Biaya Apa Saja Yang Disiapkan Untuk Belajar di Australia

Biaya Apa Saja Yang Disiapkan Untuk Belajar di Australia
Biaya Apa Saja Yang Disiapkan Untuk Belajar di Australia


Australia adalah salah satu tujuan pendidikan top dunia bagi siswa internasional. Ini memiliki universitas yang luar biasa, gaya hidup yang hebat, dan banyak keajaiban alam untuk dijelajahi.

Mendapatkan gelar Anda di Australia bisa mahal, tetapi ada cara untuk menghemat uang dan memanfaatkan waktu Anda sebaik mungkin di luar negeri. Artikel ini akan memberi Anda informasi tentang berbagai jenis biaya yang dapat Anda keluarkan selama belajar di Australia.

Biaya hidup

Biaya hidup di Australia sangat bervariasi berdasarkan lokasi. Ibukota, seperti Sydney atau Melbourne, akan memiliki biaya hidup yang jauh lebih tinggi daripada daerah regional, seperti Brisbane.

Pemerintah Australia menggunakan Indeks Harga Konsumen (CPI) untuk mengukur perubahan harga. Meskipun CPI bukanlah ukuran yang sempurna, ini memberikan beberapa wawasan tentang bagaimana kenaikan harga memengaruhi rata-rata orang Australia.

Namun, CPI tidak memperhitungkan tekanan biaya hidup sebenarnya yang dihadapi warga Australia. Misalnya, biaya perumahan jauh lebih tinggi di Australia daripada di negara lain dan dapat menjadi beban nyata bagi dompet orang.

Faktor penting lain yang harus diperhatikan saat menghitung biaya hidup di Australia adalah nilai tukar. Jika mata uang negara Anda lemah dibandingkan dengan Dolar Australia, maka tinggal di Australia bisa sangat mahal.

Ini karena nilai tukar akan berdampak pada apa yang Anda bayar untuk barang sehari-hari, seperti makanan dan minuman. Ini juga akan memengaruhi jumlah yang Anda bayarkan untuk hipotek atau sewa Anda.

Biaya hidup di Australia tidak hanya tinggi, tetapi juga meningkat dengan cepat. Dalam beberapa tahun terakhir, negara ini telah mengalami rekor tingkat inflasi selama 21 tahun dan harga makanan, sewa, dan bensin meroket.

Biaya Akomodasi

Australia adalah negara yang menarik pelajar internasional karena keanekaragaman budayanya yang sangat besar, lingkungan berbahasa Inggris dan universitas terkenal di dunia. Ini juga menawarkan berbagai studi, termasuk gelar Sarjana, gelar Master dan PhD.

Biaya kuliah untuk belajar di Australia bervariasi sesuai dengan universitas yang Anda pilih dan tingkat pendidikannya. Biaya kuliah untuk gelar Master berkisar antara AU$8.000 hingga 20.000 per tahun, tergantung pada pilihan jurusan Anda dan lokasi universitas.

Faktor lain yang mempengaruhi biaya kuliah adalah biaya layanan non-akademis dan fasilitas yang ditawarkan oleh universitas. Sebagian besar biaya ini sudah termasuk dalam iuran siswa, tetapi ada beberapa pengecualian - misalnya, universitas mungkin membebankan biaya Overseas Student Health Cover (OSHC) untuk siswa tanpa keluarga.

Biaya hidup di Australia bisa sangat tinggi, jadi penting untuk menyiapkan anggaran sebelum Anda memulai studi di negara ini. Biaya hidup rata-rata bergantung pada kota tempat Anda akan belajar, tetapi Anda harus mengalokasikan antara 2.000 dan 2.500 AUD setiap bulan untuk perumahan dan makanan.

Beberapa pilihan tersedia untuk tempat tinggal di Australia, termasuk akomodasi dalam kampus, tempat tinggal sewa bersama, dan homestay. Homestay adalah pilihan paling populer di kalangan pelajar, karena homestay memberikan kesempatan besar untuk merasakan budaya Australia dan berkenalan dengan penduduk setempat. Harganya juga terjangkau, dengan harga rata-rata homestay sebesar AUD 110 hingga 270 per minggu.

