus mendengarkan bagaimana cara Native Speaker mengucapkan suatu kata. 

Kemampuan Berbicara (Speaking) 

Speaking merupakan salah satu skill yang harus dikuasai dan benar – benar mampu untuk mempraktekkannya di lapangan dengan orang lain sebagai lawan bicaranya. Melalui Speaking, seorang pembicara akan berkomunikasi untuk menyampaikan maksud dan tujuannnya. 

Dalam hal berbicara ini, biasanya merupakan hambatan yang dialami oleh orang yang belajar bahasa Inggris tingkat pemula.

Beberapa orang menganggap bahwa speaking adalah skill yang sulit sebab dalam aspek ini kita secara tidak langsung dituntut untuk mengetahui berbagai kosa kata (vocabulary) agar tercipta komunikasi yang efektif.

Kemampuan Membaca (Reading)

Dalam bahasa Inggris, materi membaca biasanya mengkaji tentang Skimming, Scanning, dan Skipping. Ketiga hal tersebut sangat penting dalam membaca, terutama untuk mendapatkan titik inti dari teks yang dibaca. 

Salah satu teknik yang sering digunakan yaitu membaca cepat atau scanning, artinya kamu harus membaca bahasa inggris secara menyeluruh dalam waktu yang singkat dan membaca point dari setiap bacaan tersebut.

Kemampuan Menulis (Writing)

Writing skill merupakan kemampuan yang lumayan rumit karena dalam menulis bahasa inggris kamu harus tahu grammar dan susunan kata tersebut, sebab apabila kamu salah menuliskan grammar atau susunan kalimatnya, maka makna yang terkandung juga akan berbeda. 

Artikel Lainnya:

Kekurangan dan Kelebihan Bimbingan Belajar Online

Cara Mudah Belajar Bahasa Inggris Bagi Pemula

Belajar Bahasa Inggris

Belajar bahasa Inggris tingkat dasar dapat dimulai dengan mengetahui kemampuan-kemampuan yang harus dikuasai dan juga harus banyak berlatih. Terdapat berbagai cara yang dapat kamu lakukan untuk bisa menguasai empat kemampuan dalam berbahasa asing. Berikut ini beberapa cara agar bisa menguasai percakapan bahasa tersebut dengan mudah dan menyenangkan.

1. Pelajari terlebih dahulu kata-kata bahasa Inggris dasar

Sebelum mempelajari lebih dalam lagi mengenai bahasa paling banyak digunakan orang di dunia tersebut, sebaiknya kamu terlebih dahulu mempelajari kata-kata dasar dalam bahasa inggris, seperti saya, kamu, dia, dan kata-kata yang umum digunakan dalam percakapan sehari-hari. 

2. Sering mendengarkan lagu bahasa Inggris lalu tulis liriknya

Hal ini membantu kamu dalam meningkatkan salah satu kemampuan dalam berbahasa Inggris yaitu listening. Ketika kamu mendengarkan lagu tersebut kamu harus mencatat lirik yang kamu dengar, apabila telah selesai kamu harus cek lirik tersebut melalui internet apakah lirik yang kamu tulis sama atau tidak. 

metode ini dapat dikatakan sebagai cara belajar bahasa Inggris cepat dalam meningkatkan jumlah kosakata yang dimiliki.

Di samping itu kamu juga bisa memperbanyak kosa kata (vocabulary) melalui lagu tersebut. Disarankan untuk memilih lagu yang cenderung mudah didengarkan bagi pemula.

3. Sering menonton film berbahasa Inggris

Salah satu hal menyenangkan yang dapat membantu kamu dalam meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris adalah dengan menonton film berbahasa inggris. Sebaiknya hal ini dilakukan tanpa menggunakan subtitle. 

Apabila kamu kesusahan, gunakan subtitle Indonesia namun jangan terlalu sering. Kegiatan ini dapat membantu kamu dalam meningkatkan skill listening juga menambah kosa kata (vocabulary) apabila menemukan kata sulit ataupun kata yang baru didengar.

4. Belajar berbicara bahasa Inggris di depan cermin

Setelah belajar bahasa Inggris percakapan dari film, ada baiknya kalian langsung mencoba mempraktekkan kosakata maupun dialog yang sudah didapatkan.

