Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

8 Tips Menabung Untuk Pelajar Anti Boros

Tips Menabung Untuk Pelajar - Masa yang paling menyenangkan adalah saat kita manjadi pelajar. Semakin kita bertambah dewasa, kebutuhan kita semakin bervariasi. Selain itu, terkadang kita tidak bisa membedakan hal yang kita butuhkan dan kita inginkan. 

Rasa selalu ingin menghabiskan uang untuk keprluan adalah hal yang sangat wajar. Akan tetapi terkadang pasti dalam diri kita ada rasa ingin menyisihkan uang untuk suatu hal yang belum bisa kita capai, sebagai contoh saat kita ingin membeli barang dengan harga yang mahal atau bisa juga saat kita ingin pergi berlibur. 

Tetapi, hal tersebut seringkali tidak berjalan lancar karena lagi-lagi kita menghabiskannya terlebih dahulu untuk hal lain. Tidak sedikit orang yang merasa kesulitan dalam mengatur pengeluaran. Terkadang mereka merasa tidak dapat mengendalikan diri sendiri untuk tidak membeli hal yang tidak begitu penting.

Nah, disini kami akan membagikan cara menabung untuk pelajar. Sebelum itu mari kita bahas terlebih dahulu tentang darimana seorang pelajar bisa mendapatkan uang?

Banyak orang berpikir jika mencari uang itu sangatlah susah dan untuk menghabiskannya hanya membutuhkan waktu sekejap saja. Hal ini sangat benar adanya. Sebagian orang juga beranggapan jika yang bisa menghasilkan uang hanyalah orang yang sudah dewasa dan memiliki pekerjaan. Hal tersebut sangatlah tidak benar. 

Cara Menabung Untuk Pelajar

tips menabung untuk pelajar

Artikel tips menabung untuk pelajar ini bukan hanya sekadar isapan jempol belaka. Seorang pelajar yang masih sekolah juga dapat menghasilkan uang, tentunya dengan cara yang halal. Di dunia serba modern ini, ada banyak cara yang dapat dilakukan oleh para pelajar untuk dapat menghasilkan uang. 

Selain uang saku dari orang tua, pelajar juga dapat menambah penghasilan dengan cara lain, seperti berjualan online maupun menggunakan aplikasi penghasil uang yang tersedia di google playstore. 

Tidak hanya di bank saja. terdapat beberapa aplikasi menabung untuk pelajar yang dimanfaatkan. Diantaranya adalah Money Lover, Jenius dan IPOTPAY.

Ada banyak pekerjaan yang ditawarkan untuk seorang pelajar seperti contohnya adalah sebagai penjaga toko atau minimarket yang jam kerjanya diluar jam sekolah.  Ada banyak cara yang dapat dilakukan oleh seorang pelajar dalam menghasilkan uang. Sekarang kita akan membahas cara cepat menabung untuk pelajar. 

  1. Membulatkan Tekad Dan Niat

cara agar bisa menabung untuk pelajar yang pertama adalah dengan memiliki tekad yang bulat dan juga niat. Saat memulai suatu hal kita harus memiliki niat yang kuat, agar kita tidak menjalaninya dengan setengah-setengah. 

Coba bayangkan saat kalian melalukan sesuatu tanpa niat dari hati, pastinya kalian tidak melakukannya dengan sepenuh hati dan mencari-cari kesempatan untuk berhenti melakukan hal tersebut. Sama halnya dengan saat kalian menabung. 

Harus ada niat dan keinginan dalam diri masing-masing agar uang tabungan cepat terkumpul. Selain itu kalian juga harus membulatkan tekad saat menabung agar tidak mudah terpengaruh oleh hal yang lain. Walaupun niat atau motivasi menabung untuk pelajar itu berbeda-beda, setidaknya hal tersebut agar program ini dapat secara sukses terlaksana.

  1. Tentukan Tujuan

Saat kita akan memulai sesuatu, pastinya kita sudah mengerti apa tujuan dari hal tersebut. Oleh karenanya, sebelum kalian  mulai menabung, tentukan dulu untuk apa uang tabungan kalian nanti. Kita harus memiliki tujuan menabung yang jelas agar kita semakin semangat mengumpulkan uangnya.

  1. Menghitung Pendapatan dan Pengeluaran

Nah disini kita akan mulai mengetahui berapa uang yang dapat kita sisihkan. Semisal setiap harinya kita mendapatkan uang Rp30.000,00, kita hitung juga berapa pengeluaran kita dalam satu hari. Biasanya saya membedakan pengeluaran menjadi 2 jenis, yakni pengeluaran penting (pasti dan cenderung tetap)dan pengeluaran berubah-ubah. 

Contoh pengeluaran penting adalah makanan, ongkos untuk berangkat dan pulang dari sekolah, uang kas harian, dan lain-lain. Lalu untuk pengeluaran yang berubah-ubah contohnya uang untuk membeli snack, dan keperluan lain yang bisa kalian beli maupun tidak. 

Nah disini, kalian dapat meminimalisir pengeluaran berubah kalian. Kalian juga bisa memberikan batasan untuk nominal dari pengeluaran berubah. 

Semisal 1 harinya pengeluaran wajib kalian sebesar Rp19.000,00 dan Rp3.000,00 untuk pengeluaran berubah. Jadi totalnya adalah Rp22.000,00. Jumlah tersebut dapat kalian kurangkan dengan jumlah pendapatan kalian dalam 1 hari. Dapat diketahui jika dalam 1 harinya kalian dapat menabung minimal sebesar Rp8.000,00.

  1. Buat Challenge

Buat tantangan untuk diri kalian sendiri. Dalam 1 bulan kedepan kalian sudah harus mendapatkan berapa rupiah didalam tabungan kalian. Jadi challange ini juga menjadi pendorong kalian untuk terus semangat. Saat kalian berhasil melakukan challange tersebut, berikan reward atau penghargaan pada diri kalian. Contoh kecilnya adalah saat kalian sudah berhasil mengumpulkan uang tersebut kalian bisa membeli minuman Cha Time untuk diri kalian  sendiri.

  1. Letakkan Uang Di Tempat yang Aman

Hal ini adalah hal yang sangat penting. Kalian harus meletakkan uang kalian ditempat yang aman karena jika tidak, uang kalian bisa hilang karena kecerobohan kalian sendiri. Kalian bisa meletakkannya di tempat yang sekiranya aman dan tidak diketahui oleh siapapun. 

Atau kalian juga bisa menitipkannya keorang yang bisa kalian percaya. Pilihan yang terakhir adalah kalian bisa menyetorkan uang kalian ke bank sebagai tempat menabung untuk pelajar. 

  1. Cari Cara Untuk Mendapatkan Banyak Uang 

Saat menabung, kalian tidak bisa hanya mengandalkan uang saku dari orang tua. Hal tersebut memang tidak dilarang, tapi alangkah baiknya saat kalian menabung kalian juga sudah memiliki penghasilan sendiri walaupun dalam jumlah yang sangat kecil. Selain itu, uang yang kalian hasilkan sendiri juga akan mempercepat tabungan kalian bertambah.

  1. Budayakan Membawa Bekal dan Kurangi Makan di Luar

Hal ini juga menjadi faktor yang sangat penting saat kalian hendak menabung. Kalian harus membiasakan diri untuk hidup hemat. Bekal yang kalian bawa juga lebih terjamin kebersihan dan pastinya lebih sehat. 

Tidak masalah jika ingin pergi makan diluar, tapi kalian  harus membatasi pengeluaran. Jangan setiap saat makan diluar. Bayangkan jika satu kali kalian makan menghabiskan Rp 15.000,00 dan kalian makan diluar 5x dalam satu minggu. Jika dihitung dengan saat makan dirumah, alangkah lebih baik jika tidak makan diluar.

  1. Konsisten dan Disiplin

Konsisten adalah kunci yang sangat dibutuhkan saat hendak mencapai suatu hal. Kebanyakan orang gagal karena mereka mudah menyerah. Jadi jika kalian hendak menabung pastikan kalian selalu melakukannya dengan konsisten.

