Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menjadi Juara Kelas: 9 Strategi Ampuh

Cara Menjadi Juara Kelas - Sekolah adalah salah satu tempat kita untuk menimba ilmu. Banyak hal yang dapat kita pelajari di sekolah, baik di bidang akademik, non akademik, dan perkembangan dalam kehidupan sosial. 

Sebagai seorang siswa, kita harus sungguh-sungguh dalam belajar karena belajar dapat memberikan pengetahuan dan wawasan yang lebih luas. Dimana pengetahuan yang luas akan semakin mempermudah dalam mencapai keinginan dan cita-cita kita di masa depan.

Sebagai seorang anak, kita pasti juga ingin membahagiakan kedua orang tua, tak terlepas dengan menjadikan kita sebagai kebanggaan mereka. Sebenarnya, ada banyak hal yang dapat kita lakukan untuk membahagiakan orang tua, seperti memberikan perhatian-perhatian kecil, mendengarkan nasihatnya, dll. 

Selain itu,  usaha yang dapat kita lakukan untuk membanggakan mereka adalah dengan menjadi juara kelas. Siapa yang tidak mau menjadi juara kelas? Tentu semua anak ingin menjadi juara kelas, dan membuat orang tua mereka bangga. 

Cara Menjadi Juara Kelas

Cara Menjadi Juara Kelas

Semua anak pasti mampu untuk menjadi bintang kelas, selama mereka berusaha dengan sungguh-sungguh. Apakah hanya itu? Tentu saja tidak. Usaha kita juga harus diiringi dengan tindakan-tindakan lain yang akan semakin memicu semangat kita. Berikut adalah beberapa cara menjadi juara kelas versi author.

1. Tingkatkan Motivasi Belajar

Motivasi belajar menjadi salah satu hal yang sangat penting. Mengapa demikian? Dengan adanya motivasi belajar yang kuat, kita tidak akan mudah bosan dengan apa yang kita jalani. Jangan pernah menjadikan orang lain sebagai motivasi utama. 

Hal ini karena jika orang tersebut tidak sesuai dengan apa yang selama ini kita harapkan atau bayangkan, dapat membuat semangat belajar kita menurun. Carilah motivasi yang memang benar-benar berasal dari diri kita dan motivasi itu tidak akan berubah bagaimanapun kondisinya nanti di masa depan.

Contohnya, si A termotivasi untuk selalu belajar agar dapat membahagiakan dan mewujudkan keinginan orang tua nya sebagai bentuk balasan kasih sayang merek selama ini. Motivasi yang muncul dari dalam hati kita seperti ini yang akan mendorong semangat kita, dan tidak akan berubah sampai kapanpun. 

Hal ini karena, bagaimanapun kondisinya nanti mereka tetaplah orang tua yang membesarkan kita dengan penuh kasih sayang dan menginginkan yang terbaik untuk anak-anaknya. Itulah salah satu cara mendapatkan rangking 1 di sekolah kalian.

2. Tekun Belajar

Cara yang satu ini sudah tidak menjadi rahasia untuk mencapai suatu kesuksesan. Belajar dengan sungguh-sungguh akan memudahkan kita dalam memahami segala sesuatu. Dimana semakin banyak ilmu pengetahuan yang kita miliki, itu akan mempermudah kita kedepannya.

Baca Juga:

Tips Menghilangkan Stress Belajar

Belajar dengan sungguh-sungguh tidak hanya dapat dilakukan secara individu, melainkan juga dapat kita lakukan secara bersama-sama, seperti membuat sebuah kelompok belajar. Kelompok belajar dapat mempermudah kita disaat kita membutuhkan bantuan orang lain. 

Saat kita tidak memahami suatu materi, kita dapat meminta teman kita untuk membanti menjelaskan materi tersebut. Selain itu, kelompok belajar juga dapat menjadi suatu wadah  saling berukar pikiran satu sama lain.

3. Kenali Gaya Belajar

Masing-masing dari kita memiliki gaya belajar yang berbeda-beda, seperti gaya belajar visual, auditori, kinestik, global, dll. Mengenali gaya belajar ini bertujuan untuk mempermudah kita dalam proses belajar. 

Misalnya, kita sudah mengetahui bahwa gaya belajar kita adalah gaya belajar visual. Maka, kita akan lebih mudah mengingat sesuatu setelah melihatnya atau dengan membaca informasi mengenai hal tersebut. Dengan demikian, kita bisa mengutamakan pembelajaran secara visual dibanding dengan cara pembelajaran yang lain.

