Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kelebihan dan Kekurangan Bimbingan Belajar Online

Kelebihan dan Kekurangan Bimbingan Online - Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh, pada kesempatan kali ini saya akan membahas kelebihan dan kekurangan bimbingan belajar online yang sedang digalakkan semenjak pandemi covid19 di Indonesia terus meningkat, simak artikel ini sampai akhir ya guys.

Bimbingan online atau disingkat bimbel sendiri adalah suatu kegiatan yang dilakukan untuk memberikan bantuan kepada peserta didik baik dari tingkat SD, SMP, ataupun SMA dengan tujuan meningkatkan prestasi atau hasil belajar agar lebih optimal di lembaga tempat mereka belajar. 

Bimbel biasanya diberikan oleh sekolah sebagai lembaga pendidikan anak dengan tujuan agar para siswa-siswinya mampu menyesuaikan diri dan bersosialisasi dengan lingkungannya. Sebenarnya banyak kelebihan yang diperoleh oleh peserta didik yang mengikuti bimbel. 

Berdasar instruksi menteri dalam laman resmi kemendikbud, dalam masa pandemi ini terdapatt beberapa penyesuaian kegiatan pembelajaran. Salah satunya adalah dengan pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Salah satuinya untuk mengembangkan prestasi dan kreativitas peserta didik, bimbel juga dapat meningkatkan penangkapan peserta didik pada mata pelajaran yang dianggap sulit, serta bisa membuat  kemampuan peserta didik untuk bersosialisasi menjadi lebih baik.

Kreativitas dan prestasi pada setiap anak memang berbeda-beda. Hal inilah yang seharusnya menjadi perhatian lebih bagi para orang tua. Orang tua harus mampu mengarahkan apabila anak menghadapi suatu kesulitan dalam pelajaran juga mensupport anak. 

Salah satu solusinya adalah dengan mendaftarkan anak pada bimbel di sekolah maupun di luar sekolah. Khusus yang bersifat online terdapat dua pilihan, yaitu bimbel online gratis atau yang berbayar

Tujuan Bimbingan Belajar (Bimbel)

kelebihan dan kekurangan bimbingan belajar online

Sebenarnya tujuan bimbel adalah untuk memberikan solusi terbaik untuk mengatasi masalah belajar anak. Sehingga, anak akan mendapatkan beberapa cara bagaimana agar belajar menjadi optimal dan efisien.

Biasanya dengan adanya guru atau tentor minat anak terhadap belajar meningkat karena anak dituntut untuk memahami teknik-teknik belajar yang efektif, dengan tujuan agar pembelajaran tidak membosankan. Akhirnya lama kelamaan sikap tanggung jawab kepada dirinya sendiri akan tumbuh.

Baca Juga:

Cara Mendapatkan Beasiswa S1 Luar Negeri

Namun, dalam kondisi sekarang ini tidak memungkinkan untuk melaksanakan bimbel tatap muka di sekolah, maupun di lembaga setingkat sekolah seperti Homeschooling.

Fungsi Bimbingan Belajar (Bimbel)

Dari uraian diatas dapat diambil kesimpulan bahwasanya bimbel sangat berfungsi bagi anak. Berikut adalah fungsi dari mengikuti bimbel.

1. Membantu Anak Dalam Memahami Dan Menyerap Pelajaran

Tujuan pokok dari bimbel adalah membagikan tips kemudahan dalam ngatasi persoalan pelajaran yang mereka anggap sukar. Masalah yang dihadapi setiap peserta didik akan dimudahkan dengan bantuan dari tentor ataupun guru, akhirnya peserta didik lebih mudah dalam menyerap pelajaran disekolah.

2. Lebih Aktif Dan Pandai Bersosialisasi

Dilain sisi  saat anak mengikuti bimbel pastilah seorang anak akan mendapatkan kawan baru. Dengan begini maka anak akan terbiasa menjadi aktif dan mudah bersosialisasi dengan orang sekitar. Sikap terbuka dari tentor ataupun guru kepada anak akan menumbuhkan karakter pemberani dan tidak minder.

3. Anak Mendapatkan Pergaulan Positif

Selama di bimbel orang tua tidak perlu mengkahwatirkan pergaulan anaknya. Lantaran pastinya anak tersebut mendapatkan pergaulan yang positif bersama dengan kawannya. Pihak lembaga pasti  memberikan pengawasan yang ketat terhadap pergaulan anak.