Disiplin dan konsisten adalah hal yang berkaitan satu sama lain. Saat kalian hendak mencapai suatu tujuan pastikan melakukannya dengan disiplin dan konsisten. 

Contohnya saat menabung Si A menabung Rp 15.000,00 pada hari yang tidak menentu sedangkan si B menabung setiap hari dengan jumlah nominal tetap yakni Rp 5.000,00 perhari. Pastinya uang yang dihasilkan oleh si B lebih banyak karena ia menabung dengan rutin setiap harinya. tidak seperti si A yang menabung banyak tetapi hanya dihari-hari tertentu saja. 

Cara menabung untuk pelajar hanya dengan 5 ribu rupiah tersebut terbukti lebih efektif karena dilakukan secara konsisten dan disiplin tinggi.

Cara Menabung Untuk Pelajar SMA

Cara menabung untuk pelajar SMA agak sedikit berbeda dengan orang dewasa pada umumnya. Berikut adalah penjelasan singkat mengenai cara sukses menabung untuk pelajar SMA.

  • Aturan khusus untuk aplikasi menabung untuk pelajar yang mengharuskan si anak memiliki identitas resmi.Identitas tersebut dapat berupa kartu pelajar maupun KTP
  • Untuk tabungan konvensional di bank, terdapat dua tipe yang dapat dipilih; tabungan anak atau dewasa. Mengingat di jenjang SMA, anak sudah ada yang memiliki kTP saat berusia 17 tahun.

Apakah Pelajar Bisa Membuat Kartu ATM?

Jawabannya "bisa". Syarat Pembuatan ATM Pelajar:
  1. Mengisi dengan lengkap formulir yang disediakan bank
  2. Kartu pelajar asli dan fotokopi
  3. KTP orang tua asli dan fotokopi
  4. Akte kelahiran asli dan fotokopi
  5. Surat keterangan sekolah
  6. Setoran awal sesuai ketentuan bank.

Ada pepatah yang mengatakan “orang miskin hanya kerja keras dan menghambur-hamburkan uang, sedangkan orang kaya akan bekerja keras, menabung uangnya untuk berinvestasi, sehingga mereka tidak pernah bekerja lagi”. Menabung adalah salah satu cara jika kita ingin menikmati hidup yang lebih baik kedepannya. 

Jadi itu tadi adalah artikel singkat mengenai tips menabung untuk pelajar. Tips ini juga bisa digunakan untuk semua orang dari berbagai kalangan.

21 comments for "8 Tips Menabung Untuk Pelajar Anti Boros"

  1. Menelaah Unsur kebahasaan artikel berdasarkan materi kesantunan berbahasa

    Nama : M. Wildan Alghofari
    Kelas : 12 IBB
    Absen :22

    1. Kalimat yang baik dan Komunikatif
    • “Semakin kita bertambah dewasa, kebutuhan kita semakin bervariasi.” Penggunaan kata subjek “Kita” pada kalimat itu sudah jelas, jadi tidak perlu di tambah dengan kata subjek yang sama. Menurut saya, perbaikan kalimatnya adalah “Semakin kita bertambah dewasa, kebutuhan juga akan semakin bervariasi.”

    2. Ketidaktepatan penempatan unsur-unsurnya
    • “Rasa selalu ingin menghabiskan uang untuk keperluan adalah hal yang sangat wajar. Akan tetapi terkadang pasti dalam diri kita ada rasa…” Penggunaan konjungsi “Akan tetapi” sebagai konjungsi antar kalimat terasa janggal. Akan lebih baik jika dilakukan penggantian unsur menjadi “Rasa selalu ingin menghabiskan uang untuk keperluan adalah hal yang sangat wajar. Namun terkadang, pasti dalam diri kita ada rasa…”

    3. Penggunaan unsur kalimat yang berlebihan
    • “Terkadang mereka merasa tidak dapat mengendalikan diri sendiri untuk tidak membeli hal yang tidak begitu penting.” Terdapat pemborosan kata pada satu kalimat. Contoh pembenarannya adalah “Terkadang mereka susah mengendalikan diri sendiri untuk tidak membeli hal yang tidak begitu penting”
    • “Ada banyak pekerjaan yang ditawarkan untuk seorang pelajar seperti contohnya adalah sebagai penjaga toko atau minimarket yang jam kerjanya diluar jam sekolah.” Terdapat unsur kalimat yang berlebihan, padahal dua kata itu bermakna sama. Sebaiknya, kata “seperti” itu dihilangkan karena tidak terlalu berpengaruh pada susunan kalimatnya.

    4. Pilihan kata tidak tepat
    • “Jadi challange ini juga menjadi pendorong kalian untuk terus semangat.” Akan lebih baik jika kata “challenge” diganti menjadi kata “tantangan” karena akan terkesan lebih santun jika meminimalisir penggunaan kosakata asing. Serta, kata “pendorong” diubah menjadi kata “motivasi” karena tidak selalu kata “pendorong” itu bermakna positif. Bisa saja, sebagai contoh pada kalimat “kemiskinannya menjadi pendorong untuk melakukan kejahatan.”

    Terima Kasih.

    ReplyDelete
  2. Menelaah Unsur kebahasaan artikel berdasarkan materi kesantunan berbahasa

    Nama : Alfara Risa Zulfiyanti
    Kelas : XII IBB
    Absen : 03

    1. Kalimat yang baik dan komunikatif
    “Ada banyak cara yang dapat dilakukan oleh seorang pelajar dalam menghasilkan uang” Penggunaan kata “dalam” dalam kalimat tersebut kurang tepat karena menjadikan makna kalimat menjadi sedikit rancu. Menurut saya, perbaikan kalimatnya adalah “Ada banyak cara yang dapat dilakukan oleh seorang pelajar untuk menghasilkan uang.”

    2. Ketidaktepatan penempatan unsur-unsurnya
    “Walaupun niat atau motivasi menabung untuk pelajar itu berbeda-beda, setidaknya hal tersebut agar program ini dapat secara sukses terlaksana.” Penempatan beberapa kata dalam kalimat tersebut kurang tepat. Menurut saya, perbaikan kalimatnya adalah “Walaupun niat atau motivasi menabung untuk pelajar itu berbeda-beda, setidaknya hal tersebut agar program ini dapat terlaksana dengan sukses.”

    3. Penggunaan unsur kalimat yang berlebihan
    “Ada banyak pekerjaan yang ditawarkan untuk seorang pelajar seperti contohnya adalah sebagai penjaga toko atau minimarket yang jam kerjanya diluar jam sekolah.” Terdapat unsur kalimat yang berlebihan, padahal dua kata itu bermakna sama. Akan lebih baik bila dihilangkan salah satunya. Menurut saya, perbaikan kalimatnya adalah “Ada banyak pekerjaan yang ditawarkan untuk seorang pelajar contohnya adalah sebagai penjaga toko atau minimarket yang jam kerjanya diluar jam sekolah.”

    Terima kasih.

    ReplyDelete
  3. Menelaah Unsur kebahasaan artikel berdasarkan materi kesantunan berbahasa

    Nama : Sabhina Agni Naenara

    Kelas : IBB'18

    Absen :28

    1. Kalimat yang baik dan Komunikatif

    • Kutipan teks : "Akan tetapi terkadang pasti dalam diri kita ada rasa ingin menyisihkan uang untuk suatu hal yang belum bisa kita capai, sebagai contoh saat kita ingin membeli barang dengan harga yang mahal atau bisa juga saat kita ingin pergi berlibur." 

    Pada kalimat di atas terdapat beberapa kesalahan dalam penggunaan tanda baca dan terdapat pemborosan kata sehimgga tidak bisa disebut sebagai kalimat yang baik dan komunikatif. Seharusnya terdapat tanda baca koma setelah konjungsi "akan tetapi" serta pemborosan kata pada "terkadang pasti" dan "kita"

    •Perbaikam teks : "Akan tetapi, terkadang di dalam diri kita timbul rasa ingin menyisihkan uang untuk suatu hal yang belum bisa kita capai, sebagai contoh saat kita ingin membeli barang dengan harga yang mahal atau saat ingin pergi berlibur. 