4. Kenyamanan Belajar

Tempat yang nyaman adalah tempat yang dapat membuat kita merasa tenang dan rileks berada disana. Sehingaa, kita dapat belajar dengan nyaman pula. Pemilihan tempat untuk belajar juga memiliki kaitan dengan gaya belajar kita, karena beberapa orang mungkin harus berada di tempat yang sepi untuk belajar. 

Namun, juga terdapat orang yang tidak masalah jika harus belajar di tempat yang ramai. Sehingga, pemilihan tempat masing-masing orang juga dapat berbeda.

5. Memanfaatkan Waktu dengan Baik

Pemanfaatan waktu yang baik dapat memberikan banyak manfaat bagi kita. Misalnya, saat kita mendengarkan dengan baik apa yang disampaikan oleh guru disekolah. Maka, saat dirumah kita hanya perlu mengulanginya saja dan tidak perlu mempelajarinya mulai awal. 

Artikel Lainnya:

Cara Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa

Setelah itu, apabila terdapat sisa waktu kita dapat memanfaatkannya untuk melakukan hobi kita, agar tidak merasa jenuh. 

Penggunaan handphone juga sangat berpengaruh bagi pemanfaatan waktu siswa. Seringkali, saat menggunakan handphone kita menjadi lupa waktu dan tanpa sadar telah menghabiskan sebagian besar waktu kita hanya untuk bermain handphone. Sehingga, pengelolahan waktu juga penting dalam hal ini.

6. Berdoa

“Usaha tanpa doa adalah sia-sia”, itulah kalimat pengingat bagi kita semua. Sekuat apapun usaha kita,  jika sang pencipta tidak menakdirkannya. Maka, tidak akan terjadi apa-apa. Tidak hanya dengan berdoa, kita juga dapat menambah intensitas ibadah-ibadah kita yang lainnya. 

Dengan demikian, selain kita mendapatkan kemudahan dalam menjalankan setiap kegiatan, kita juga mendapat keberkahan di dalamnya.

7. Doa Orang Tua

Orang tua adalah orang-orang yang akan selalu mendoakan anaknya tanpa diminta. Namun, tidak ada salahnya jika kita tetap meminta doa mereka. Meminta doa dan restu mereka setiap ingin melakukan segala sesuatu, karena restu dari orang tualah yang nantinya akan menjadi jalan keberhasilan bagi setiap anaknya. 

Selain itu, orang tua dan anak juga saling menjadi sumber kekuatan masing-masing karena orang tua menginginkan anaknya bahagia dan seorang anak juga ingin membahagiakan orang tuanya.

8. Hormati Guru

Guru adalah orang tua kita yang berada di sekolah. Guru adalah seseorang yang telah memberikan kita banyak ilmu dan pelajaran untuk kebahagiaan di masa depan. Dengan demikian, kita juga harus selalu menghargai dan menghormati guru. 

Salah satu cara menghormati guru, yaitu memperhatikan apa yang sedang disampaikan, mendengarkan nasihat mereka, dan yang tidak kalah penting adalah menaati mereka. Telah banyak kisah yang dapat kita jadikan sebagai teladan mengenai ketaatan seorang murid kepada gurunya. 

Sehingga, terdapat ungkapan “patuh kepada guru, sumber ilmu yang barokah”. Dimana saat kita menaati atau mematuhi guru, maka ilmu yang diberikan akan bermanfaat baik bagi diri kita maupun bagi orang lain.

9. Jaga Kesehatan

Meskipun kita harus belajar dengan sungguh-sungguh, kita juga tetap harus menjaga kesehatan. Karena jika kita sakit maka aktivitas kita juga akan terganggu, yang dapat berdampak pada proses belajar kita nantinya. 

Untuk menjaga kesehatan, banyak hal yang dapat kita lakukan, seperti selalu mengonsumsi makanan yang sehat dan menghindari makanan instan, olahraga teratur, tidur yang cukup, dan menghindari stress. Menghindari stress juga dapat kita lakukan dengan melakukan meditasi, rekreasi, bertemu dan mengobrol dengan teman-teman, piknik, atau hanya sekadar melakukan hobi.

Mungkin, kalian juga memiliki cara-cara lain untuk menggapainya. Karena masing-masing orang memiliki cara yang berbeda-beda untuk melakukan sesuatu. 

Itulah beberapa cara untuk menjadi juara kelas versi author.Satu hal yang penting, jangan bosan untuk belajar, lakukan apapun yang kita anggap itu baik untuk diri kita serta orang lain, dan jangan melakukan sesuatu yang hanya akan memberatkan dan membebani diri kita sendiri.


Post a Comment for "Cara Menjadi Juara Kelas: 9 Strategi Ampuh"

Berlangganan via Email