Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa

Cara Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa - Motivasi belajar adalah kegiatan paling utama bagi para pelajar di dunia, baik murid SD, SMP, SMA, maupun Mahasiswa. Tapi nih, semenjak masa pandemi ini semua pelajar di indonesia terutama harus belajar dari rumah karena ada peraturan baru yaitu PSJJ (Pembelajaran Sekolah Jarak Jauh). 

Cara Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa

cara meningkatkan motivasi belajar siswa

Biasanya kalau udah dirumah tuh males kan? Dan gatau kalau belajar tuh mulai dari mana, ya kan? Nih disini aku ada beberapa tips untuk kalian semua yang gatau gimana sih memulai belajar di rumah yang produktif, disimak ya! 

1. TENTUKAN MANA YANG PRIORITAS MANA TIDAK 

Upaya meningkatkan motivasi belajar yang pertama adalah membuat prioritas. Pasti selama pandemi ini tugas pada numpuk dan bikin kita sampai nggak tau mau ngerjakan mana dulu dan bikin kita males. Maka dari itu kamu wajib buat tau mana tugas yang prioritas mana yang tidak, jadi kamu bisa mengerjakan tugas itu dengan baik, ngga keteteran juga! 

Dahulukan tugas yang deadline nya lebih dekat temen-temen. Setelah mengerjakan tugas yang itu kamu bisa nyelingin waktu buat ngerjain tugas yang deadlinenya masih jauh-jauh hari. Inget ya, deadline masih jauh bukan berarti kamu bisa males-malesan, semakin cepat kita mengerjakan tugas tersebut semakin baik dan diri kita bisa lebih tenang dan rileks. 

2. ATUR WAKTU 

Jangan lupa atur waktu kalian juga, jadi setelah tau prioritas tugas kamu, kamu coba bikin semacam jadwal kecil buat mengatur waktu kamu! Mulai dari jam mengerjakan tugas, istirahat, dll. Tapi jangan banyakin rebahannya ya! 

Baca Juga:

Cara Menjadi Juara Kelas

Idealnya atau bagusnya itu sehari belajar selama 2 jam itu cukup temen-temen. Tapi kalau kamu adalah anak yang memiliki tugas yang banyak, kamu bisa atur jam belajar sesuai niat belajar kamu. 

Misalkan kamu adalah anak nocturnal, jadi aktif di malam hari kamu bisa buat jadwal belajar di malam hari itu. Jangan lupa selama belajar diberi selang waktu untuk istirahat ya temen-temen, minimal 2-3 menit okkay agar otak kita ngga kepanasan ;).  Dengan demikian, motivasi belajar anak dapat terjaga.

3. BERESIN MEJA BELAJAR 

Setelah buat jadwal kecil jangan lupa buat beresin meja belajar kamu, karena kalau meja belajar berantakan tuh pasti bikin diri kamu males buat belajar. 

Jadi jangan lupa buat beresin meja belajar dulu ya sebelum belajar. Oh iya, pastikan meja belajar kamu cukup untuk berkreasi temen-temen alias renggang dan ngga sempit-sempit banget.

4. SEDIAIN SEMUA KEBUTUHAN BELAJAR 

Meja belajar dah bersih, sekarang giliran siapin barang-barang yang kamu butuhin selama belajar deh. Siapin semua keperluan ya, mulai dari pensil, buku, penghapus, dll yang membantu kamu selama belajar. 

5. SEDIAIN MAKANAN DAN MINUMAN FAVORIT

Sebelum memulai belajar kamu siapin dulu makanan dan minuman favorit kamu ya, biar belajar kamu ngga bikin capek dan kamu enjoy melakukannya. Tapi kalau kamu tipe anak yang ngga suka ngemil saat belajar, kamu bisa putar lagu kesukaan kamu selagi belajar loh. Memutar lagu bisa membuat kita fokus pada saat belajar. 

6. MULAI BELAJAR 

Yeay, setelah semua hal yang diatas aku sebutin sudah kamu lakuin saatnya kamu mulai belajar temen-temen. Saat belajar jangan dianggap beban ya temen-temen agar kamu saat belajar merasa enjoy dan nggak merasa beban. 

Tugas boleh banyak, asalkan kita tau cara mengatur waktu dan tau mana prioritas dan mana yang tidak pasti semua tugas akan ringan apabila dikerjakan apalagi kita enjoy mengerjakannya temen-temen. 

Penting untuk selalu memelihara semangat dan motivasi belajar hal baru agar terus berkembang.

7. OLAHRAGA 

Motivasi belajar menurut para ahli memang penting. Tapi, apa gunanya jika kita sakit?