    2. Ketidaktepatan penempatan unsur-unsurnya

    • Kutipan teks : "Tetapi, hal tersebut seringkali tidak berjalan lancar karena lagi-lagi kita menghabiskannya terlebih dahulu untuk hal lain."

    Pada kalimat di atas, konjungsi "tetapi" kurang tepat sebagai konjungsi antar paragraf. Sebaiknya diganti dengan konjungsi "Namun".

    3. Penggunaan unsur kalimat yang berlebihan

    • Kutipan teks : "Ada banyak pekerjaan yang ditawarkan untuk seorang pelajar seperti contohnya adalah sebagai penjaga toko atau minimarket yang jam kerjanya diluar jam sekolah."

    Terdapat pemborosan kata pada kata "seperti" dan "contohnya". Seharusnya cukup pilih salah satu dari kata tersebut.

    4. Pilihan kata tidak tepat

    • Kutipan teks : "Akan tetapi terkadang pasti dalam diri kita ada rasa ingin menyisihkan uang untuk suatu hal yang belum bisa kita capai, sebagai contoh saat kita ingin membeli barang dengan harga yang mahal atau bisa juga saat kita ingin pergi berlibur." 

    Pemilihan diksi pada kata "ada" seharusnya "muncul" atau "timbul".

    ReplyDelete
  4. Menelaah Unsur Kebahasaan Artikel berdasarkan Materi Kesantunan Berbahasa

    Nama: Talitha R. R. B
    Kelas: 12 IBB
    Absen: 32

    1. Kalimat yang baik dan Komunikatif

    • Kutipan teks: "menabung untuk pelajar SMA agak sedikit berbeda dengan orang dewasa pada umumnya."

    Terdapat kata "agak" yang memiliki makna sama dengan kata "sedikit", jadi menurut saya lebih baik menggunakan salah satu dari kata tersebut.

    • Perbaikan kalimat: "Cara menabung untuk pelajar SMA sedikit berbeda dengan orang dewasa pada umumnya."

    • Kutipan teks: "Tetapi, hal tersebut seringkali tidak berjalan lancar karena lagi-lagi kita menghabiskannya terlebih dahulu untuk hal lain."

    • Perbaikan teks: "Tetapi, hal tersebut seringkali tidak berjalan lancar karena kita menghabiskannya lebih dulu untuk hal yang lain."

    2. Ketidaktepatan penempatan unsur-unsurnya

    • Kutipan teks: "Akan tetapi terkadang pasti dalam diri kita ada rasa ingin menyisihkan uang untuk suatu hal yang belum bisa kita capai.."

    Terdapat kata "pasti" yang menurut saya tidak tepat, lebih baik tidak menggunakan kata tersebut.

    • Perbaikan teks: "Akan tetapi, terkadang dalam diri kita ada rasa ingin menyisihkan uang untuk suatu hal yang belum bisa kita capai.."

    • Kutipan teks: "Saat menabung, kalian tidak bisa hanya mengandalkan uang saku dari orang tua. Hal tersebut memang tidak dilarang..."

    Kata "tidak bisa" dan "hanya" terasa janggal,

    • Perbaikan teks: "Saat menabung, kalian tidak hanya mengandalkan uang saku dari orang tua. Hal tersebut memang tidak dilarang..."

    3. Penggunaan unsur kalimat yang berlebihan

    • Kutipan teks: "Semakin kita bertambah dewasa, kebutuhan kita semakin bervariasi"

    Terdapat pemborosan kata "kita"

    • Perbaikan teks: "Semakin kita bertambah dewasa, kebutuhan semakin bervariasi"

    Kutipan teks: "Hal ini adalah hal yang sangat penting. Kalian harus meletakkan uang kalian ditempat yang aman karena jika tidak, uang kalian bisa hilang karena kecerobohan kalian sendiri."

    Terdapat kata yang diulang-ulang yaitu kata "Hal" dan "Kalian".

    • Perbaikan teks: ""Ini merupakan hal yang sangat penting. Kalian harus meletakkan uang ditempat yang aman. Jika tidak, uang bisa hilang karena kecerobohan kalian sendiri."

    4. Pilihan kata tidak tepat

    • Kutipan Teks: "Atau kalian juga bisa menitipkannya keorang yang bisa kalian percaya. Pilihan yang terakhir adalah kalian bisa menyetorkan uang kalian ke bank sebagai tempat menabung untuk pelajar."

    • Perbaikan teks: " kalian dapat menitipkan kepada seseorang yang kalian percayai. Dan untuk pilihan terakhir, kalian dapat menyetorkan uang ke bank sebagai tempat menabung bagi para pelajar."

    ReplyDelete
  5. Menelaah Unsur Kebahasaan Artikel Berdasarkan Materi Kesantunan Berbahasa

    Nama : Fanny Rahmawan
    Kelas : XII IBB
    Absen : 10

    1. Kalimat yang baik dan komunikatif
    "Ada banyak pekerjaan yang ditawarkan untuk seorang pelajar seperti contohnya adalah sebagai penjaga toko atau minimarket yang jam kerjanya diluar jam sekolah." Kalimat tersebut cenderung berbelit-belit dan tidak efektif, sehingga dapat menyebabkan kebingungan pada pembaca. Perbaikan kata yang tepat dapat dilakukan dengan penghilangan dan penggantian beberapa unsur kata. "Ada banyak pekerjaan yang ditawarkan untuk seorang pelajar, contohnya adalah penjaga toko atau minimarket yang jam kerjanya diluar kegiatan sekolah."

    2. Ketidaktepatan penempatan pada unsur-unsurnya
    "cara agar bisa menabung untuk pelajar yang pertama adalah dengan memiliki tekad yang bulat dan juga niat." Kalimat tersebut terasa janggal dan terkesan kurang pas saat dibaca. Sebaiknya kalimat tersebut diperbaiki menjadi "cara pertama untuk pelajar agar bisa menabung adalah dengan memiliki tekad yang bulat dan juga niat."

    3. Penggunaan unsur yang berlebihan
    "Di dunia serba modern ini, ada banyak cara yang dapat dilakukan oleh para pelajar untuk dapat menghasilkan uang." Kata "dapat" pada kalimat tersebut digunakan sebanyak 2 kali, hal ini menyebabkan pemborosan kata. Perbaikan kalimat yang benar adalah "Di dunia serba modern ini, ada banyak cara yang dapat dilakukan oleh para pelajar untuk menghasilkan uang."

    4. Pilihan kata tidak tepat
    "Kita harus memiliki tujuan menabung yang jelas agar kita semakin semangat mengumpulkan uangnya." Alangkah baiknya kata "semakin" diganti. "Kita harus memiliki tujuan menabung yang jelas agar kita lebih semangat mengumpulkan uangnya."

    ReplyDelete
  6. Mengomentari Artikel : 8 Tips Menabung Untuk Pelajar Anti Boros Nama : Ike Rohmujatul Janah
    No : 15
    Kelas : XII-IBB

    "Tidak sedikit orang yang merasa kesulitan dalam mengatur pengeluaran. "
    penggunaan kata 'pengeluaran' saya rasa agak kurang tepat, karena tidak ada kejelasan selanjutnya dalam kalimat. Kata pengeluaran bisa di ganti dengan keuangan sehingga kalimat menjadi, "Tidak sedikit orang yang merasa kesulitan dalam mengatur keuangan".
    "Terkadang mereka merasa tidak dapat mengendalikan diri sendiri untuk tidak membeli hal yang tidak begitu penting."
    penggunaan kata 'mereka' kurang tepat. Karena menurut saya kata 'terkadang' itu digunakan untuk beberapa orang saja sementara untuk kata mereka di gunakan untuk mencakup semua orang, sehingga kata 'mereka' bisa diganti dengan 'beberapa orang'. Selain itu penggunaan 'diri sendiri' bisa diganti menjadi 'diri mereka sendiri' agar tidak seakan menunjuk dirinya sendiri.