Kelebihan Bimbingan Belajar Online 

Berikut adalah beberapa nilai plus dari melakukan kegiatan bimbingan belajar online

  • Belajar bisa dilaksanakan di mana dan kapan saja, dengan aplikasi yang telah didownload di gadget masing-masing peserta didik. Jadi, anak tidak perlu keluar rumah jika ingin melakukan bimbingan belajar.
  • Waktu belajar pun semakin fleksibel. Dengan melakukan bimbingan online peserta didik bisa menentukan waktu belajarnya bisa dari pagi, siang, sore, atau malam.
  • Harga yang ditawarkan bimbingan online pun relatif lebih murah jika dibandingkan bimbingan offline (biasanya biaya yang dikeluarkan untuk bimbingan online berkisar antara puluhan ribu sampai jutaan rupiah).
  • Materi pelajaran yang belum dipahami bisa diputar berulang-ulang. 
  • Biasanya ada saja anak-anak yang kadang tidak paham hanya dengan satu kali penjelasan. Jadi, jika anak tersebut menggunakan bimbingan online ia bisa mengulang-ulang materi sampai ia paham.
  • Pastinya ada tentor yang siap sedia dan mudah dihubungi lewat chatting.

Kekurangan Bimbingan Belajar Online

Di samping kelebihannya, bimbingan belajar online juga memiliki sejumlah kekurangan yaitu:

  • Saat belajar harus terkoneksi dengan jaringan internet.  Padahal tidak semua daerah di Indonesia memiliki koneksi internet yang bagus.
  • Penggunanya belum sebanyak bimbingan belajar konvensional.  Hal ini terjadi karena bimbingan online harus melalui gadget sehingga orang yang tidak mempunyai gadget tidak bisa mengaksesnya dan masih banyak orang tua juga yang tidak bisa menggunakan gadget.
  • Ukuran data aplikasi cukup besar karena memuat banyak materi serta video pelajaran.  Padahal banyak anak di Indonesia yang masih menggunakan HP tidak terlalu canggih sehingga memori penyimpanannya tidak cukup. 

Aplikasi Bimbingan Belajar Online

Terdapat banyak jenis aplikasi bimbel online seperti Ruangguru, Quipper, dan Brainly. Namun, aplikasi bimbingan online yang menjadi fokus pembahasan kita adalah Zenius. Alasannya karena aplikasi ini harganya relatif lebih murah bahkan gratis daripada bimbingan online yang lainnya. 

Artikel Terkait:

Cara Mudah Belajar Bahasa Inggris bagi Pemula

Zenius sendiri telah menghadirkan aplikasi dengan video pembelajaran berkualitas yang bisa anda akses tanpa biaya sehingga siapapun bisa menggunakannya mulai dari anak SD hingga SMA. Bahkan, sejak 2004 lalu Zenius telah menjadi andalan bagi banyak murid-murid di Indonesia untuk membantu mereka dalam belajar. 

Kamu juga dapat mendownload ratusan ribu soal beserta  pembahasannya dengan bebas sebagai latihan. Dengan melakukan program tersebut Zenius berharap semua pelajar di pelosok negeri bisa menikmati pendidikan berkualitas dengan sama rata. 

Di bawah ini, saya akan menjelaskan step sederhana agar kamu bisa mengakses semua video pembelajaran di Zenius App tanpa biaya sepeserpun.

Cara menggunakan aplikasi Zenius

1. Download Zenius App di Google Play store

2. Buka Zenius App dan log in ke akun Zenius.

Kamu bisa masuk dengan menggunakan akun sosial mediamu, seperti Facebook, Instagram, atau bisa juga dengan memasukkan  email dan password akun kamu. Kalo misalnya kamu belum punya akun Zenius, kamu harus meng-klik “daftar sekarang”.Setelah daftar/log in ke akun Zenius kamu. Cuss masuk saja ke halaman homepage Zenius App.

3. Tekan banner yang ada di homepage Zenius App.

Ketika kamu sudah di homepage, lihatlah di bagian atas banner tentang verifikasi nomor HP. Langsung di-klik untuk ke halaman tersebut.

4. Masukkan nomor handphone anda yang aktif, dan tunggu kode verifikasi dari Zenius.

Di halaman ini, masukin nomor HP kamu yang sedang kamu pakai, perlu  diingat untuk tidak memasukkan angka 0 di awal nomor Handphone. Jadi langsung mulai dari angka 8 saja. Setelah itu tunggulah kode verifikasi yang dikirim Zenius lewat SMS. Nantinya kode tersebut anda masukkin yah.

5. Masukkan kode OTP yang Anda Terima.

Zenius akan mengirim empat digit kode verifikasi untuk kamu. Kamu hanya perlu menunggu sebentar saja. Nantinya kode akan dikirim melalui SMS. Ingat, jangan beri kode tersebut kepada siapapun ya! Setelan itu kirim ulang kodenya.

6. Selamat Belajar Sepuasnya di  Zenius!

Udah segitu saja tutorialnya! Gampang banget kan!! Sekarang kamu bisa akses semua video pembelajaran di zenius guys.

Demikian pembahasan mengenai kelebihan dan kekurangan bimbingan belajar online. Semoga bermanfaat bagi pembaca semuanya. Terima kasih. (Dwi Wahyu Ningsih Kelas PCP '19 SMAN 1 Purwosari)


Post a Comment for "Kelebihan dan Kekurangan Bimbingan Belajar Online"

Berlangganan via Email