Biaya Buku

Biaya yang Disiapkan untuk Belajar di Australia

Apakah Anda belajar di universitas, perguruan tinggi atau TAFE, Anda pasti ingin memastikan bahwa Anda memiliki semua sumber daya yang Anda perlukan untuk berhasil. Untungnya, ada banyak buku dan bahan pelajaran lain yang akan membantu Anda memanfaatkan waktu Anda di Australia sebaik-baiknya.

Misalnya, Anda perlu belajar tentang sistem pendidikan tinggi Australia dan budaya belajar. Ini akan membantu Anda menjadi lebih siap dan memahami kursus Anda dengan lebih baik.

Hal lain yang perlu diingat adalah Anda harus mengambil asuransi kesehatan dan asuransi perjalanan. Ini bisa mahal, jadi Anda harus memasukkan ini ke dalam anggaran Anda.

Anda juga harus membayar buku-buku Anda, serta berbagai biaya lainnya. Ini dapat bervariasi dari universitas ke universitas, tetapi rata-rata siswa akan menghabiskan sekitar AU$1.000 per bulan untuk biaya hidup.

Jika Anda khawatir tentang situasi keuangan Anda saat belajar di Australia, Anda dapat melamar tempat-tempat yang didukung Persemakmuran di semua universitas negeri dan beberapa universitas swasta. Ini disubsidi oleh pemerintah dan datang dengan biaya lebih murah daripada tempat-tempat yang tidak didukung Persemakmuran.

Salah satu cara untuk menghemat uang saat belajar di Australia adalah dengan memilih mata pelajaran yang Anda sukai. Ini akan membantu Anda untuk merasa lebih terlibat dalam studi Anda dan kecil kemungkinannya untuk menyerah atau keluar dari kursus. Anda juga akan dapat menghabiskan lebih banyak waktu untuk kegiatan ekstrakurikuler, yang akan membantu Anda bersosialisasi dengan teman sebaya dan memperluas jaringan Anda.

Biaya Materi kursus

Universitas-universitas Australia adalah salah satu tujuan belajar di luar negeri yang paling populer di dunia. Universitas-universitas ini menawarkan berbagai pilihan kursus dan dukungan untuk membantu siswa berhasil.

Pengalaman belajar di Australia unik dan bisa sangat mengasyikkan. Namun, itu juga membutuhkan persiapan terlebih dahulu untuk memanfaatkan waktu Anda sebaik-baiknya di negara ini.

Salah satu hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membaca silabus kursus untuk mempelajari lebih lanjut tentang apa yang diharapkan dari Anda selama semester Anda. Ini akan membantu Anda mendapatkan gagasan yang jelas tentang apa yang perlu Anda kerjakan dan berapa anggaran yang harus Anda anggarkan untuk setiap tugas.

Bagian penting lainnya dari perencanaan adalah memastikan bahwa Anda memiliki semua buku teks dan materi yang diperlukan untuk menyelesaikan studi Anda. Ini akan membantu Anda menghemat waktu dan tenaga dalam jangka panjang dengan tidak harus mencari sumber daya di saat-saat terakhir.

Ini juga merupakan ide yang baik untuk memeriksa panduan belajar yang mungkin diperlukan, karena mereka dapat membantu Anda mendapatkan hasil maksimal dari pelajaran Anda. Ini akan membantu Anda fokus pada topik yang membutuhkan lebih banyak perhatian Anda.

Banyak universitas juga menawarkan program jalur untuk siswa internasional yang memungkinkan mereka memperoleh gelar saat belajar di Australia. Program-program ini umumnya melibatkan kelas yang lebih kecil daripada program sarjana dan dapat memakan waktu satu tahun atau kurang untuk menyelesaikannya.