    Penggunaan kata 'mereka' dalam 'diri mereka sendiri ini' saya rasa bisa digunakan karena pada kata di awal kalimat menggunakan 'beberapa orang' sehingga yang di maksud dari 'mereka' ini adalah beberapa orang tadi. Kalimat perbaikannya menjadi seperti ini "Terkadang beberapa orang merasa tidak dapat mengendalikan diri mereka sendiri untuk tidak membeli hal yang tidak begitu penting." "Hal ini sangat benar adanya." pada kalimat tersebut, terdapat pemborosan kata. Pada kata 'sangat' dan 'benar'. Padahal dalam kalimat tersebut bisa menggunakan kata 'benar' saja. Seperti "Hal ini benar adanya." "Walaupun niat atau motivasi menabung untuk pelajar itu berbeda-beda, setidaknya hal tersebut agar program ini dapat secara sukses terlaksana." pada kalimat tersebut terdapat kata acak sehingga tidak bisa menyusun kalimat menjadi kalimat yang baik, selain itu ada beberapa kata yang tidak di tambahkan sehingga kalimat menjadi kurang pas. Perbaikan yang bisa digunakan untuk kalimat tersebut adalah "Walaupun niat atau motivasi menabung untuk pelajar itu berbeda-beda, setidaknya hal tersebut mampu menjadikan program menabung ini dapat terlaksana secara sukses" "Semisal setiap harinya kita mendapatkan uang Rp30.000,00, kita hitung juga berapa pengeluaran kita dalam satu hari." Penggunaan kata 'semisal' agak kurang tepat menurut saya, selain itu harus ada penambahan beberapa kata dalam kalimat tersebut agar menjadi kalimat yang padu, seperti "Misalkan setiap harinya kita mendapatkan uang Rp30.000,00, dari uang tersebut kita juga harus menghitung berapa pengeluaran kita dalam satu hari." "Dalam 1 bulan kedepan kalian sudah harus mendapatkan berapa rupiah didalam tabungan kalian." penggunaan kata 'mendapatkan' dapat memiliki makna menghasilkan atau menemukan rupiah dalam tabungan, sehingga kata tersebut tidak sesuai dengan kalimat. Maka untuk kalimat tersebut dapat menggunakan kata 'mengumpulkan'. Selain itu ada juga pemborosan kata pada kalimat tersebut, yaitu pada kata 'sudah' dan 'harus'. Perbaikannya "Dalam 1 bulan kedepan kalian harus mengumpulkan berapa rupiah didalam tabungan kalian." "Aturan khusus untuk aplikasi menabung untuk pelajar yang mengharuskan si anak memiliki identitas resmi." penggunaan kata 'untuk' sebelum kata 'aplikasi' kurang tepat sebab akan menumbulkan presepsi bahwa aturan tersebut di buat untuk ditujukan kepada aplikasi. Kata 'untuk' sendiri bisa di ganti dengan kata 'dari', menjadi "Aturan khusus dari aplikasi menabung untuk pelajar yang mengharuskan si anak memiliki identitas resmi." atau bisa juga menjadi kalimat "Aplikasi menabung memiliki aturan khusus bagi pelajar yang mengharuskan si anak memiliki identitas resmi."

    ReplyDelete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  8. Menelaah Unsur kebahasaan artikel berdasarkan materi kesantunan berbahasa

    Nama : Shevy Rahmawati Dewi
    Kelas : XII IBB
    Absen : 30

    1. Kalimat yang baik dan komunikatif
    "Coba bayangkan saat kalian melalukan sesuatu tanpa niat dari hati, pastinya kalian tidak melakukannya dengan sepenuh hati dan mencari-cari kesempatan untuk berhenti melakukan hal tersebut. Sama halnya dengan saat kalian menabung."
    Penggunaan kata pada kalimat tersebut terlalu berbelit belit. Menurut saya, kata di atas bisa saja dipersingkat seperti ini tanpa perlu menghilangkan makna yang dimaksudnya.
    "Bayangkan jika kalian ingin melakukan sesuatu tanpa niat dari hati, kalian pasti tidak akan melakukannya dengan sepenuh hati dan mencari–cari kesempatan untuk berhenti."

    2. Ketidaktepatan penempatan unsur-unsurnya
    "Selain uang saku dari orang tua, pelajar juga dapat menambah penghasilan dengan cara lain, seperti berjualan online maupun menggunakan aplikasi penghasil uang yang tersedia di google playstore."
    Pada penggalan kalimat diatas, konjungsi "seperti" lebih baik diganti dengan konjungsi "misalnya" dengan beberapa penempatan tanda baca yang sedikit diubah menjadi seperti ini.
    "Selain uang saku dari orang tua, pelajar juga dapat menambah penghasilan dengan cara lain. Misalnya, dengan berjuan online maupun menggunakan aplikasi penghasil uang."

    3. Penggunaan unsur kalimat yang berlebihan
    "Semakin kita bertambah dewasa, kebutuhan kita semakin bervariasi"
    penggunaan kata "kita" lebih baik digunakan satu kali saya, bisa pada awal kalimat atau akhir kalimat. seperti "semakin bertambah dewasa, kebutuhan kita semakin bervariasi" atau "semakin kita bertambah dewasa, kebutuhan semakin bervariasi"

    4. Pilihan kata tidak tepat
    Kalian harus meletakkan uang kalian ditempat yang aman karena jika tidak, uang kalian bisa hilang karena kecerobohan kalian sendiri.
    terlalu banyak kata "kalian" lebih baik diganti menjadi
    "Kalian harus meletakkan uang ditempat yang aman karena jika tidak, uang kalian bisa hilang karena kecerobahan kalian sendiri."

    ReplyDelete
  9. Menelaah Unsur kebahasaan artikel berdasarkan materi kesantunan berbahasa

    Nama : Rahmatul Hasanah
    Kelas : XII IBB
    Absen : 26

    Kalimat yang baik dan komunikatif
    "Coba bayangkan saat kalian melalukan sesuatu tanpa niat dari hati, pastinya kalian tidak melakukannya dengan sepenuh hati dan mencari-cari kesempatan untuk berhenti melakukan hal tersebut. Sama halnya dengan saat kalian menabung."
    Penggunaan kata pada kalimat tersebut terlalu berbelit belit. Menurut saya, kata di atas bisa saja dipersingkat seperti ini tanpa perlu menghilangkan makna yang dimaksudnya.
    "Bayangkan jika kalian ingin melakukan sesuatu tanpa niat dari hati, kalian pasti tidak akan melakukannya dengan sepenuh hati dan mencari–cari kesempatan untuk berhenti."
    Penggunaan unsur kalimat yang berlebihan
    "Semakin kita bertambah dewasa, kebutuhan kita semakin bervariasi"
    penggunaan kata "kita" lebih baik digunakan satu kali saya, bisa pada awal kalimat atau akhir kalimat. seperti "semakin bertambah dewasa, kebutuhan kita semakin bervariasi" atau "semakin kita bertambah dewasa, kebutuhan semakin bervariasi"
    Pilihan kata tidak tepat
    Kalian harus meletakkan uang kalian ditempat yang aman karena jika tidak, uang kalian bisa hilang karena kecerobohan kalian sendiri.
    terlalu banyak kata "kalian" lebih baik diganti menjadi
    "Kalian harus meletakkan uang ditempat yang aman karena jika tidak, uang kalian bisa hilang karena kecerobahan kalian sendiri."
    "Tidak sedikit orang yang merasa kesulitan dalam mengatur pengeluaran. " penggunaan kata 'pengeluaran' saya rasa agak kurang tepat, karena tidak ada kejelasan selanjutnya dalam kalimat. Kata pengeluaran bisa di ganti dengan keuangan sehingga kalimat menjadi, "Tidak sedikit orang yang merasa kesulitan dalam mengatur keuangan".
    "Terkadang mereka merasa tidak dapat mengendalikan diri sendiri untuk tidak membeli hal yang tidak begitu penting." Selain itu penggunaan 'diri sendiri' bisa diganti menjadi 'diri mereka sendiri' agar tidak seakan menunjuk dirinya sendiri. Penggunaan kata 'mereka' dalam 'diri mereka sendiri ini' saya rasa bisa digunakan karena pada kata di awal kalimat menggunakan 'beberapa orang' sehingga yang di maksud dari 'mereka' ini adalah beberapa orang tadi.
    Kalimat perbaikannya menjadi seperti ini "Terkadang beberapa orang merasa tidak dapat mengendalikan diri mereka sendiri untuk tidak membeli hal yang tidak begitu penting." "Hal ini sangat benar adanya."
    Pada kalimat tersebut, terdapat pemborosan kata. Pada kata 'sangat' dan 'benar'. Padahal dalam kalimat tersebut bisa menggunakan kata 'benar' saja. Seperti "Hal ini benar adanya." "Walaupun niat atau motivasi menabung untuk pelajar itu berbeda-beda, setidaknya hal tersebut agar program ini dapat secara sukses terlaksana." pada kalimat tersebut terdapat kata acak sehingga tidak bisa menyusun kalimat menjadi kalimat yang baik, selain itu ada beberapa kata yang tidak di tambahkan sehingga kalimat menjadi kurang pas. Perbaikan yang bisa digunakan untuk kalimat tersebut adalah "Walaupun niat atau motivasi menabung untuk pelajar itu berbeda-beda, setidaknya hal tersebut mampu menjadikan program menabung ini dapat terlaksana secara sukses"

