Contoh Teks Prosedur : Tips Mengatasi Kebiasaan Terlambat


Salah satu hal penting dalam berkarier adalah kedisiplinan, diantaranya mengenai jam masuk kantor. Persoalan ini sering diabaikan, padahal dampaknya bisa sangat besar. Dengan empat langkah berikut tak ada lagi kebiasaan sering terlambat.


Carilah keuntungan.
Langkah pertama untuk membuat kita lebih tepat waktu adalah menyiapkan hadiah yang akan diberikan kepada diri sendiri. Tak ada salahnya sedikit berfikir egois. Kira-kira timbal balik apa yang saya dapatkan kalau saya on-time dan dampak kalau terlambat datang dalam sebuah acara. Dengan kata lain, cari tahu apa untung ruginya untuk Anda.

Hindari kata-kata yang bersifat umum, seperti reputasi di kantor.
Buatlah lebih spesifik lagi, misalnya kalau saya datang terlambat maka gaji akan dipotong atau saya datang lebih di awal pekerjaan lebih cepat selesai dan bisa pulang lebih awal.

Ubalah pola pikir.
Orang-orang yang sering terlambat biasanya melakukan hal ini, memajukan jam sepuluh menit lebih awal agar punya waktu untuk bersiap dan berangkat lebih awal. Kenyataannya, karena hanya petunjuk waktunya saja yang berubah tetapi pola berpikirnya tidak akibatnya kita tetap saja bersikap santai karena tahu masih ada waktu beberapa menit lagi. Bila ingin berhasil mengubah kebiasaan, ubahlah  pola pokir anda. Tanamkan dalam pikirkan anda bahwa ngaret  adalah kebiasaa buruk dan merugikan orang lain. Bila anda ada janji pertemuan jam sepuluh, tanamkan dalam pikiran bahwa waktu pertemuan adalah jam setengah sepuluh. Carilah kesibukan saat menunggu. Ada sebagian orang yang takut dan panik apabila harus menunggu. Mereka menjadi emas karena menunggu dan tidak melakukan apa-apa. Karena itulah, orang-orang  dalam kelompok ini lebih suka datang terlambat. Bila anda termasuk orang yang tak suka bengong di ruang tunggu,  rencanakan kegiatan apa yang akan dilakukan selama menunggu, misalnya periksa berkas presentasi, cek email, dan masih banyak lagi.  Intinya ubahlah waktu menunggu anda menjadi waktu yang berguna.

Hindarilah kesibukan sebelum berangkat.
Hindari hal-hal kecil sebelum anda berangkat kekantor atau tempat pertemuan, terkadang hal kecil pun bisa menyita perhatian dan waktu kita.

Baca Juga : 
Pengertian Majalah Dinding
Peran Ekonomi Syariah 

1 comment for "Contoh Teks Prosedur : Tips Mengatasi Kebiasaan Terlambat"

Post a Comment

Berlangganan via Email