Biaya Asuransi kesehatan

Jika Anda seorang pelajar internasional yang belajar di Australia, Anda perlu mengatur Overseas Student Health Cover (OSHC) sebelum Anda dapat mengajukan permohonan visa pelajar Anda. Anda juga harus melanjutkan pertanggungan ini selama Anda berada di Australia.

OSHC menanggung kunjungan ke dokter, beberapa perawatan rumah sakit, asuransi ambulans dan pengobatan terbatas. Ini adalah persyaratan wajib bagi siswa internasional dengan visa studi formal dan tanggungan mereka.

Umumnya, siswa membeli OSHC mereka melalui institusi tempat mereka belajar atau dari penyedia asuransi pilihan mereka. Beberapa universitas memiliki perjanjian dengan penyedia asuransi yang secara otomatis mengatur Anda dengan OSHC selama masa studi Anda.

Beberapa siswa memilih tingkat pertanggungan yang lebih tinggi yang akan memberi mereka akses ke rumah sakit dan layanan swasta. Namun, ini bisa menjadi pilihan yang mahal bagi banyak siswa internasional.

Sistem perawatan kesehatan Australia sangat bagus, dan skema asuransi kesehatan masyarakat yang disebut Medicare memberikan perlindungan yang komprehensif. Cara klaim juga mudah.

Meskipun sistem ini bagus, penting untuk mengetahui bahwa ada batasan dan Anda tidak akan selalu dapat mengajukan klaim untuk semua yang Anda butuhkan. Misalnya, tagihan massal – di mana Anda tidak perlu membayar biaya penuh perawatan medis Anda – dapat tersedia untuk prosedur dan janji temu tertentu tetapi tidak dijamin di semua rumah sakit.

Pelajar luar negeri cenderung membuat lebih sedikit klaim kesehatan daripada rata-rata mahasiswa Australia, jadi Anda disarankan untuk membeli polis asuransi untuk melindungi diri Anda dari pengeluaran tak terduga dan memastikan Anda bisa mendapatkan perawatan medis yang Anda butuhkan.

Biaya Perjalanan

Biaya perjalanan ke Australia bisa menjadi masalah besar bagi pelajar. Namun, negara ini memiliki banyak opsi moneter yang melayani semua jenis siswa dan anggaran mereka.

Selain biaya kuliah, Anda juga harus mempertimbangkan berbagai biaya seperti akomodasi, makanan, perjalanan, dan jaminan kesehatan sambil memperkirakan total biaya belajar di Australia. Ini akan membantu Anda merencanakan anggaran secara efektif dan memastikan bahwa Anda tidak mengeluarkan uang terlalu banyak saat berada di luar negeri.

Ada beberapa beasiswa yang dapat Anda ajukan untuk menutupi biaya studi Anda di Australia. Beasiswa ini dapat sangat membantu bagi pelajar internasional yang ingin belajar di negara tersebut dan tersedia di sebagian besar universitas.

Beasiswa ini dirancang untuk membuat mahasiswa merasa diterima dan membantu mereka mengatasi beban keuangan terkait dengan pendidikan mereka di Australia. Mereka dapat diakses oleh mahasiswa yang mengejar gelar sarjana dan pascasarjana.

Demikian pula, Pemerintah Australia telah menyiapkan sistem khusus untuk menyediakan asuransi kesehatan bagi pelajar internasional yang melanjutkan studi di negara tersebut. Asuransi kesehatan ini disediakan melalui OSHC dan ditawarkan oleh berbagai penyedia.

Pilihan lain untuk memaksimalkan waktu Anda di Australia adalah bekerja sambil belajar. Ini adalah cara yang bagus untuk mendapatkan uang ekstra dan bertemu orang baru saat Anda pergi. Selain itu, bekerja bisa menjadi kesempatan yang luar biasa untuk belajar lebih banyak tentang budaya negara.

Post a Comment for "Biaya Apa Saja Yang Disiapkan Untuk Belajar di Australia"