    ReplyDelete
  10. Mengomentari 8 tips menabung untuk Pelajar Anti boros
    Nama : Putri Nur Cahayani
    Kelas : XII IBB
    Absen :25
    "Coba bayangkan saat kalian melalukan sesuatu tanpa niat dari hati, pastinya kalian tidak melakukannya dengan sepenuh hati dan mencari-cari kesempatan untuk berhenti melakukan hal tersebut. Sama halnya dengan saat kalian menabung."
    Kata yang di gunakan membuat makna hilang karena kata yang di gunakan berputar-putar bahasa nya
    "Tidak sedikit orang yang merasa kesulitan dalam mengatur pengeluaran."
    Kata dalam bahasa tersebut menurut saya kurang karena tidak kata selanjutnya dalam kalimat tersebut.
    -Akan tetapi terkadang pasti dalam diri kita ada rasa ingin menyisihkan uang untuk suatu hal yang belum bisa kita capai.
    - Akan tetapi, dalam diri kita pasti ada rasa ingin menyisihkan uang untuk suatu hal belum bisa kita capai.
    Dalam kalimat tersebut penggunaan Unsur-unsur Kalimantnya berlebihan

    "Hal ini sangat benar adanya." pada kalimat tersebut, terdapat pemborosan kata. Pada kata 'sangat' dan 'benar'. Padahal bisa mengunakan kata benar saja.

    ReplyDelete
  11. Menelaah Unsur kebahasaan artikel berdasarkan materi kesantunan berbahasa

    Nama : Ika Dini Febrianti
    Kelas : XII-IBB
    Absen : 14

    1. Kalimat yang baik dan komunikatif
    • "Saat menabung, kalian tidak bisa hanya mengandalkan uang saku dari orang tua. Hal tersebut memang tidak dilarang, tapi alangkah baiknya saat kalian menabung kalian juga sudah memiliki penghasilan sendiri walaupun dalam jumlah yang sangat kecil. Selain itu, uang yang kalian hasilkan sendiri juga akan mempercepat tabungan kalian bertambah".

    Dalam kalimat tersebut seharusnya kata hanya bisa dihilangkan, dan kata "alangkah baiknya" diganti dengan "sebaiknya" dan kata "kalian" ada dua seharusnya dihilangkan satu. Menurut saya perbaikan kalimatnya adalah "Saat menabung, kalian tidak bisa mengandalkan uang saku dari orang tua. Hal tersebut memang tidak dilarang, tapi sebaiknya saat kalian menabung sudah memiliki penghasilan sendiri walaupun dengan jumlah yang kecil. Selain itu, uang yang dihasilkan sendiri akan mempercepat tabungan".

    2. Ketidaktepatan penempatan unsur-unsurnya
    • "Disiplin dan konsisten adalah hal yang berkaitan satu sama lain. Saat kalian hendak mencapai suatu tujuan pastikan melakukannya dengan disiplin dan konsisten".

    Dalam kalimat tersebut penempatan katanya kurang baik dan tepat. Menurut saya perbaikannya adalah " Disiplin dan konsisten adalah hal yang berkaitan satu sama lain. Saat kalian akan mencapai suatu tujuan pastikan melakukan dengan disiplin dan konsisten".

    • "Nah disini, kalian dapat meminimalisir pengeluaran berubah kalian. Kalian juga bisa memberikan batasan untuk nominal dari pengeluaran berubah".

    Dalam kalimat tersebut penempatan katanya kurang tepat dan ada pengganti konjungsi "untuk".Perbaikan kalimatnya adalah "Nah disini, kalian dapat meminimalisir perubahan pengeluaran. Kalian juga bisa memberi batasan dengan nominal dari perubahan pengeluaran".

    3. Penggunaan unsur kalimat yang berlebihan
    • "Aturan khusus untuk aplikasi menabung untuk pelajar yang mengharuskan si anak memiliki identitas resmi.Identitas tersebut dapat berupa kartu pelajar maupun KTP".

    Dalam kalimat tersebut terdapat pemborosan kata dan berbelit-belit. Perbaikan kalimatnya adalah " Aturan aplikasi menabung bagi pelajar harus meiliki identitas resmi. Identitas tersebut berupa kartu pelajar atay KTP".

    4. Pilihan kata tidak tepat
    • "Atau kalian juga bisa menitipkannya keorang yang bisa kalian percaya. Pilihan yang terakhir adalah kalian bisa menyetorkan uang kalian ke bank sebagai tempat menabung untuk pelajar".

    Dalam kalimat tersebut ada pilihan kata yang belum tepat yaitu "keorang" diganti "pada orang" .
    Perbaikan kalimatnya adalah " kalian bisa menitipkan pada orang yang dipercaya. Pilihan terakhir kalian bisa menyetorkan uang kalian ke bank sebagai tempat menabung bagi para pelajar".

    ReplyDelete
  12. Menelaah Unsur kebahasaan artikel berdasarkan materi kesantunan berbahasa

    Nama : Dewi Intan Permatasari
    Kelas : XII IBB
    Absen : 08

    1. Penggunaan unsur kalimat yang berlebihan.
    Kalimat : "Semakin kita bertambah dewasa, kebutuhan kita semakin bervariasi"
    penggunaan kata "kita" lebih baik digunakan satu kali saya, bisa pada awal kalimat atau akhir kalimat. seperti "semakin bertambah dewasa, kebutuhan kita semakin bervariasi" atau "semakin kita bertambah dewasa, kebutuhan semakin bervariasi"

    2. Kalimat yang baik dan komunikatif
    Kalimat : "Coba bayangkan saat kalian melakukan sesuatu tanpa niat dari hati, pastinya kalian tidak melakukannya dengan sepenuh hati dan mencari-cari kesempatan untuk berhenti melakukan hal tersebut. Sama halnya dengan saat kalian menabung."
    Penggunaan kata pada kalimat tersebut terlalu berbelit belit.
    Menurut saya, kata di atas bisa dipersingkat tanpa perlu menghilangkan makna yang dimaksud. Misalnya seperti ini :
    "Bayangkan jika kalian ingin melakukan sesuatu tanpa niat dari hati, kalian pasti tidak akan melakukannya dengan sepenuh hati dan mencari–cari kesempatan untuk berhenti."

    3. Pilihan kata tidak tepat
    • Atau kalian juga bisa menitipkannya keorang yang bisa kalian percaya. Pilihan yang terakhir adalah kalian bisa menyetorkan uang kalian ke bank sebagai tempat menabung untuk pelajar.
    Dalam kalimat tersebut ada pilihan kata yang belum tepat yaitu "keorang" diganti "pada orang" .
    Perbaikan kalimatnya adalah " kalian bisa menitipkan pada orang yang dipercaya. Pilihan terakhir kalian bisa menyetorkan uang kalian ke bank sebagai tempat menabung bagi para pelajar".