Kegiatan ini sangat direkomendasikan oleh banyak orang untuk meningkatkan kemampuan berbicara kamu. Kamu hanya perlu berdiri di depan cermin dan berbicara menggunakan bahasa inggris. Hal ini bertujuan untuk melatih kepercayaan diri dan agar tidak kagok dalam berbicara bahasa inggris.

5. Bertemanlah orang-orang luar Indonesia yang fasih berbahasa Inggris

Di era digital seperti sekarang ini, berteman dengan orang asing sangatlah mudah. Banyak sekali platform media sosial yang bisa digunakan untuk berkenalan dengan orang luar. Kegiatan ini bisa meningkatkan kemampuan menulis. Cara ini merupakan metode belajar bahasa Inggris secara gratis dan cukup efektif.

Kamu tidak perlu malu dalam mencoba komunikasi dengan mereka, bisa jadi mereka juga sedang belajar bahasa Inggris seperti kamu, atau mereka mungkin penutur asli bahasa Inggris yang ingin melatih kemampuan bahasa asingnya dengan menulis kepada kamu dalam bahasa ibumu. 

Selain itu, kamu juga bisa mempelajari budaya dari negara lain dan menambah wawasan kamu mengenai negara tersebut.

6. Berpikir menggunakan Bahasa inggris

Salah satu cara untuk bisa belajar bahasa Inggris otodidak menjadi fasih adalah dengan melatih otak untuk benar-benar berpikir dalam bahasa Inggris. 

Menerjemahkan terus-menerus dari bahasa ibu ke bahasa Inggris akan menghabiskan waktu dan energi. Bahasa lisan dan tulisan akan mengalir lebih alami dan lancar jika bisa melatih otak kamu untuk berpikir dalam bahasa asing tersebut. 

7. Belajar sendiri lewat video di YouTube atau Podcast

Di dunia digital yang sudah serba canggih ini, jangan lupa untuk memanfaatkan internet. Akseslah berbagai video atau podcast yang bisa membantu dalam meningkatkan kemampuan berbahasa asing.

Di YouTube, kamu bisa belajar mengenai grammar, pronunciation, melatih kemampuan listening, berlatih soal TOEFL, IELTS, dll. video-video tersebut dapat kamu akses secara gratis dan hanya bermodalkan akses kuota internet. Cara ini cukup efektif karena belajar bahasa Inggris secara online terbukti dapat meningkatkan kemampuan siswa.

8. Jangan takut membuat kesalahan. 

Hambatan terbesar yang sering dijumpai ketika belajar bahasa baru adalah rasa takut untuk membuat sebuah kesalahan. Jangan takut akan  hal itu dan jangan malu! Ingatlah bahwa setiap orang membuat kesalahan ketika mereka belajar bahasa baru. 

Kamu pasti akan mengalami saat-saat canggung atau memalukan ketika kamu secara tidak sengaja mengatakan sesuatu yang kasar atau tidak benar, tetapi ini semua adalah bagian yang menyenangkan. Ingat juga bahwa kamu tidak bertujuan untuk kesempurnaan ketika belajar berbicara bahasa Inggris melainkan untuk kemajuan. 

Jangan merasa rendah diri meskipun ilmu yang kalian dapatkan bukan berasal dari kursus bahasa inggris ternama seperti English First, Kumon, maupun Kampung Inggris LC Pare Kediri.

Membuat kesalahan adalah bagian dari proses belajar, mereka akan membantu kamu menjadi lebih baik, jadi terimalah kesalahan itu!

Itu dia beberapa cara mudah dalam hal belajar bahasa Inggris. Hal ini bisa kamu lakukan untuk mengisi waktu luang ketika masa pandemi kali ini yang mengharuskan kamu tetap di rumah saja. Kunci yang paling utama adalah kamu harus terus berlatih dan belajar agar kemampuan bahasa Inggrismu semakin meningkat tiap harinya. (Devi Indah Kelas PCP '19 SMAN 1 Purwosari)

Post a Comment for "Belajar Bahasa Inggris: 8 Cara Mudah Bagi Pemula"

Berlangganan via Email