Selama masa pandemi ini pasti kalian jarang banget olahraga, ya kan? Selingin waktu aja minimal 10-15 menit sehari untuk meregangkan badan kalian temen-temen, badan yang rileks membantu kita dalam belajar, jadi belajar kita lebih fokus dan lebih nyambung. Selain itu punggung kita juga tidak mudah sakit atau pegal akibat duduk terlalu lama.

Olahraga apasih yang aku saranin? Aku saranin olahraganya yang mengarah pada punggung, pinggang dan kaki temen-temen. Karena olahraga yang fokus ke daerah yang aku sebutin tadi bakal memudahkan kamu belajar selama pandemi ini. Tapi tidak menutup keinginan kalian olahraga yang lainnya, pokoknya olahraga dan bikin diri kalian lebih rileks dan tenang. 

8. MAKAN DAN MINUMAN YANG SEHAT 

Selain berolahraga, makan dan minum yang sehat juga membantu kamu selama masa pandemi ini. Meskipun dirumah saja kita semua harus tetep menjaga kesehatan temen-temen. 

Kalau kalian tidak memiliki waktu untuk berolahraga setidaknya kita makan dan minum makanan dan minuman yang sehat agar tubuh kita tetap sehat dan bugar. Badan yang sehat dan bugar memudahkan kita dalam mencerna materi-materi pelajaran ;). 

Nah itu tadi adalah tips-tips belajar selama pandemi, tapi gimana yang mau belajar aja udah males duluan? Temen-temen sifat malaas dan menunda-nunda pekerjaan itu bukanlah hal yang baik, adanya malah bikin kalian keteteran nanti. 

Beberapa tips tadi merupakan cara motivasi belajar efektif yang dapat dilakukan siapapun dan dimanapun.

CARA MENGURANGI RASA MALAS BELAJAR

Buat kalian yang males-malesan coba ubah habbit kalian itu sebelum keterusan ya. ;) Nah disini aku mau kasih beberapa tips yang semoga bisa mengurangi rasa males temen-temen semuanya, disimak ya! 

1. MEMBUAT TO DO LIST ATAU PLANNER 

Untuk mengurangi rasa-rasa malas kita bisa mulai dengan membuat to do list kecil-kecilan aja temen-temen. Isi dari to do list itu adalah hal-hal yang ingin kalian lakuin selama hari tersebut, jadi dengan melihat to do list itu bisa membuat kalian inget terus sama apa yang kalian ingin capai dan ngga males lagi deh. 

2. STAY FOCUS 

Ini termasuk dalam hal yang sulit dilakuin ngga temen-temen? Menurutku ini termasuk hal yang paling sulit apalagi buat kalian yang emang suka males-malesan dan mager. Gimana ya biar kita tetep fokus dalam belajar dan ngga gampang tergoda sama setan kotak? 

Pastinya adalah niat yaa, tapi ada hal-hal kecil yang bikin kamu tetep fokus dalam belajar. Salah satu contohnya adalah dengan mendengarkan lagu instrumental yang dikhususkan untuk belajar! Ada loh temen-temen instrument itu, habis ini googling lagi yaa ;). 

3. JAUHKAN HP ATAU BARANG YANG NGEBUAT KAMU NGGA FOKUS 

Setan kotak nih bener-bener ya temen-temen, bisa aja gitu narik kita buat ga belajar. Nah maka dari itu kita harus menjauh dari mereka sejauh mungkin biar belajar kita ini fokus, dengan begitu kita akan terbiasa fokus belajar tanpa nge-scrolling ig, baca-baca status temen hehe. 

Artikel Terkait:

Tips Mengurangi Stress Belajar

4. BUAT DEADLINE PALSU 

Tips yang keempat adalah buat deadline palsu, semisal tugas kalian deadlinenya minggu depan tapi kalian buat deadline palsu deadlinenya 3 hari lagi, dengan begitu kita akan tergerak untuk mengerjakan tugas itu dan nggak malas-malasan lagi deh. Tapi ingat temen-temen deadline palsunya dimajuin ya jangan dimundurin, kalau kalian mundurin sama aja boong... 

5. BUAT TARGET YANG KALIAN INGIN CAPAI DI HARI ITU 

Membuat target dapat membuat kita tergerak untuk melakukan sesuatu, namanya target pasti kita ingin mencapainya dong? Nah disitulah kegunaan dari membuat target ini. Dengan adanya target pasti kamu ngga bakal males-malesan lagi. 

6. NIAT 

Tips yang terakhir dan paling susah jatuh kepada “Niat” yap, mengumpulkan niat untuk belajar tuh pasti butuh waktu yang panjang tetapi apabila dari awal kita sudah memiliki niat untuk belajar dengan baik dan ngga malas-malasan, namanya “males” pasti pergi jauh-jauh. 

Itulah pembahasan singkat mengenai bagaimana cara meningkatkan motivasi belajar siswa. Semoga bermanfaat dan terima kasih.


Post a Comment for "Cara Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa"

Berlangganan via Email