    4. Ketidaktepatan penempatan unsur-unsurnya
    • Disiplin dan konsisten adalah hal yang berkaitan satu sama lain. Saat kalian hendak mencapai suatu tujuan pastikan melakukannya dengan disiplin dan konsisten.
    Dalam kalimat tersebut penempatan katanya kurang baik dan tepat. Menurut saya perbaikannya adalah " Disiplin dan konsisten adalah hal yang berkaitan satu sama lain. Saat kalian akan mencapai suatu tujuan pastikan melakukan dengan disiplin dan konsisten.



    ReplyDelete
  13. Nama: Nathannael Christian
    Kelas: XII IBB
    Absen: 24

    1. Kalimat yang baik dan komunikatif
    • "Saat menabung, kalian tidak bisa hanya mengandalkan uang saku dari orang tua. Hal tersebut memang tidak dilarang, tapi alangkah baiknya saat kalian menabung kalian juga sudah memiliki penghasilan sendiri walaupun dalam jumlah yang sangat kecil. Selain itu, uang yang kalian hasilkan sendiri juga akan mempercepat tabungan kalian bertambah".

    Dalam kalimat tersebut seharusnya kata hanya bisa dihilangkan, dan kata "alangkah baiknya" diganti dengan "sebaiknya" dan kata "kalian" ada dua seharusnya dipakai satu saja. Menurut saya perbaikan kalimatnya adalah ada di: "Saat menabung, kalian tidak bisa mengandalkan uang saku dari orang tua. Hal tersebut memang tidak dilarang, tapi sebaiknya saat kalian menabung sudah memiliki penghasilan sendiri walaupun dengan jumlah yang kecil. Selain itu, uang yang dihasilkan sendiri akan mempercepat tabungan".

    2. Ketidaktepatan penempatan unsur-unsur pada kata
    • "Disiplin dan konsisten adalah hal yang berkaitan satu sama lain. Saat kalian hendak mencapai suatu tujuan pastikan melakukannya dengan disiplin dan konsisten".

    Dalam kalimat tersebut penempatan (katanya) kurang baik dan kurang tepat. Menurut saya perbaikan yang perlu dilakukan adalah " Disiplin dan konsisten adalah hal yang berkaitan satu sama lain. Saat kalian akan mencapai suatu tujuan pastikan melakukan dengan disiplin dan konsisten".

    • "Nah disini, kalian dapat meminimalisir pengeluaran berubah kalian. Kalian juga bisa memberikan batasan untuk nominal dari pengeluaran berubah".

    Dalam kalimat tersebut penempatan katanya kurang tepat dan ada pengganti konjungsi (Untuk). Perbaikan kalimatnya adalah "Nah disini, kalian dapat meminimalisir perubahan pengeluaran. Kalian juga bisa memberi batasan dengan nominal dari perubahan pengeluaran".

    3. Penggunaan unsur kalimat yang terlalu berlebihan
    • "Aturan khusus untuk aplikasi menabung untuk pelajar yang mengharuskan si anak memiliki identitas resmi.Identitas tersebut dapat berupa kartu pelajar maupun KTP".

    Pada kalimat tersebut terdapat pemborosan kata dan berbelit-belit. Perbaikan kalimat yang harus dilakukan adalah "Aturan aplikasi menabung bagi pelajar harus meiliki identitas resmi. Identitas tersebut berupa kartu pelajar atay KTP".

    4. Pilihan kata yang tidak tepat
    • "Atau kalian juga bisa menitipkannya keorang yang bisa kalian percaya. Pilihan yang terakhir adalah kalian bisa menyetorkan uang kalian ke bank sebagai tempat menabung untuk pelajar".

    Dalam kalimat tersebut ada pilihan kata yang belum tepat yaitu (ke orang) diganti menjado (pada orang) .
    Perbaikan kalimat yang seharusnya dilakukan adalah " kalian bisa menitipkan pada orang yang dipercaya. Pilihan terakhir kalian bisa menyetorkan uang kalian ke bank sebagai tempat menabung bagi para pelajar".

    ReplyDelete
  14. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  15. Menelaah Unsur kebahasaan artikel berdasarkan materi kesantunan berbahasa

    Nama : Zahrotul Jannah
    Kelas : XII IBB 18'
    No. Absen : 36

    1. Kalimat Yang Baik Dan Komunikatif

    Kutipan Teks : " Tetapi, hal tersebut seringkali tidak berjalan lancar karena lagi-lagi kita menghabiskan terlebih dahulu untuk hal lain."

    Pada kalimat diatas, terdapat pemborosan kata "Terlebh" dan " dahulu", menurut saya lebih baik kata "Dahulu dihilangkan.

    Perbaika Teks : " Tetapi, hal tersebut seringkali tidak berjalan lancar karena lagi-lagi kita menghabiskan terlebih untuk hal lain."

    Kutipan Teks : " Menabung untuk pelajar SMA agak sedikit berbedah dengan orang dewasa pada umumnya."

    Pada kalimat tersebut, kata "Agak" dan "Sedikit" memiliki pengertian yang sama, menurut saya lebih baik kata "Agak" dihilangkan.

    Perbaikan Kalimat :" Menabung untuk pelajar SMA sedikit berbedah dengan orang dewasa pada umumnya."

    2. Ketidaktepatan Penempatan Unsur-Unsurnya

    Kutipan Teks : " Ada banyak cara yang dapat dilakukan oleh seseorang pelajar dalam menghasilkan uang."

    Pada kata "Dalam" saya rasa kurang tepat jika digunakan dalam kalimat tersebut, sehingga lebih baik diganti dengan kata "Untuk".

    Perbaikan Kalimat : " " Ada banyak cara yang dapat dilakukan oleh seseorang pelajar untuk menghasilkan uang."

    Kutipan Teks : " Saat menabung, kalian tidak bisa hanya mengandalkan uang saku dari orang tua."

    Kata "Bisa" Kurang tepat jika berada dikalimat tersebut. Jadi, kata "bisa" lebih baik dihilangkan dan ditambah kata "Seharusnya".

    Perbaikan Kaimat : " Saat menabung, kalian seharusnya tidak hanya menganalkan uang saku dari orang tua."

    3. Penggunaan Unsur Kalimat Yang Berlebihan

    Kutipan Teks : " Ada banyak Pekerjaan yang ditawarkan untuk seseorang pelajar seperti contohnya adalah sebagai penjaga tokoh atau minimarket yang jam kerjanya diluar jam sekolah."

    Pada kalimat tersebut terdapat 2 kata yang bermakna sama yaitu " Seperti" dan " Contohnya". Sehingga Salah satu harus dihilangkan.

    Perbaikan Kalimat : "Ada banyak Pekerjaan yang ditawarkan untuk seseorang pelajar contohnya adalah sebagai penjaga tokoh atau minimarket yang jam kerjanya diluar jam sekolah."

    4. Pilihlah Kata Yang Tidak Tepat

    Kutipan Teks : "Jadi jika kalian hendak menabung pastikan kalian selalu melakukannya dengan konsisten."

    Dalam Kalimat tersebut, Kata "Kalian" diulang - ulang, sehingga ada beberapa kata "Kalian" disitu. Jadi, lebih baik salah satu dihilangkan.

    Perbaikan Kalimat : " Jadi jika kalian hendak menabung pastikan selalu melakukannya dengan konsisten."

    ReplyDelete
  16. Menelaah Unsur Kebahasaan Artikel Berdasarkan Materi Kesantunan Berbahasa

    Nama : Muhammad Muhajir M
    Kelas : XII IBB
    Absen : 21

    1. Kalimat yang baik dan komunikatif

    "Oleh karenanya, sebelum kalian mulai menabung, tentukan dulu untuk apa uang tabungan kalian nanti. Kita harus memiliki tujuan menabung yang jelas agar kita semakin semangat mengumpulkan uangnya."
    Menurut saya kalimat tersebut kurang efektif karena dapat membingungkan bagi pembaca. Perbaikan kata yang tepat dapat dilakukan dengan mengubah beberapa kata tersebut.
    "Oleh karena itu, sebelum kalian memulai menabung, tebtukan dulu untuk apa uang tabungan tersebut. Kita harus memiliki tujuan yang jelas agar semakin semangat untuk menabung.

    2. Ketidaktepatan penempatan pada unsur-unsurnya

    "Walaupun niat atau motivasi menabung untuk pelajar itu berbeda-beda, setidaknya hal tersebut agar program ini dapat secara sukses terlaksana."
    Kalimat tersebut terasa kurang pas saat dibaca. Sebaiknya kalimat tersebut diperbaiki menjadi
    "Walaupun niat dan motivasi menabung pelajar berbeda-beda, setidaknya progam ini dapat terlaksana secara sukses"


    3. Penggunaan unsur yang berlebihan

    "Atau kalian juga bisa menitipkannya keorang yang bisa kalian percaya. Pilihan yang terakhir adalah kalian bisa menyetorkan uang kalian ke bank sebagai tempat menabung untuk pelajar."
    Dalam kalimat tersebut ada pilihan kata yang belum tepat yaitu keorang seharusnya menjadi kepada orang.Perbaikan kalimatnya adalah
    "kalian bisa menitipkan kepada orang yang dipercaya. Pilihan terakhir kalian bisa menyetorkan uang kalian ke bank sebagai tempat menabung bagi pelajar".

    4. Pemilihan kata yang tidak tepat

    "Disiplin dan konsisten adalah hal yang berkaitan satu sama lain. Saat kalian hendak mencapai suatu tujuan pastikan melakukannya dengan disiplin dan konsisten."
    Dalam kalimat tersebut penempatan katanya kurang baik dan tepat pada kata "pastikan" diganti dengan "maka". Menurut saya perbaikannya adalah " Disiplin dan konsisten adalah hal yang berkaitan satu sama lain. Saat kalian akan mencapai suatu tujuan maka harus melakukan dengan disiplin dan konsisten.


    ReplyDelete
  17. Nama : Kiki Chandra Amelia
    Kelas : 12 IBB
    Absen :18

    Kalimat yang baik dan Komunikatif
    • “Semakin kita bertambah dewasa, kebutuhan kita semakin bervariasi.” Penggunaan kata subjek “Kita” pada kalimat itu sudah jelas, jadi tidak perlu di tambah dengan kata subjek yang sama. Menurut saya, perbaikan kalimatnya adalah “Semakin kita bertambah dewasa, kebutuhan juga akan semakin bervariasi.”
    Ketidaktepatan penempatan unsur-unsurnya
    • "Disiplin dan konsisten adalah hal yang berkaitan satu sama lain. Saat kalian hendak mencapai suatu tujuan pastikan melakukannya dengan disiplin dan konsisten".
    Dalam kalimat tersebut penempatan katanya kurang baik dan tepat. Menurut saya perbaikannya adalah " Disiplin dan konsisten adalah hal yang berkaitan satu sama lain. Saat kalian akan mencapai suatu tujuan pastikan melakukan dengan disiplin dan konsisten".
    • "Nah disini, kalian dapat meminimalisir pengeluaran berubah kalian. Kalian juga bisa memberikan batasan untuk nominal dari pengeluaran berubah".
    Dalam kalimat tersebut penempatan katanya kurang tepat dan ada pengganti konjungsi "untuk".Perbaikan kalimatnya adalah "Nah disini, kalian dapat meminimalisir perubahan pengeluaran. Kalian juga bisa memberi batasan dengan nominal dari perubahan pengeluaran".
    Pilihan kata tidak tepat
    • Atau kalian juga bisa menitipkannya keorang yang bisa kalian percaya. Pilihan yang terakhir adalah kalian bisa menyetorkan uang kalian ke bank sebagai tempat menabung untuk pelajar.
    Dalam kalimat tersebut ada pilihan kata yang belum tepat yaitu "keorang" diganti "pada orang" .
    Perbaikan kalimatnya adalah " kalian bisa menitipkan pada orang yang dipercaya. Pilihan terakhir kalian bisa menyetorkan uang kalian ke bank sebagai tempat menabung bagi para pelajar".

    ReplyDelete
  18. Menelaah Unsur kebahasaan artikel berdasarkan materi kesantunan berbahasa

    Nama : Salsabillah Reghita Aulia
    Kelas : XII IBB
    No. Absen : 29

    1. Kalimat Yang Baik Dan Komunikatif

    Kutipan Teks : " Tetapi, hal tersebut seringkali tidak berjalan lancar karena lagi-lagi kita menghabiskan terlebih dahulu untuk hal lain."

    Pada kalimat diatas, terdapat pemborosan kata "Terlebh" dan " dahulu", menurut saya lebih baik kata "Dahulu dihilangkan.

    Perbaika Teks : " Tetapi, hal tersebut seringkali tidak berjalan lancar karena lagi-lagi kita menghabiskan terlebih untuk hal lain."

    Kutipan Teks : " Menabung untuk pelajar SMA agak sedikit berbedah dengan orang dewasa pada umumnya."

    Pada kalimat tersebut, kata "Agak" dan "Sedikit" memiliki pengertian yang sama, menurut saya lebih baik kata "Agak" dihilangkan.

    Perbaikan Kalimat :" Menabung untuk pelajar SMA sedikit berbedah dengan orang dewasa pada umumnya."

    2. Ketidaktepatan Penempatan Unsur-Unsurnya

    Kutipan Teks : " Ada banyak cara yang dapat dilakukan oleh seseorang pelajar dalam menghasilkan uang."

    Pada kata "Dalam" saya rasa kurang tepat jika digunakan dalam kalimat tersebut, sehingga lebih baik diganti dengan kata "Untuk".

    Perbaikan Kalimat : " " Ada banyak cara yang dapat dilakukan oleh seseorang pelajar untuk menghasilkan uang."

    Kutipan Teks : " Saat menabung, kalian tidak bisa hanya mengandalkan uang saku dari orang tua."

    Kata "Bisa" Kurang tepat jika berada dikalimat tersebut. Jadi, kata "bisa" lebih baik dihilangkan dan ditambah kata "Seharusnya".

    Perbaikan Kaimat : " Saat menabung, kalian seharusnya tidak hanya menganalkan uang saku dari orang tua."

    3. Penggunaan Unsur Kalimat Yang Berlebihan

    Kutipan Teks : " Ada banyak Pekerjaan yang ditawarkan untuk seseorang pelajar seperti contohnya adalah sebagai penjaga tokoh atau minimarket yang jam kerjanya diluar jam sekolah."

    Pada kalimat tersebut terdapat 2 kata yang bermakna sama yaitu " Seperti" dan " Contohnya". Sehingga Salah satu harus dihilangkan.

    Perbaikan Kalimat : "Ada banyak Pekerjaan yang ditawarkan untuk seseorang pelajar contohnya adalah sebagai penjaga tokoh atau minimarket yang jam kerjanya diluar jam sekolah."

    4. Pilihlah Kata Yang Tidak Tepat

    Kutipan Teks : "Jadi jika kalian hendak menabung pastikan kalian selalu melakukannya dengan konsisten."

    Dalam Kalimat tersebut, Kata "Kalian" diulang - ulang, sehingga ada beberapa kata "Kalian" disitu. Jadi, lebih baik salah satu dihilangkan.

    Perbaikan Kalimat : " Jadi jika kalian hendak menabung pastikan selalu melakukannya dengan konsisten."

    ReplyDelete
  19. Menelaah Unsur Kebahasaan Artikel Berdasarkan Materi Kesantunan Berbahasa

    Nama : Leny Octaviani
    Kelas : XII IBB
    Absen : 19

    1. Kalimat yang baik dan komunikatif

    "Oleh karenanya, sebelum kalian mulai menabung, tentukan dulu untuk apa uang tabungan kalian nanti. Kita harus memiliki tujuan menabung yang jelas agar kita semakin semangat mengumpulkan uangnya."
    Menurut saya kalimat tersebut kurang efektif karena dapat membingungkan bagi pembaca. Perbaikan kata yang tepat dapat dilakukan dengan mengubah beberapa kata tersebut.
    "Oleh karena itu, sebelum kalian memulai menabung, tebtukan dulu untuk apa uang tabungan tersebut. Kita harus memiliki tujuan yang jelas agar semakin semangat untuk menabung.

    2. Ketidaktepatan penempatan pada unsur-unsurnya

    "Walaupun niat atau motivasi menabung untuk pelajar itu berbeda-beda, setidaknya hal tersebut agar program ini dapat secara sukses terlaksana."
    Kalimat tersebut terasa kurang pas saat dibaca. Sebaiknya kalimat tersebut diperbaiki menjadi
    "Walaupun niat dan motivasi menabung pelajar berbeda-beda, setidaknya progam ini dapat terlaksana secara sukses"


    3. Penggunaan unsur yang berlebihan

    "Atau kalian juga bisa menitipkannya keorang yang bisa kalian percaya. Pilihan yang terakhir adalah kalian bisa menyetorkan uang kalian ke bank sebagai tempat menabung untuk pelajar."
    Dalam kalimat tersebut ada pilihan kata yang belum tepat yaitu keorang seharusnya menjadi kepada orang.Perbaikan kalimatnya adalah
    "kalian bisa menitipkan kepada orang yang dipercaya. Pilihan terakhir kalian bisa menyetorkan uang kalian ke bank sebagai tempat menabung bagi pelajar".

    4. Pemilihan kata yang tidak tepat

    "Disiplin dan konsisten adalah hal yang berkaitan satu sama lain. Saat kalian hendak mencapai suatu tujuan pastikan melakukannya dengan disiplin dan konsisten."
    Dalam kalimat tersebut penempatan katanya kurang baik dan tepat pada kata "pastikan" diganti dengan "maka". Menurut saya perbaikannya adalah " Disiplin dan konsisten adalah hal yang berkaitan satu sama lain. Saat kalian akan mencapai suatu tujuan maka harus melakukan dengan disiplin dan konsisten.

    ReplyDelete
  20. Menelaah Unsur Kebahasaan Artikel Berdasarkan Materi Kesantunan Berbahasa

    Nama : Intan Yulia
    Kelas : XII IBB
    Absen : 17

    Kalimat yang baik dan Komunikatif
    • “Semakin kita bertambah dewasa, kebutuhan kita semakin bervariasi.” Penggunaan kata subjek “Kita” pada kalimat itu sudah jelas, jadi tidak perlu di tambah dengan kata subjek yang sama. Menurut saya, perbaikan kalimatnya adalah “Semakin kita bertambah dewasa, kebutuhan juga akan semakin bervariasi.”
    Ketidaktepatan penempatan unsur-unsurnya
    • "Disiplin dan konsisten adalah hal yang berkaitan satu sama lain. Saat kalian hendak mencapai suatu tujuan pastikan melakukannya dengan disiplin dan konsisten".
    Dalam kalimat tersebut penempatan katanya kurang baik dan tepat. Menurut saya perbaikannya adalah " Disiplin dan konsisten adalah hal yang berkaitan satu sama lain. Saat kalian akan mencapai suatu tujuan pastikan melakukan dengan disiplin dan konsisten".
    • "Nah disini, kalian dapat meminimalisir pengeluaran berubah kalian. Kalian juga bisa memberikan batasan untuk nominal dari pengeluaran berubah".
    Dalam kalimat tersebut penempatan katanya kurang tepat dan ada pengganti konjungsi "untuk".Perbaikan kalimatnya adalah "Nah disini, kalian dapat meminimalisir perubahan pengeluaran. Kalian juga bisa memberi batasan dengan nominal dari perubahan pengeluaran".
    Pilihan kata tidak tepat
    • Atau kalian juga bisa menitipkannya keorang yang bisa kalian percaya. Pilihan yang terakhir adalah kalian bisa menyetorkan uang kalian ke bank sebagai tempat menabung untuk pelajar.
    Dalam kalimat tersebut ada pilihan kata yang belum tepat yaitu "keorang" diganti "pada orang" .
    Perbaikan kalimatnya adalah " kalian bisa menitipkan pada orang yang dipercaya. Pilihan terakhir kalian bisa menyetorkan uang kalian ke bank sebagai tempat menabung bagi para pelajar".

    ReplyDelete
  21. nama : tutut zahfri maudy
    kelas : XII IBB /33

    Kalimat yang baik dan komunikatif
    "Coba bayangkan saat kalian melalukan sesuatu tanpa niat dari hati, pastinya kalian tidak melakukannya dengan sepenuh hati dan mencari-cari kesempatan untuk berhenti melakukan hal tersebut. Sama halnya dengan saat kalian menabung."
    Penggunaan kata pada kalimat tersebut terlalu berbelit belit. Menurut saya, kata di atas bisa saja dipersingkat seperti ini tanpa perlu menghilangkan makna yang dimaksudnya.
    "Bayangkan jika kalian ingin melakukan sesuatu tanpa niat dari hati, kalian pasti tidak akan melakukannya dengan sepenuh hati dan mencari–cari kesempatan untuk berhenti."
    Penggunaan unsur kalimat yang berlebihan
    "Semakin kita bertambah dewasa, kebutuhan kita semakin bervariasi"
    penggunaan kata "kita" lebih baik digunakan satu kali saya, bisa pada awal kalimat atau akhir kalimat. seperti "semakin bertambah dewasa, kebutuhan kita semakin bervariasi" atau "semakin kita bertambah dewasa, kebutuhan semakin bervariasi"
    Pilihan kata tidak tepat
    Kalian harus meletakkan uang kalian ditempat yang aman karena jika tidak, uang kalian bisa hilang karena kecerobohan kalian sendiri.
    terlalu banyak kata "kalian" lebih baik diganti menjadi
    "Kalian harus meletakkan uang ditempat yang aman karena jika tidak, uang kalian bisa hilang karena kecerobahan kalian sendiri."
    "Tidak sedikit orang yang merasa kesulitan dalam mengatur pengeluaran. " penggunaan kata 'pengeluaran' saya rasa agak kurang tepat, karena tidak ada kejelasan selanjutnya dalam kalimat. Kata pengeluaran bisa di ganti dengan keuangan sehingga kalimat menjadi, "Tidak sedikit orang yang merasa kesulitan dalam mengatur keuangan".
    "Terkadang mereka merasa tidak dapat mengendalikan diri sendiri untuk tidak membeli hal yang tidak begitu penting." Selain itu penggunaan 'diri sendiri' bisa diganti menjadi 'diri mereka sendiri' agar tidak seakan menunjuk dirinya sendiri. Penggunaan kata 'mereka' dalam 'diri mereka sendiri ini' saya rasa bisa digunakan karena pada kata di awal kalimat menggunakan 'beberapa orang' sehingga yang di maksud dari 'mereka' ini adalah beberapa orang tadi.
    Kalimat perbaikannya menjadi seperti ini "Terkadang beberapa orang merasa tidak dapat mengendalikan diri mereka sendiri untuk tidak membeli hal yang tidak begitu penting." "Hal ini sangat benar adanya."
    Pada kalimat tersebut, terdapat pemborosan kata. Pada kata 'sangat' dan 'benar'. Padahal dalam kalimat tersebut bisa menggunakan kata 'benar' saja. Seperti "Hal ini benar adanya." "Walaupun niat atau motivasi menabung untuk pelajar itu berbeda-beda, setidaknya hal tersebut agar program ini dapat secara sukses terlaksana." pada kalimat tersebut terdapat kata acak sehingga tidak bisa menyusun kalimat menjadi kalimat yang baik, selain itu ada beberapa kata yang tidak di tambahkan sehingga kalimat menjadi kurang pas. Perbaikan yang bisa digunakan untuk kalimat tersebut adalah "Walaupun niat atau motivasi menabung untuk pelajar itu berbeda-beda, setidaknya hal tersebut mampu menjadikan program menabung ini dapat terlaksana secara sukses"

    ReplyDelete

Berlangganan via Email